7 Desain Cantik Jalan Setapak untuk Percantik Taman


Helloshabby.com -- Mendesain sebuah taman rasanya kurang lengkap tanpa adanya jalan setapak. Rumput yang sudah dirawat, sayang rasanya jika harus diinjak ketika kita berada di taman. Untuk itulah, jalan setapak dibuat, supaya rumput atau tanaman kecil lainnya tidak rusak terinjak kaki yang melintas. Jalan setapak juga bisa menjadi penunjuk arah melintasi taman, agar kaki tidak kotor karena menginjak tanah yang yang basah. 

Di sisi lain, jalan setapak memiliki fungsi estetika, ia dapat mempercantik suasana di taman. Menghadirkan jalan setapak tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu memperhatikan desain taman dan memilih desain jalan setapak yang akan melengkapi tampilan taman. Nah, sebagai inspirasi simak ulasan 7 Desain Cantik Jalan Setapak untuk Percantik Taman. 


Desain Jalan Setapak Batu Alam

cr:instagram/thehutans

Jalan setapak ini memiliki desain stepping stone, yaitu lempengan batu alam yang disusun dengan jarak tertentu. Desain stepping stone ini memiliki bentuk melengkung layaknya huruf S untuk membuat tampilan taman lebih terlihat dinamis. 

Saat memilih material jalan setapak, Anda bisa memilih material apa pun, seperti olahan kayu solid, lempengan batu alam, keramik sampai campuran semen. Namun pastikan, material yang dipilih tidak licin, aman, kuat dan terlihat menarik.  

Desain Jalan Setapak Kotak Batu Koral Putih

cr:instagram/rumahjogjacity

Jalan setapak juga bisa dihadirkan pada taman minimalis sekalipun. Misalnya, pada taman di atas. Jalan setapak ini menghubungkan carport dengan kolam air mancur mini di taman. Tak perlu ribet, cukup 4 kotak stepping stone disusun di taman ini. Dalam kotak pijakan tersebut turut ditempelkan juga batuan koral putih, sehingga tampilannya terlihat lebih alami. Pemilik juga menyusun jalan setapak dengan susunan miring supaya terlihat lebih estetik. 

Desain Jalan Setapak Berwarna-warni

cr:instagram/setapak9

Model jalan setapak kini makin beragam. Tidak hanya terbatas pada model kayu, batu alam pipih atau sekadar cor semen saja. Ada juga model jalan setapak yang berwarna-warni, seperti jalan setapak di atas. Selain colorful, desain jalan setapak ini juga memiliki pola bergambar kaktus yang terlihat menggemaskan. Tak ayal, jalan setapak colorful ini juga menjadi aksen yang mempercantik taman minimalis di atas. 

Desain Jalan Setapak Berbentuk Letter L

cr:instagram/aztridpsari

Jalan setapak juga berfungsi sebagai jalur penyambung ruangan. Untuk itu, Anda perlu menentukan jalur setapak yang efisien tapi tetap terlihat menarik. Anda bisa memilih susunan jalan setapak dengan model letter L. Selain praktis, jalan setapak ini juga membuat taman lebih terlihat menarik. Pastikan jarak pijakan satu dengan lainnya tidak terlalu jauh atau terlalu dekat, jarak yang nyaman adalah sekitar 25-30cm. 

Desain Jalan Setapak Zig-zag

cr:instagram/novie_bunga12

Desain jalan setapak yang satu ini memiliki susunan berpola zig-zag. Susunan ini memberikan sentuhan unik pada taman di atas. Selain itu, bila Anda memiliki balita, model zig-zag ini juga sangat baik untuk mengembangkan keaktifan pada balita. Anda bisa mengajak si buah hati berjalan di jalan setapak ini untuk menguatkan gerak motorik mereka. 

Desain Jalan Setapak Berbentuk Lempengan

cr:instagram/vonny_wulandar

Jalan setapak tidak harus berbentuk bundar atau lempengan kecil, Anda juga bisa mendesain jalan setapak dengan model lempengan persegi panjang yang cukup besar. Model lempengan ini cukup cocok untuk desain taman yang tidak terlalu banyak tanaman. Adanya jalan setapak berbentuk lempengan ini sudah cukup untuk menyemarakkan suasana di taman belakang Anda. 

Desain Jalan Setapak ala Kayu Natural 

cr:instagram/sarahharizqy

Jalan setapak terakhir didesain sebagai penghubung luar rumah dengan area teras. Desainnya tampak seperti berada di tengah-tengah taman. Namun, pemiliki mendesain area ini khusus sebagai jalur masuk ke dalam rumah, dengan mendesain pembatas jalan berbentuk seperti batang kayu yang ditidurkan. Bagian stepping stone dibuat dari bahan padat yang dibentuk layaknya lempeng kayu. Agar makin apik, ditaburkan batuan koral putih untuk memberikan suasana alam yang maksimal. 

Itulah beberapa desain jalans setapak untuk mempercantik taman Anda. Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Cantik Jalan Setapak untuk Percantik Taman sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English