6 Cara Jitu Mendesain Taman Teras Mungil Super Ekonomis


Helloshabby.com -- Keberadaan taman sangat diperlukan dalam desain sebuah hunian. Taman akan menyegarkan atmosfir dan memberikan kesegaran pandang. Tapi, berbicara soal mendesain taman rumah, juga tak bisa dikatakan mudah. Bahkan, sebagian harus merogoh kocek yang cukup besar untuk mendesain sebuah taman. Namun, Anda tak perlu khawatir dulu soal urusan biaya. Ada beragam cara untuk membuat taman segar dengan biaya yang super ekonomis. Salah satunya, adalah memanfaatkan area depan rumah sebagai taman teras mungil. 

Sebagai referensi untuk Anda, kami hadirkan ulasan 6 Cara Jitu Mendesain Taman Teras Mungil Super Ekonomis. Semoga bermanfaat!


Buat Taman Vertikal 

cr:instagram/pocutmala

Jika Anda kehabisan lahan untuk sebuah taman, jangan khawatir dulu. Daripada merombak struktur rumah, Anda bisa memanfaatkan teras juga sebagai taman. Mudah saja, Anda hanya perlu membuat sebuah taman vertikal. Berbagai tanaman diletakkan secara vertikal ke atas merapat pada dinding. Anda bisa memasang rak besi atau membuat rak sendiri (DIY) dari kayu-kayu sisa untuk memajang tanaman hijau Anda secara vertikal. Dengan begitu, taman teras akan terasa segar dan lebih hemat tempat. 

Nggak Harus Tanaman Sultan

cr:instagram/so_sweety966

Taman rasanya tak akan lengkap tanpa adanya tanaman. Maka dari itu, penting untuk selalu menghadirkan tanaman di taman teras Anda. Tak harus tanaman dengan harga sultan yang perlu perawatan ekstra khusus. Anda bisa memilih berbagai tanaman dengan harga yang super ekonomis. Tata dengan rapi dan biarkan daunnya tumbuh lebat. Taman teras pun akan terasa lebih teduh bahkan hanya dengan tanaman yang sangat terjangkau harganya. 

Gunakan Barang Bekas sebagai Media Tanam

cr:instagram/isra_1904

Penggunaan barang bekas sebagai media tanam menjadi cara jitu untuk membuat taman yang super ekonomis. Alih-alih menjadi sampah tak bernilai guna, kita bisa mengubah barang bekas menjadi pot. Misalnya, digunakan sebagai pot untuk memajang tanaman Sirih Gading yang tumbuh merambat. 


Buat Tetap Sederhana

cr:instagram/chayra_utami

Taman teras tak harus mahal. Anda tidak perlu menambahkan furnitur dan dekorasi mahal di taman teras. Jika Anda tidak begitu hobi merawat ikan, Anda tidak perlu menambahkan kolam ikan di taman teras Anda. Selain butuh perawatan, menambahkan kolam ikan bisa menambah biaya renovasi taman teras. Bahkan hanya dengan tanaman hijau sederhana yang ditata dengan apik akan membuat taman teras tetap terasa sejuk dan segar. 

Renovasi Taman Teras dengan Bertahap

cr:instagram/mini/gyhome

Jika Anda menginginkan taman teras dengan desain yang unik, tetapi terkendala biaya, Anda bisa melakukan pembangunan taman dengan cara bertahap. Ini adalah salah satu cara untuk membuat taman teras yang cukup ekonomis. Sebagai pondasi awal, Anda bisa membuat taman teras dengan hamparan rumput hijau dan batuan koral saja. Letakkan satu atau dua buah tanaman untuk memberi kesegaran alami. Apabila, biaya tambahan sudah terkumpul, Anda bisa melanjutkan dengan menambah beberapa furnitur dan dekorasi taman.  

Buat Jalan Setapak Minimalis

cr:instagram/paula_siera

Membuat jalan setapak taman juga bisa meningkatkan nilai visual pada taman teras Anda. Ada banyak material jalan setapak yang dipilih, namun kerikil adalah pilihan material yang paling terjangkau. Desain jalan setapak yang dibuat minimalis dan tidak terlalu panjang juga akan menghemat biaya pembangunan taman teras. 


Terimakasih telah menyimak artikel 6 Cara Jitu Mendesain Taman Teras Mungil Super Ekonomis sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English