7 Inspirasi Desain Tangga Rumah Sempit Terbaik Tahun Ini


Helloshabby.com -- Hunian dua lantai adalah cara terbaik untuk memaksimalkan lahan sempit pada rumah kita. Hunian dua lantai memungkinkan kita untuk memiliki banyak ruang meski rumah terbilang sempit. Saat membangun rumah dua lantai/split level/mezanine, Anda tentu tak boleh melewatkan pilihan desain tangga rumah. Penghubung antar dua lantai ini harus dibuat aman dan nyaman. Desain tampilan tangga pun harus tetap terlihat  menarik. 

Untuk itu, penting bagi kita untuk membangun desain tangga rumah dengan desain yang tepat. Kesalahan mendesain tangga bahkan dapat membahayakan penghuni rumah dari segi keamanan. Sebagai inspirasi kami hadirkan ulasan 7 Inspirasi Desain Tangga Rumah Sempit Terbaik Tahun Ini. 

1. Desain Tangga Rumah Minimalis Clean Look


cr:instagram/haykaylea_humz

Tangga yang terbuat dari beton dengan finishing lantai keramik putih menawarkan kepraktisan dan perawatan tangga yang cukup mudah. Tangga dengan nuansa putih juga memberikan kesan lapang, bersih dan terang. Kita bisa menambahkan stiker keramik dengan kata-kata positif untuk membuat tampilan tangga terlihat lebih menarik. 

Dari segi keamanan, ada baiknya tinggi anak tangga dibuat dengan ukuran 15-18 cm. Ini untuk membuat kita nyaman saat mengangkat kaki dan menapaki anak tangga. Tinggi anak tangga yang di atas 15-18 cm dapat membuat kaki cepat merasa lelah saat menaiki anak tangga. 

2. Desain Tangga Rumah dengan Finishing Lantai Kayu

cr:instagram/libby.home

Bila Anda memiliki anak-anak, pastikan desain tangga di dalam rumah juga ramah anak.  Anda bisa memilih finishing lantai tangga dengan permukaan yang tidak mudah selip. Anda dapat membuat tangga dari material beton kemudian melapisi dengan lantai kayu (vinyl atau parket). Permukaan lantai anak tangga yang cenderung bertekstur dapat mengurangi daya gesekan agar tangga tidak terlalu licin dan aman untuk anak. 

3. Desain Tangga Rumah Industrial Minimalis

cr:instagram/rena_iput

Saat mendesain tangga, kita perlu memperhatikan tema dan kesan yang ingin ditampilkan pada hunian kita, Untuk rumah dengan tema industrial yang terkesan tegas, kita bisa mendesain tangga dengan finishing hitam dengan paduan warna coklat kayu yang khas. Kombinasi finishing yang apik memberikan tampilan tangga industrial yang terlihat kokoh. 

4. Desain Tangga Kombinasi Besi dan Kayu Borneo

cr:instagram/rumah_purnama

Berbeda dengan tangga selainnya, struktur tangga rumah ini terbuat dari material besi hollow dan besi wide flange (WF). Kombinasi besi hollow dan besi WF membuat tangga besi ini memiliki kekuataan gaya tekan yang lebih tinggi dari material besi biasa. Di atas struktur penopang tangga, dipasang finishing anak tangga dari kayu Borneo. Lantai kayu Borneo memiliki daya tahan yang cukup tinggi. 

Pijakan anak tangga pun dibuat dengan ukuran 80 x 33 cm. Ukuran ini terbilang cukup untuk menopang lebar telapak kaki orang dewasa. Terakhir, dipasang railing tangga dengan material Metal Expanded dan kayu Borneo untuk memberikan keamanan yang cukup maksimal. 

5. Desain Tangga Rumah yang Cerah

cr:instagram/rumah_tuliip

Tangga yang terlihat cerah dan berwarna bisa dijadikan pilihan untuk mendesain tangga rumah Anda. Bahkan tangga ini bisa menjadi salah satu focal poin yang menarik mata. Anda dapat memilih lantai tangga dengan keramik berpola persegi dengan warna biru dan krem yang terlihat cerah. Railing tangga juga dilapisi sticker dengan motif tropikal yang tampil senada dengan tirai jendela di bawah anak tangga. 


6. Desain Tangga Rumah  dengan Corak Maroccoan

cr:instagram/tw_dyah

Tangga rumah tak melulu harus dihadirkan pada hunian dua lantai saja. Jika Anda memiliki area rumah yang lebih landai, mendesain tangga penghubung juga perlu dilakukan. Desain tangga menyesuaikan tinggi pintu dengan lantai bawah. Karena tak terlalu tinggi, Anda bisa meniadakan railing tangga untuk membuatnya terlihat lebih simpel. Sebagai finishing, mengaplikasikan keramik corak Maroccoan akan membuat tangga mungil ini terlihat makin menarik. 

7. Desain Anak Tangga dengan Tampilan Cozy

cr:instagram/velufiah

Desain tangga di atas memberikan nuansa cozy berkat pemilihan lantai anak tangga dengan finishing yang cerah. Selain itu, di area dinding pun dipasangi bingkai foto keluarga yang disusun dengan rapi dan estetik. Adanya dekorasi bingkai foto tersebut memberikan kesan hangat pada siapapun yang melihatnya.

Jangan lupakan, area bordes. Area bordes adalah area istirahat di tangga yang biasanya berbentuk datar dan persegi. Area bordes ini bisa diberikan dekorasi yang mempercantik tampilan tangga rumah kita. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Desain Tangga Rumah Sempit Terbaik Tahun Ini sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English