Ide Baru Biar Nggak Sumpek, Coba Deh Terapkan 6 Desain Dapur Terbuka Ini

Helloshabby.com - Bagi ibu rumah tangga kegiatan memasak dan menyajikan hidangan untuk keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan, namun terkadang tak jarang dari anda yang juga kerap dilanda rasa jenuh dan sumpek ketika setiap hari harus berada dalam rumah dan berkutat di dalam dapur apalagi jika dapur anda tak memiliki ukuran yang begitu luas sudah bisa di pastikan betapa jenuhnya anda ya..

Namun anda tak perlu risau, ada banyak cara untuk menghalau rasa sumpek dan bosan anda salah satunya dengan cara menerapkan konsep dapur semi outdoor . Tak peduli seberapa luas dapur yang anda miliki, anda tetap bisa menerapkan konsep dapur semi outdoor yang bakal bikin agenda memasak anda jadi lebih menyenangkan. Berikut Helloshabby.com telah merangkum 6 desain dapur terbuka untuk anda, yuk simak ulasannya sampai habis ! . 


1. Dapur Terbuka Dengan Tanaman Gantung, Bikin Suasana Lebih Teduh

 
photo by instagram @ rumahleon
 
Jika biasanya anda menjumpai tanaman gantung pada area teras, namun kali ini anda dapat memasangnya pada area dapur terbuka seperti inspirasi di atas. Taman dekat dapur  terbuka ini juga dapat anda fungsikan sebagai area cuci jemur karena taman ini tak memakai atap apapun. Namun ada hal yang harus anda perhatikan ketika memutuskan untuk membuat dapur terbuka tanpa atap transparan, seperti mengukur dengan cermat jarak antara area dapur dengan taman, anda harus membuat area dapur  sedikit lebih tinggi dari taman agar ketika turun hujan dapur terbuka anda tidak tampias.
 
Selain keberadaan tanaman kesan natural juga bisa anda tonjolkan melalui pemilihan furniture berupa kitchen set dan dining set material kayu yang alami, untuk menambah susana dapur terbuka anda yang adem dan sejuk di bagian flooring gunakan material granit.


2. Keren ! Ide Baru Dapur Terbuka dengan Atap Perforeted

 
photo by instgaram @rumahkeyro
 
Ada banyak jenis atap yang dapat anda gunakan untuk membuat dapur dengan konsep terbuka, selain atap polycarbonate atau atap kaca seperti pada umumnya ada juga atap dengan material plat perforeted yang memiliki desain berlubang berwarna hitam seperti yang nampak pada inspirasi di atas. Atap plat perforeted ini sangat recomended untuk anda yang memiliki letak rumah dan dikelilingi oleh pohon besar, karena ketika ada dahan yang terjatuh tak akan khawatir masuk ke dalam area dapur dan taman  anda.


3. Ide Dapur Terbuka Cocok Banget Untuk Dapur Kecil

photo by instagram @la.vally

Ide dapur terbuka kali ini sangat pas unutk anda yang memiliki hunian kecil namun ingin membuat area terbuka untuk menghilangkan rasa sumpek dan jenuh ketika memasak. Meskipun dengan ukuran yang kecil anda tetap bisa membuat taman mini dengan cara menggunakan konsep vertical garden seperi inspirasi di atas , nah sedikit tips nih untuk menyiasati space terbatas anda, pasang rak ambalan yang dapat anda fungsikan untuk menyimpan berbagai peralatan memasak agar meja dapur anda tidak penuh, untuk pencahayaan anda dapat menggunakan atap transparan dengan ukuran sedang agar cahaya matahari masuk secara maksimal ke dalam area dapur.



4. Ide Dapur Terbuka dengan Dinding Batu Alam di Area Taman

photo by instagram @ickajulya

Tampil lebih berbeda dengan garden yang memakai dinding batu alam dan juga didukung dengan berbagai planter di sekitarnya, hal tersebut tentu akan membuat suasana pada dapur anda jadi lebih sejuk dan tak membosankan. Untuk area dapur sendiri anda cukup menggunakan dekorasi sederhana dengan warna - warna netral agar dapur tetap bisa terlihat lapang dan rapi.



5. Dapur Terbuka Konsep Industrial

photo by instagram @dekorasirumahyuk

Menonjolkan konsep industrial bisa anda wujudkan melalui lantai atau dinding tanpa finishing bisa juga melalui penggunaan furniture seperti kitchen set atau meja makan dengan material kayu dan kombinasi besi di bagian kakinya. Jika anda ingin mendapatkan view yang sempurna pada area taman anda tak perlu lagimembangun pembatas seperti dinding, cukup pasang tirai bambu yang menjulang ke bawah untuk pembatas area taman dengan dapur dengan begitu ada bisa membuaka dan menutupnya kapan saja.



6. Ide Dapur Terbuka dengan lampu Gantung Cantik

photo by instagram @pietarosari

Meskipun sudah mendapatkan pencahayaan alami dari luar, anda juga harus tetap memasang penerangan di area dapur apa lagi ketika malam hari, gunakan hanging lamp putih dengan kap lampu ala industrial yang juga nampak serasi dengan penggunaan kitchen set merah dengan aksen hitam yang mampu memberikan kesan lebih classy pada area dapur terbuka anda.

Nah itulah 6 ide untuk membuat dapur terbuka yang bisa anda terapkan di rumah, semoga menginspirasi ya dan jangan lupa untuk terus menyimak update terbaru dari Helloshabby.com :) .

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.

Baca juga:

6 Model Dapur Minimalis Terbuka, Memasak Sambil Menikmati Keindahan Taman

6 Model dapur minimalis terbuka, memasak sambil menikmati keindahan taman Homeshabby.com -- Lagi mencari inspirasi desain dapur terbuka untuk rumah minimalis anda? Yuk simak "6 Model dapur minimalis terbuka, memasak sambil menikmati keindahan taman" berikut ini.Konsep dapur terbuka tidak hanya...



Terbaru, Desain Dapur Modern Konsep Terbuka yang Sejuk

Helloshabby.com -- Dapur terbuka menyuguhkan kesegaran yang berbeda dari dapur di dalam ruangan. Dapur terbuka biasanya dibuat terbuka menyatukan dapur dengan ruang lainnya, misalnya dapur dengan ruang makan atau dapur dengan halaman belakang. Dapur terbuka membuat area dapur yang biasanya terbatas,...


6 Desain Dapur Minimalis Terbuka yang Seru dan Mengasyikan

 Homeshabby.com -- Umumnya dapur berada di area terpisah dari ruang utama di rumah, karena di anggap dapat membuat pemilik lebih leluasa dan bebas untuk berkegiatan. Apalagi jika dapur yang anda miliki berada di area belakang rumah dengan konsep terbuka. Selain mengasyikkan dan seru, desain dapur...


6 Keunggulan Memiliki Dapur Semi Outdoor

  Homeshabby.com -- Salah satu bagian terpenting yang terdapat pada rumah adalah dapur. Setiap dapur memiliki kelebihan dan kekuarangan masing masing, biarpun itu dengan konsep tertutup hingga dapur semi terbuka. Jika anda menyukai suasana yang segar dan terbuka untuk area dapur, anda bisa...



Inspirasi Desain Dapur dengan Atap Alderon

Homeshabby.com -- Desain dapur terbuka kini makin digemari. Makna dapur terbuka tak melulu soal dapur yang terpisah dengan desain interior utama / outdoor, dapur terbuka dapat diartikan dapur yang memiliki kesan lapang dengan jarak pandang yang luas. Untuk itu, jika desain dapur Anda masih di dalam...


Penulis   : Eiri
Editor     : Munawaroh
Sumber  : Berbagai sumber


Categories in English