6 Desain Rumah Kecil Tapi Terlihat Luas

 

6 Desain Rumah Kecil Tapi Terlihat Luas

Helloshabby.com -- Tinggal di perumahan padat penduduk satu hal permasalahan yang biasanya di bingungkan. Membeli rumah dengan lahan besar untuk membangun rumah. Namun saat ini sudah banyak perumahan yang menawarkan rumah minimalis untuk pasangan baru menikah. Memilih antara membeli atau membngun rumah buakn masalah yang perlu di pusingkan. Apalagi jika tanah yang di miliki ukurannya kecil. Tak usah berkecil hati, anda bisa mulai mengatur tata ruang terlihat lebih luas dengan beberapa cara. Selain untuk membagi ruang yang tepat, kapasitas ruang yang tebatas perlu di atur kembali agar interior rumah terlihat cantik meski ukurannya kecil.

Nah untuk memberikan jalan bagaimana cara mengatasi rummah kecil, 6 Desain Rumah Kecil Tapi Terlihat Luas ini akan di bagikan cuma-cuma untuk anda. Apa saja cara dan triknya, yuk simak di bawah ini!


Memilih interior ruang tamu dengan warna segar konsep semi terbuka



Cara untuk mendesain rumah yang kecil dapat di mulai dari pemilihan interior ruangnya. Dengan warna cerah yang segarkan suasana, ruang tamu terlihat lebih attractibe dan lebih lapang. Anda bisa menggunakan warna netral seperti puith minimalis ataupaun warna cerah seperti kuning, hijau, oranye di dinding ataupun furniturenya. Agar terkesan lebih lapang, terapkan kesan terbuka dari arah jendela atau menggunakan pintu kaca yang dapat memantulkan sinar matahari ke dalam ruang.


Terapkan konsep semi terbuka dan hindari furniture mepet dinding

Banyak rumah jarang menerapkan konsep semi terbuka yang lebih segarkan ruang. Anda bisa membuat jendela di satu sisi dinding yang tergabung dengan teras atuapun taman mini samping rumah seperti ini. Jika anda memiliki ruang berukuran kecil, hindari untuk menggunakan furniture yang mepet dengan dinding. Agar ruang gerak dan cleah untuk bernafas dapat teras tanpa sesak. Selain itu, pilih furniture yang di butuhkan dengan fungsi yang sering di gunakan. 


Gunakan konsep open plan

Desain rumah kecil yang terlihat luas berikutnya bisa di siasati dengan mengusung konsep open plan lebih melegakan. Tanpa harus menggunakan partisi sebagai pembatas, ruang akan terlihat luas dan terkoneksi dengan ruang lainnya. Jangn lupa untuk memilih interior minimalis utnuk membuat ruang nyaman dan terkesan lebih luas dari aslinya.


Maksimalkan penerangan

Penerangan memang dapat membuat ruang kecil terlihat lebih luas. Apalagi jika anda membaut ventilasi di beberapa sisi dinding. Hawa segar terasa lebih alami dan melegakan. Ruang dapur yang ukurannya kecil, bisa anda siasati untuk meminimalisir penggunaan perabot rumah tangga. Agar lebih teratur, gunakan kitchen kabinet serta tambahkan rak ambalan untuk penyimpanan yang sering di gunakan. 


Interior minimalis dengan dekorasi minim

Cara berikutnya yang dapat membuat interior ruang terlihat luas adalah menggunakan interior minimalis serta meminimalisir dekorasi dan juga furniutrenya. Karena berada area dekat tangga, ruangan ini melegakan dengan ruang terbuka dari arah jendela. Kesan segar juga dapat di rasakan dari arah taman samping rumah. Dengan begitu ruang yang mulanya kecil akan terkesan luas dan melegakan.


Menggunakan furniture fungsional

Melengkapi interior rumah dengan menggunakan furniture memang di perlukan. Selain akan memberikan ruang lebih berisi, adanya furniture dapat meminimalisir barang-barang kecil seperti dekorasi dan juga aksesoris di ruang tersebut. Namun anda tidak bisa berlebihan dalam meletakkan furniture untuk menghindari kesan sesak di ruang. Sehingga perlu adanya furniture yang fungsional saja yang di gunakan untuk mengisi ruang semakin cantik.

Itulah 6 desain rumah kecil tapi terlihat luas yang bisa anda lakukan dengan beberapa cara. Pastikan juga untuk menyesuaikan bentuk, ukuran dan tata ruang agar tidak salah dalam memilih furniture untuk kelengkapan.

Penulis  : Lynda
Editor    : Munawaroh
Sumber : homeofzhakia

Categories in English