6 Solusi Praktis Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC


Helloshabby.com -- Saat musim kemarau atau musim peralihan sekalipun, suhu di bawah atap bisa mencapai lebih dari 45 derajat, akibatnya suhu udara di dalam rumah juga terasa panas. Rumah yang panas, tentu akan membuat kita gerah dan serba tak nyaman untuk melakukan aktivitas. Jika sudah begini, kita harus memutar otak untuk membuat rumah jadi terasa sejuk. 

Nah, banyak orang memandang dengan memasang AC adalah solusi praktis untuk membuat rumah terasa sejuk. Pandangan ini ada benarnya, tapi memasang AC di rumah juga membuat tagihan listrik semakin membengkak. Tapi tenang saja, di luar memasang AC ada banyak cara hemat nan praktis untuk membuat rumah tetap terasa sejuk meski musim kemarau melanda. Apa sajakah itu? Simak ulasan 6 Solusi Praktis Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, di bawah ini:

1. Gunakan Kipas Angin

cr:instagram/sekaihome_id

Yap, cara ini pasti andalan kita bila udara rumah terasa panas. Dari segi harga barang dan energi listrik yang dikeluarkan juga tidak menguras kantong. Anda bisa memilih model kipas angin gantung atau model standing fan biasa. Bila perlu, Anda bisa mengubah kipas angin yang berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Ini untuk menciptakan efek angin yang lebih terasa dingin. Bersihkan juga kipas angin secara teratur, kotoran pada kipas angin dapat membuat putaran baling-baling menjadi lambat. 

2. Pakai Exhaust Fan

cr:instagram/saridewiwi

Masih berhubungan dengan kipas, Anda juga bisa memasang exhaust fan di dapur dan kamar mandi. Exhaust fan atau kipas penyedot ini juga mampu mengusir panas dan menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Jenis kipas ini juga berfungsi untuk membantu menyegarkan udara kotor dan menggantinya dengan udara bersih. Bahkan jika dipasang di dalam dapur, exhaust fan dapat membantu menghilangkan bau dan asap masakan. 


3. Tutup Tirai

cr:instagram/rumah_chifo

Dikatakan bahwa hampir 30% panas yang tidak diinginkan berasal dari cahaya matahari yang menembus jendela. Nah, dengan menutup kaca jendela dengan tirai setidaknya bisa menurunkan suhu ruangan hingga 20 derajat. Ada baiknya, Anda memilih tirai anti tembus pandang. Tirai yang tidak tembus pandang dapat menghalangi sinar dan panas matahari masuk ke dalam rumah. Pilih juga tirai dengan warna netral atau terang yang dapat memantulkan daripada menyerap panas matahari. 


4. Ganti Seprai dan Sarung Bantal Anda

cr:instagram/desainkamartidurr

Tidur dalam kondisi udara yang panas pasti sangat tidak menyenangkan. Nah, perhatikan bahan seprai dan sarung bantal Anda.  Hindari menggunakan bahan sintetis yang dapat membuat kulit tidak bernafas dengan maksimal, sehingga membuat kita merasa kepanasan saat tidur. Memilih bahan katun atau linen untuk seprai dan sarung bantul jauh lebih baik, karena bahan-bahan tersebut nyaman di kulit dan membuat tidur kita jadi terasa lebih sejuk. 

5. Tanaman Di Atap Rumah

cr:instagram/eri_hers

Tanaman terkenal dengan kemampuannya memproduksi udara segar. Tidak salah bila Anda mulai menanam atau sekadar meletakkan tanaman di dalam rumah. Anda bisa menanam tanaman rambat seperti lee kwan yeu dan sirih gading yang tumbuh merambat di dinding. Tanaman ini akan menyerap panas sekaligus memproduksi udara bersih untuk penghuni rumah


6. Mengurangi Pemakaian Alat Elektronik

cr:instagram/rumahnovi

Semua alat elektronik membutuhkan energi listrik yang juga menghasilkan panas. Panas dari alat-alat elektronik terbut dapat membuat udara di rumah ikut terasa panas. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi pemakaian alat elektronik di rumah, bila tidak digunakan. Alih-alih menonton TV berjam-jam, Anda bisa menghabiskan akhir pekan dengan membaca buku atau melakukan hobi yang produktif. Selain hemat listrik, mengurangi pemakaian alat elektronik juga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk. 


Terimakasih telah menyimak artikel 6 Solusi Praktis Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English