Ide Terbaru! 6 Desain Laundry Room dan Tempat Jemuran Dalam Rumah


Helloshabby.com -- Mencuci dan menjemur pakaian merupakan aktivitas penting penunjang segala aktivitas kita. Namun, sayangnya dua aktivitas tersebut seringkali diabaikan kala mendesain sebuah hunian keluarga. Akibatnya, kita sering kebingungan terutama soal tempat menjemur pakaian yang basah. Rasa tak nyaman, terkadang juga muncul ketika kita menjemur pakaian di area yang tidak semestinya. Ini wajar saja, sebab pakaian adalah barang paling privat bagi pemiliknya. Untuk itu, diperlukan desain ruang cuci jemur atau laundry room, saat Anda hendak membangun sebuah hunian. 

Desain ruang laundry tidak harus ribet. Bagi Anda yang tak memiliki ruang terbuka atau halaman belakang khusus untuk menjemur pakaian, tak usah khawatir dulu. Ada banyak desain laundry room indoor yang bisa diterapkan. Sisa lahan yang tak terpakai dapat diubah menjadi ruang cuci jemur di dalam rumah. Selain praktis, kita tidak akan merasa was-was jika jemuran pakaian dilihat orang lain. Simak inspirasinya dalam artikel Ide Terbaru! 6 Desain Laundry Room dan Tempat Jemuran Dalam Rumah, di bawah ini:  


Desain Laundry Room dan Jemuran dengan Atap Transparan

cr:instagram/noushaputriy

Salah satu ide yang harus dihadirkan dalam mendesain ruang cuci jemur di dalam rumah adalah menghadirkan atap transparan. Atap transparan akan menyalurkan panas dan cahaya alami yang akan mengeringkan pakaian kita secara alami juga. Anda bisa memilih jenis atap kanopi polikarbonat transparan yang dapat meneruskan 90% cahaya  matahari ke area di bawahnya. Dengan meletakkan atap transparan, bukan hanya jemuran, Anda juga bisa meletakkan berbagai tanaman hias yang akan tumbuh dengan subur. 


Desain Ruang Cuci Jemur dengan Konsep Terbuka

cr:instagram/cutdewi62

Jika Anda lebih menyukai pakaian kering sempurna lewat bantuan angin dan paparan sinar matahari, maka desain laundry room dan jemuran dengan konsep terbuka bisa dipilih. Desain ruang jemur dijadikan satu dengan taman belakang rumah yang sejuk dan segar. Desain taman dibuat terbuka tanpa penutup di atasnya. Namun, di area ruang jemur dipasang atap kanopi sebagai antispasi agar pakaian tidak kehujanan saat ditinggal pergi pemilik rumah. 


Desain Laundry Room dengan Penyimpanan yang Rapi

cr:instagram/yuliaulva

Di area cuci dan jemur, pastinya kita tidak hanya membutuhkan space untuk mesin cuci atau tempat menjemur pakaian. Kita juga memerlukan tempat untuk menyimpan peralatan mencuci, seperti sabun detergent, sikat cuci dsb. Jika ruang terbatas, kita bisa mendesain tempat penyimpanan dengan model rak ambalan. Di atas rak, diletakkan boks plastik berjajar agar ruangan tetap terlihat rapi. Sebagai tips juga, kita bisa memilih cat putih agar ruang laundry indoor terasa lebih lapang.

Desain Ruang Cuci Jemur Indoor dengan Bata Roster 

cr:instagram/rumah.terang

Desain laundry room dan tempat jemuran di dalam rumah yang satu ini terlihat unik berkat adanya dinding bata roster. Bukan hanya menambah estetika, bata roster tersebut juga memiliki fungsi untuk ruang cuci jemur. Angin dari luar dapat masuk melalui lubang-lubang bata roster dan membantu proses pengeringan pakaian. Anda pun bisa meletakkan berbagai tanaman hias, supaya kegiatan mencuci dan menjemur tidak terasa menjenuhkan. 

Desain Laundry Room Model Terpisah 

cr:instagram/sofiayunitasirait

Desain ruang cuci ditempatkan khusus sebagai area basah. Setidaknya space dengan ukuran 1 x 1 M terbilang cukup untuk tempat mencuci baju. Jika, Anda tidak menggunakan mesin cuci. Model ruang cuci ini juga bisa dipakai untuk Anda yang masih mencuci dengan manual/tangan. 

Sedangkan, untuk menjemur pakaian ditempatkan di area kering. Area ini didesain lebih segar dengan adanya dekorasi tanaman hias. Desain jemuran dipilih dengan model jemuran dinding yang bisa dilipat saat tidak dipakai. Desain jemuran ini menempel di dinding dan memiliki desain yang ramping dan sangat cocok untuk desain laundry room minimalis.


Desain Ruang Cuci Jemur dengan Perforated Metal


Selain atap transparan, Anda juga dapat memilih model atap perforated metal. Atap ini 100% bisa membuat cahaya dan angin masuk ke ruang laundry room. Sehingga, cucian akan kering secara alami dan bebas bakteri. Untuk tempat menjemur yang sempit, Anda lebih disarankan untuk menjemur pakaian dengan menggantung pada hanger pakaian, daripada menggantung pakaian pada tali. Cara ini lebih hemat tempat dan membuat Anda dapat menjemur lebih banyak pakaian. 


Itulah beberapa inspirasi desain ruang cuci jemur. Anda bisa menyesuaikan desain laundry room dengan dimensi ruangan Anda. Terimakasih telah menyimak artikel Ide Terbaru! 6 Desain Laundry Room dan Tempat Jemuran Dalam Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English