Desain Rumah Idaman Tipe 40, Bisa Jadi Inspirasi Rumah Barumu!


Helloshabby.com -- Sudah tidak diragukan oleh pilihan rumah bergaya minimalis menjadi desain rumah yang cukup populer. Rumah minimalis memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan rumah model lainnya. Selain itu, desainnya yang mengutamakan kesederhanaan juga pasti akan memberikan suasana rumah yang nyaman. 

Rumah bergaya minimalis pun sangat cocok diterapkan untuk rumah tipe 40. Rumah tipe 40 termasuk dalam deretan rumah kecil, untuk itu gaya interior dan eksterior minimalis (yang cenderung simpel dan efisien) menjadi solusi terbaik untuk mendesain rumah tipe 40. Meski rumah yang memiliki ruangan dengan ukuran yang terbatas, tapi dengan penataan yang apik suasana di rumah akan selalu cozy dan homey. 

Mari kita simak ulasan Desain Rumah Idaman Tipe 40, Bisa Jadi Inspirasi Rumah Barumu!, di bawah ini:


Desain Fasad Rumah Tipe 40


Rumah tipe 40 di atas memiliki bentuk bangunan yang cukup sederhana. Kaca-kaca dipasang pada dinding eksterior dengan tujuan menyalurkan udara dan sinar matahari masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, interior di dalam rumah selalu cerah dan terjaga tingkat kelembabannya. Di muka bangunan juga dibangun pilar rumah yang cukup tinggi sebagai penopang dak cor juga menambah aksen bentuk di rumah ini.  
 

Desain Rumah Tampak Samping


Pemilihan warna fasad rumah didominasi oleh warna netral, seperti putih, hitam dan sedikit warna coklat. Warna-warna tersebut membuat rumah ini jadi terlihat bersih. Selain itu, ditambahkan detail eksterior sederhana berupa dinding batu alam dengan garis-garis horizontal. Dinding batu alam ini menambahkan nilai visual pada rumah minimalis di atas.

Ruang Tamu Minimalis Tipe 40


Ruang tamu pada rumah tipe 40 terbilang kecil. Namun, pemillik rumah memilih ukuran perabot ruang tamu dengan komposisi yang cukup pas. Sebuah sofa besar dengan stool dan meja kopi minimalis cukup pas diletakkan di ruang tamu ini. Elemen dekorasi juga diletakkan dengan tidak berlebihan. Pada dinding kumpulan foto yang disusun dengan pola tertentu menambahkan kesan ruang tamu yang lebih berdimensi dan terasa luang. 


Ruang Keluarga Minimalis Tipe 40


Umumnya rumah minimalis tipe 40 tidak memiliki banyak pembatas ruang. Pembatas akan membuat ruangan jadi terasa semakin sempit. Seperti ruang keluarga ini tampaknya menjadi satu ruang dengan ruang tamu sebelumnya. 

Dikarenakan di ruang tamu sudah terdapat sofa besar, maka di ruang tamu cukup diletakkan kasur lantai lebar. Kasur lantai ini selain lebih hemat juga membuat ruangan jadi lebih terasa luas dan lapang. 

Desain Dapur Cor dengan Tirai Elegan


Meja dapur cor terbukti lebih kuat dan tahan lama, dan tidak mengalami pelapukan karena dimakan rayap. Meja dapur cor juga mudah dibersihkan. Untuk ruang dapur yang terbatas, model meja dapur bentuk L bisa dibuat di sudut ruangan. Area kolong dapur bisa dimanfaatkan sebagai penyimpanan. Tinggal tambahkan tirai kolong dapur dengan nuansa warna emas untuk membuatnya tampak elegan. 

Desain Ruang Makan Tipe 40


Desain rumah tipe 40 ini juga sangat cocok untuk pasangan mudah yang baru menikah. Desain ruang makan bisa didesain sederhana dengan meja makan dan sepasang kursi makan standar. Sebagai pencahayaan dan penghawaan alami, turut dipasang jendela di sudut ruangan. Sebagai dekorasi, pemilik menambahkan dekorasi tanaman, seperti Sansviera untuk menyegarkan udara di dalam ruangan. 

Desain Meja Kerja


Jika Anda butuh meja kerja atau meja belajar, Anda bisa memilih desain meja dan kursi yang minimalis dan praktis. Meja ini dilengkapi dengan kabinet kecil yang bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan peralatan kantor. Pilih dekorasi dengan nuansa serba hitam agar menjadi kontras di ruang serba putih ini. 

Desain Kamar Tidur Sederhana


Jika memang terbatas, ada baiknya tak perlu memaksakan untuk menghias kamar dengan berbagai dekorasi. Bahkan hanya dengan kasur dengan seprai putih dan aksen coklat dan tirai dengan warna senada, terbilang cukup untuk membuat kamar jadi nyaman. Sisa space yang ada bisa dimanfaatkan sebagai tempat solat di dalam kamar.  


Desain Laundry Room 


Untuk ruang cuci jemur yang praktis, Anda bisa menggunakan sisa space yang ada di rumah. Bisa menyatu dengan dapur, kamar mandi atau ruang kosong lainnya. Biar tetap segar, tambahkan dekorasi tanaman hias untuk menyejukkan suasana di kala mencuci baju. 


Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Idaman Tipe 40, Bisa Jadi Inspirasi Rumah Barumu! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Gambar : via instagram/baitysharing

Categories in English