6 Desain Ruang Keluarga Kecil Nyaman di Rumah Minimalis


Helloshabby.com -- Mau disebut ruang tamu, ruang TV atau ruang keluarga, ada baiknya Anda menghadirkan satu ruang khusus untuk menyatukan anggota keluarga. Tujuannya untuk memperkuat hubungan antar-anggota keluarga, sehingga suasana di rumah jadi terasa lebih hangat. Ruang keluarga juga bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati hiburan, seperti menonton TV, mendengarkan musik, sampai karaokean bersama.

Tidak sulit untuk mendesain sebuah ruang keluarga, ibarat kata tinggal hamparkan karpet lantai dan set TV, maka jadilah sebuah ruang keluarga. Namun, ada baiknya Anda melihat ulasan 6 Desain Ruang Keluarga Kecil Nyaman di Rumah Minimalis untuk mendapat desain ruang keluarga yang nyaman maksimal. 


Ruang Keluarga Minimalis Bernuansa Hijau 

cr:instagram/fentysans_naquz

Kami sering mendengar, banyak Bunda menyukai rumah dengan nuansa warna hijau. Warna hijau dipercaya memberikan suasana rumah yang lebih fresh dan segar. Jika demikian, desain ruang keluarga ini bisa ditiru. Ruang keluarga ini setidaknya ada di lahan berukuran 2.1 x 2.1 M. Dinding ruang keluarga dipilih dengan cat warna hijau yang cukup terang. Sedang furnitur dan dekorasi lainnya juga dipilih yang memiliki aksen warna hijau. 

Terdapat tiga tempat duduk di ruang keluarga ini, yaitu sofa, karpet hangat dan sebuah kursi ayun. Ketiganya, sekilas tampak tumpang tinding atau terlihat terlalu dekat, namun tak perlu khawatir, jika dirasa terlalu ramai, salah satu tempat duduk di atas bisa dipinggirkan agar ruangan terasa lebih luas. 


Desain Ruang Keluarga dengan Backdrop TV

cr:instagram/inathursina80

Pilihan memasang TV pada backdrop kini semakin digemari. Pasalnya, TV dapat dipasang lebih tinggi dari rak TV biasa, yang memungkinkan seluruh anggota keluarga melihat TV dari segala penjuru ruang keluarga ini. Desain backdrop TV juga membuat ruang keluarga di atas terlihat modern dan elegan. Dilengkapi sofa nyaman dan sebuah kursi rotan, Anda dan keluarga bisa bersantai dan berkumpul sambil melihat acara TV favorit keluarga. Nah, untuk mewujudkan desain ruang tamu classy di atas, setidaknya Anda memerlukan space berukuran sekitar 3 x 2.5 M saja. 


Desain Ruang Keluarga Bernuansa Ungu

cr:instagram/ingridhazdav

Desain ruang keluarga ini tampil menawan dengan nuansa ungu yang dihadirkan. Sebuah sofa dengan karpet ungu yang terasa hangat pastinya membuat suasana di ruang keluarga ini terasa hangat dan cozy. Ruang keluarga ini didesain dengan konsep open plan bersebelahan dengan ruang makan, tapi adanya plafon up ceiling dengan lampu downlight keunguan ini membuat ruang keluarga di atas juga terlihat lebih lapang. Apalagi dilengkapi dengan rak TV lengkap dengan audio setnya, akan membuat acara berkumpul jadi terasa makin menyenangkan. 
 

Ruang Keluarga Lesehan Nyaman

cr:instagram/irda_moms

Jika Anda memiliki space kosong sekiranya berukuran 3 x 4 M, Anda bisa mendesain ruang keluarga seperti gambar di atas. Warna furnitur didominasi warna-warna bold, seperti merah dan abu-abu gelap. Tapi kombinasi keduanya membuat ruang keluarga ini terasa lebih unik dan modern. Anda bisa meniadakan sofa dan cukup menghamparkan karpet bulu halus lengkap dengan cushion untuk ruang keluarga kecil nyaman di rumah minimalis Anda. 

Desain Ruang Keluarga Kecil Tapi Sejuk

cr:instagram/mimi_azka.11

Alih-alih menaruh dekorasi di lantai, Anda bisa menyemarakkan suasana dengan meletakkan dekorasi di dinding. Ini akan membuat ruang keluarga mungil terasa lebih luas dan lapang. Perhatikan juga penataan dekorasi dan furnitur yang dipasang di dinding. Anda bisa menatanya dengan posisi yang simetris dan seimbang agar ruang keluarga terlihat lebih rapi. Nah, supaya acara berkumpul bersama terasa sejuk, tambahkan kipas angin dinding di ruang keluarga ini. 


Ruang Keluarga Kecil dengan Suasana Vintage

cr:instagram/myank.ara

Suasana vintage mengacu pada dekorasi atau furnitur dengan kesan yang 'kuno' tapi tetap terlihat estetis. Di ruangan  2 x 2 M saja, Anda bisa mendesain ruang keluarga kecil dengan aksen vintage, misalnya memilih rak TV, rak susun dan keranjang dari material full kayu. Jika, Anda menyukai seni wayang kulit tradisional memajang satu pasang wayang dari tokoh favorit Anda juga bisa memberikan sentuhan vintage yang unik dan estetik. 


Itulah beberapa desain ruang keluarga mungil yang bisa Anda tiru. Dari desain di atas, manakah desain yang paling Anda sukai? Tulis komentar Anda di Facebook kami :)

Terimakasih telah menyimak artikel 6 Desain Ruang Keluarga Kecil Nyaman di Rumah Minimalis sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English