6 Tanaman Hias Terbaik yang Bisa Atasi Insomnia


Helloshabby.com -- Sering mengalami insomnia atau susah tidur di malam hari? Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meletakkan tanaman hias yang dapat mengurangi ketegangan dan membuat Anda tidur lebih nyenyak. Yap, tananan hias tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan. Beberapa tanaman hias terbukti baik untuk kesehatan jiwa dan raga manusia. Untuk, itu tak salahnya bila Anda meletakkan tanaman hias organik di dalam kamar tidur. Tidak hanya cantik dipandang mata, ada berbagai jenis tanaman hias yang menenangkan dan membuat tidur rlebih nyenyak. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel 6 Tanaman Hias Terbaik yang Bisa Atasi Insomnia, di bawah ini:


1. Sirih Gading

cr:instagram/decorthynest

Sirih gading merupakan tanaman rambat yang cukup populer. Selain bentuk daunnya yang cantik, tanaman ini sangat mudah dirawat bahkan di dalam kamar tidur yang minim pencahayaan alami sekalipun. Tanaman sirih gading dapat menyerap racun berbahaya dari cat tembok, cat kayu hingga residu zat penyemprot nyamuk dan sebagainya. Sirih gading juga dapat memberikan pasokan oksigen sehingga membantu pernapasan di kala tidur. Secara psikologis, tanaman ini juga membantu menenangkan kondisi psikologis orang yang berada di dalam kamar. Bisa jadi cara alternatif untuk mengatasi insomnia Anda. 

2. Lavender

cr:instagram/pink_door_antiques

Ada banyak kelebihan saat Anda meletakkan bunga lavender di dalam kamar. Pertama, lavender memiliki bentuk yang cantik yang akan mempermanis kamar tidur. Kedua, lavender dikenal ampuh untuk mengusir nyamuk, tentu tidur lebih nyaman tanpa gangguan nyaman, bukan? Ketiga, studi ilmiah membuktikan aroma lavender dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah, stress dan kecemasan, sehingga Anda lebih mudah tidur.  

3. Kaktus 

cr:instagram/kaktus.gulerim

Kondisi ruangan ternyata mempengaruhi faktor penyebab insomnia. Untuk itu, desian tata letak kamar juga wajib diperhatikan dengan baik. Selain itu, kita juga harus memastikan kondisi udara di dalam kamar tidur selalu terasa bersih dan segar. Salah satu tipsnya dengan meletakkan kaktus di kamar tidur. Kaktus dapat membersihkan dan menetralisir udara di dalam ruangan. Masalah insomnia pun akan terasa lebih mereda dengan kondisi udara yang bersih, berkat si kaktus ini. 

4. Peach Lily

cr:instagram/renovatingthebroadway

NASA menobatkan Peach Lily sebagai tanaman terbaik untuk membersihkan udara. Peach Lily dapat membersihkan racun udara, seperti benzena, formaldehyde, trichlorethylene dan mengurangi bakteri udara, sehingga cukup aktif untuk meringankan masalah saluran pernafasan dan alergi. Peach Lily juga dapat meningkatkan 5% kelembapan udara, sehingga dapat menurunkan risiko penyebaran bakteri dan virus di kamar tidur. Anda pun bisa tidur dengan tenang bebas dari gangguan bakteri dan racun udara. 

5. English Ivy

cr:instagram/singleplantmoms

Tanaman rambat ini dapat mengurangi 90-94% jamur di udara dalam waktu 12 jam saja. Sehingga, sangat baik untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, khususnya Anda yang memiliki masalah pernapasan. Orang dengan masalah pernafasan cenderung lebih mudah terbangun, bila udara di sekitarnya kotor. Untuk itu, sangat tepat bila Anda meletakkan English ivy di sudut kamar tidur Anda. Tenang saja, meskipun memiliki daun yang sangat cantik, tanaman ini juga sangat mudah dirawat. 


6. Chamomile

cr:instagram/trixychen

Pasti Anda pernah mendengar produk kesehatan yang mengandung ekstrak bunga chamomile. Bunga chamomile memang memiliki aroma yang khas yang sangat baik untuk kesehatan. Aroma bunga chamomile dapat membuat Anda lebih rileks dan membuat Anda mudah mengantuk, pastinya tidur pun akan lebih nyenyak. 

Nah, itulah beberapa tanaman hias terbaik yang bisa membantu Anda mengatasi masalah insomnia. Jangan asal menaruh tanaman di kamar tidur ya. Pastikan, tanaman hias tersebut juga menunjang kondisi kesehatan jiwa dan raga Anda :)

Terimakasih telah menyimak artikel 6 Tanaman Hias Terbaik yang Bisa Atasi Insomnia sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English