7 Ide Desain Kolam Ikan Minimalis di Teras Belakang Rumah


Helloshabby.com -- Ada banyak cara untuk memanfaatkan teras belakang rumah, salah satunya dengan mendesain kolam ikan minimalis. Bukan hanya cocok untuk Anda yang hobi memelihara ikan hias, kolam ikan di teras belakang rumah pun juga dapat menjadi ruang refreshing Anda. Bersantai sambil menikmati udara segar dan melihat ikan hias cantik berenang kesana-kemari, barangkali bisa menjadi sarana untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. 

Tertarik untuk membuat kolam ikan di teras belakang rumah? Kami hadirkan ulasan 7 Ide Desain Kolam Ikan Minimalis di Teras Belakang Rumah, di bawah ini: 


Desain Kolam Ikan Minimalis dengan Dek Kayu Ulin

cr:instagram/dirumah.ps

Sebelum membahas dek kayu ulin di pinggir kolam, ada baiknya kita membahas desain kolam ikan itu sendiri. Kolam ikan di atas berukuran 7.2 x 2.4 M dengan kedalaman sekitar 40-50cm, ukuran yang pas untuk beberapa ekor ikan supaya ruang gerak ikan tidak terhambat. 

Dasar kolam ikan ini dibuat dari semen acian dengan cat epoxy abu-abu khusus untuk kolam ikan, supaya tidak bocor dan tidak meracuni ikan. Tempat filter ditutup dengan dek kayu ulin yang menambah estetika desain kolam ikan di atas. 

Desain Kolam Ikan di Teras Belakang yang Menyegarkan

cr:instagram/fajarwatikristianti

Teras  belakang rumah menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk membangun kolam ikan. Pasalnya, kolam ikan juga memerlukan perawatan yang memerlukan cukup ruang. Dengan menempatkan kolam di teras belakang, kita bisa lebih mudah saat hendak menguras dan membersihkan kolam ikan. Berbasah-basahan saat membersihkan kolam pun tak akan membuat kita malu, sebab kolam ikan ini berada di teras belakang yang umumnya lebih tertutup daripada teras depan rumah. 
 

Desain Kolam Ikan dengan Batu Alam

cr:instagram/fenny_thresia

Desain kolam ikan hias dengan tebing buatan memang terlihat lebih alami dan menyegarkan. Apalagi dipadukan dengan batuan alam dan berbagai tanaman hias menjadi pemanis kolam yang apik. Di atas kolam ditutup dengan kanopi galvalum dengan rangka besi untuk membuat kolam ikan ini tidak mudah kotor, dari debu dan kotoran. 

Desain Kolam Ikan yang Adem

cr:instagram/heppie_nia

Tahukah Bunda jika kehadiran kolam ikan, khususnya ikan koi dapat mengurangi stres, mengobati alzheimer hingga membantu treatment autis pada anak. Untuk itu, desain kolam ikan bisa didekorasi dengan berbagai hiasan, seperti tanaman monstera, aglonema, ataupun bunga artifisial. Kolam juga bisa dilengkapi dengan kotak tebing buatan untuk memberikan nuansa alam yang adem dan menenangkan.  
 

Kolam Ikan Non-Permanen dengan Kaca

cr:facebook/iwansetiawan

Kolam ikan yang satu ini hadir dengan model kolam ikan non permanen. Umumnya, kolam ikan non permanen terbuat dari fiberglass,  yang cenderung praktis, murah dan mudah dipindahkan. Kolam ikan di atas juga dilengkapi dengan kaca yang dihadapkan ke depan, sehingga memungkinkan kita melihat keindahan ikan koi dengan lebih maksimal.

Desain Kolam Ikan di bawah Gazebo

cr:instagram/queennove.92

Desain kolam ikan yang satu ini memang terkesan lebih pricey. Pasalnya, Anda harus membangun gazebo atau saung di atas kolam ikan. Meski begitu, gazebo ini akan melengkapi agenda bersantai di teras belakang sambil melihat ikan di bawahnya. Di atas kolam pun dibuat jembatan yang menghubungkan gazebo dengan taman di bawahnya. Secara tampilan, desain teras dilengkapi gazebo dan kolam ikan ini cukup membawa suasana asri ala rumah-rumah Jepang. 

Desain Kolam Ikan Minimalis di bawah Permukaan Lantai

cr:instagram/lulukmd

Banyak kolam ikan permanen dibuat landai dari permukaan lantai rumah. Ini untuk membuat Anda dapat menikmati keindahan ikan hias dari lantai teras dengan lebih menyenangkan. Anda pun bisa memberi makan ikan dengan cara praktis, cukup menebarkan pakan ikan sambil duduk atau berdiri di tepi kolam.

Itulah beberapa desain kolam ikan minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi. Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Desain Kolam Ikan Minimalis di Teras Belakang Rumah sampai akhir.

Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English