7 Ide Desain Memaksimalkan Ruang di Bawah Tangga


 
Helloshabby.com - Rumah dua lantai memang menjadi solusi bagi anda yang hanya memiliki luas tanah tak seberapa untuk membangun rumah. Di dalam rumah lantai dua anda pasti memiliki tangga sebagai akses untuk menuju lantai atas.
 
Namun terlepas dari fungsi tangga sebagai akses menuju lantai atas apakah di rumah anda  masih memiliki sisa space di area sekitar tangga tersebut ? anda fungsikan untuk apa saat ini, atau hanya anda biarkan begitu saja meski terlihat tak berfungsi dan sulit di otak - atik sebetulnya jika anda bisa memperhatikan dengan cermat area tangga pun bisa jadi ruang yang sangat bermanfaat lho . 

Nah untuk anda yang masih bingung akan di desain dan di gunakan untuk apa kira - kira area kosong bawah tangga, yuk mari simak ulasan singkat dari Helloshabby.com tentang  " 7 ide memaksimalka n ruang bawah tangga " . 
 
1. Ide Cerdas Membuat Ruang Hijau di Area Bawah Tangga

photo by @ bawahtangga
 
Sebuah hunian tak akan lengkap rasanya jika tak memiliki area penghijauan, atau paling tidak terdapat tanman di sekitarnya, nah anda bisa memanfaaatkan area bawah tangga yang tadinya kosong menjadi space favorit keluarga sekaligus ruang hijau di dalam rumah. 
 
Anda cukup meletakkan satu set bar stool dengan coffee table untuk media bersantai keluarga sambil menikmati teh di sore hari, sedangakan untuk sentuhan natural letakkan tanaman hijau di sekitarnya, pilih jenis tanaman favorit anda, untuk kesan yang lebih asri di bagian flooring anda bisa menggunakan tegel atau meletakkan batu coral disekitarnya.


2. Ide Desain Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga Untuk Kanto Kecil Di Rumah 

photo by @mendekorindonesia

Punya kantor kecil atau ruang kerja yang nyaman di rumah pasti menjadi dambaan setiap anda yang sedang mengelola sebuah usaha rintisan, dengan adanya kantor kecil di rumah anda jadi lebih bisa fokus untuk mengerjakan pekerjaan atau bisnis yang sedang anda jalankan. 
 
Untuk memiliki kantor atau ruang kerja kecil di rumah dan tak harus membuat sebuah ruangan baru, cukup manfaatkan area bawah tangga seperti ini, pilih jenis furniture multifungsi agar ruangan tak teraa sempit seperti meja dengan storage yang cukup untuk menyimpan semua berkas penting, pasang juga rak ambalan untuk menyimpan dekorasi atau beberapa barang anda. 

3. Memanfaatkan Area Bawah Tangga Untuk Tempat Baca Si Kecil

photo by @thenugrohouse
 
Anda dan keluarga hobby membaca dan gemar mengumpulakn novel - novel keluaran terbaru ? Selain dapat anda fungsikan sebagai kantor kecil atau ruang kerja, area bawah tangga juga bisa anda manfaatkan untuk tempat menyimpan  semua koleksi komik si kecil atau koleksi buku novel kesayangan anda . cukup pasang lemari yang memang didesain khusus untuk area bawah tangga, atau anda hanya memasang rak ambala saja seperti inspirasi di atas pun sudah cukup muat untuk menyimpan semua buku - buku anda.

4. Ruang Keluarga Cantik di Bawah Tangga

phoot by @rymayulia

Ingin suasana ruang keluarga yang berbeda ? coba anda manfaatkan area bawah tangga untuk ruang keluarga mungil yang cozy seperti ini. Untuk tempat TV baiknya anda memilih meja dengan ukurna slim atau minimalis kemudian njika ingin memnggunakan walldecor pasang rak ambalan di atasnya. Letakkan juka satu kursi panjang dengan bantalan empuk untuk menemani agenda santai anda, atau  jika anda ingin sambil rebahana santai guanakan karpet bambu yang selain praktis juga bisa membercantik ruang keluarga bawah tangga anda.
 
5. Kamar Mandi Bawah Tangga, Ide Cerdas Memanfaatkan Space Kosong

photo by @rumah_aila

Anda ingin memiliki kamar mandi dalam dan luar namun terhalang oleh luas rumah yang tak seberapa ? coba deh manfaatkan area bawah tangga anda untuk kamar mandi kecil, hal ini tentu saja akan mempermudah anda ketika ada kerabat atau teman yang sedang berkunjung. Karena mendesain kamar mandi bawah tangga agak sedikit tricky anda harus mempertimbangkan dengan matang mulai dari pemilihan furnitur  atau perabot yang berada di dalamnya.
 
6. Ruang Makan Bawah Tangga Cantik dan Unik 

photo by @bawahtangga

Ide desain memaksimalkan ruang bawah tangga tersimpel adalah dengan menggunaknnya sebgaai ruang makan, anda hanya perlu meletakkan dining set berukuran  minimalis seperti ini, atau bisa menyesuaikan dengan space yang tersisa di area bawah tangga. Jika tak ingin terlihat monoton anda bisa meletakkan beberapa tanaman indoor si sekitar area ini, namun tetap perhatikan ukuran dan jenis tanman ya agar area bawah tangga anda tidak terlihat sumpek dan tetap nyaman.

7. Memanfaatkan Bawah Tangga Untuk Ruang Belajar Anak Anda

phot by @mendeokorindonesia

Setiap orang tua pasti akan emmberikan yang terbaik untuk anakanya, anda pun juga bisa mewujudkannya dengan cara membuatkan ruang belajar super cozy meski berada di bawah tangga. Pilih furnitur dnegan desain minimalis sepert meja material kayu MDF lengkap dengan kursi minimalis yang gemas. Untuk di bagian dinding pasang rak ambalan untuk meletakkan vas bunga atau dekorasi, pasang juga wire grid untuk menggantung note tugas anak anda . 
 
Cukup mudah bukan bund ? cantik dan simpel sekaligus bisa memaksimalkan setiap space di rumah minimalis anda, semoga bermanfaat ya terimaksih sudah menyimak dan mengikuti update terbaru dari kami :)



Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari inspirasi desain dan denah rumah. Semoga anda dimudahkan rezekinya dalam membangun rumah idaman. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat dan keluarga anda agar bermanfaat bagi lainnya.

Penulis     : Eiri
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Categories in English