Inspirasi Desain Ruang Tamu Kecil tapi Terasa Luas


Helloshabby.com -- Ruang tamu yang terlihat kecil dan sempit memang kurang sedap dipandang. Penataan yang tidak tepat akan membuat ruang tamu terasa penuh dan sesak. Padahal, ruang tamu menjadi ruangan yang cukup penting untuk menjamu tamu dan membuat kesan baik terhadapnya.

Beberapa cara terbukti bisa memberikan efek ruangan yang luas, meski pada ruang tamu yang berukuran kecil sekalipun. Misalnya, dari pemilihan desain furnitur, pemilihan warna cat dinding sampai desain tata letak dekorasi ruang tamu. Bila diaplikasikan dengan tepat, ruang tamu juga akan terasa lebih lapang dan cocok untuk menjamu saudara yang datang untuk bersilaturahmi dan ber-maaf-maaf-an. Simak inspirasi membuat ruang tamu terasa lebih lega, dalam ulasan Inspirasi Desain Ruang Tamu Kecil tapi Terasa Luas, di bawah ini: 


Desain Ruang Tamu dengan Kursi Tradisional 


Alih-alih menggunakan sofa yang dapat memenuhi ruangan, Anda bisa memilih satu set kursi kayu sebagai alas duduk di ruang tamu berukuran 2.5 x 2.5 M ini. Desain kursi dan meja kayu tersebut memiliki tampilan tradisional etnik yang tampak natural. Dengan kursi tamu yang ramping, Anda masih bisa meletakkan berbagai tanaman hias di sudut-sudut ruangan. 

Tampak Lebar dengan Konsep Open Plan


Beberapa rumah minimalis banyak mengusung konsep open plan, yaitu menyatukan dua fungsi ruang dalam satu area. Banyak rumah tipe 36 menyatukan space ruang tamu dan ruang TV, sehingga ruangan tersebut terkesan lebih luas dan lega. 

Bila desain ruang tamu Anda didominasi warna abu-abu dan pink seperti gambar di atas, ada baiknya jendela selalu dibuka agar sinar matahari menerangi ruang tamu dan membuatnya terlihat lebih cerah dan lapang. 


Desain Ruang Tamu Kecil ala Shabby Chic


Desain ruang tamu shabby chic memang terkenal dengan nuansa hangat dan lembutnya, sehingga cocok untuk menjamu tamu. Pilihan warna hijau telur asin, putih dan sedikit warna pink akan menyemarakkan suasana di ruang tamu ini. Desain sofa besar bisa diganti dengan kursi rotan sintetis yang terlihat estetik. Hias dinding dengan dekorasi yang sederhana, sehingga ruang tamu tidak terasa penuh sesak dan tetap terlihat lapang. 

 

Terasa Lega dengan Karpet Maroko


Saat memilih karpet untuk area ruang tamu, lebih baik Anda memilih karpet berukuran besar. Karpet berukuran besar akan membuat ruangan terasa lebih luas. Penataan meja kopi bisa diletakkan di sisi sofa dan kursi tamu, sehingga karpet lantai dengan corak yang unik ini bisa menjadi center dan fokus ruangan. Pilih model karpet lantai lebar dengan corak yang estetik, seperti karpet ala Maroko di atas. 

Satu Lukisan Besar sebagai Center Ruangan


Daripada menghias dinding dengan dekorasi berukuran kecil, ada baiknya dinding pada ruang tamu kecil dihias dengan satu dekorasi berukuran besar, misalnya lukisan abstrak dengan ukuran yang cukup besar. Dekorasi yang berukuran kecil, akan membuat ruangan tampak ramai dan berantakan. Sedang, cukup dengan satu lukisan besar akan membuat ilusi tampilan ruang tamu yang terkesan lebih luas dan lega. Lukisan ini pun akan mempercantik tampilan ruang tamu 3 x 3 M di atas. 


Desain Ruang Tamu Kecil dengan Sofa Kayu


Untuk ruang tamu kecil dengan nuansa etnik yang khas, Anda bisa menghadirkan sofa atau kursi kayu seksional di ruang tamu Anda. Sofa kayu seksional ini berbentuk L yang menyisakan space yang cukup untuk ruang gerak di ruang tamu berukuran 2 x 3.5 M ini.  Menariknya, sofa kayu ini bisa menampung 5-8 orang. Sofa kayu ini dipenuhi dengan ukiran-ukiran yang estetik yang membuat ruang tamu di atas tampak cantik dan menarik.


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Desain Ruang Tamu Kecil tapi Terasa Luas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Gambar : via ig/dekorasi ruang tamu dan fb/desainrumahmodern ig/dianhippy

Categories in English