Inspirasi Interior Rumah dengan Ukuran 8 x 15 M Tertata Rapi dan Cozy


Helloshabby.com -- Hunian yang nyaman pasti menjadi idaman banyak orang. Cara paling mudah untuk mewujudkannya adalah dengan menata interior rumah dengan rapi dan cozy. Interior rumah yang tertata rapi dan selalu terlihat bersih dijamin akan membuat rumah Anda terasa nyaman dan sedap dipandang mata.

Kali ini, Helloshabby.com menghadirkan Inspirasi Interior Rumah dengan Ukuran 8 x 15 M Tertata Rapi dan Cozy. Beberapa desain ruangan ini bisa menjadi referensi dalam mengubah tampilan interior di rumah Anda. Ulasan kali ini juga dilengkapi denah rumah lengkap, sehingga juga bisa menjadi inspirasi dalam mewujudkan rumah impian Anda kelak. Selamat membaca :)


Desain Ruang Tamu Mungil 


Ruang tamu di atas memiliki ukuran yang terbilang mungil, tapi tetap terlihat luas dan lapang. Ini berkat pemilihan lantai keramik dengan warna putih. Penataan furnitur pun dibuat serapi mungkin tanpa 'perintilan' dekorasi yang berlebihan. Misalnya, penataan sofa diletakakan di sisi ruangan. Sedang area di depannya dibiarkan kosong sebagai jalur keluar masuk dari pintu utama. 

Desain Ruang Keluarga


Desain ruang keluarga ditandai dengan adanya sofa unik berbentuk jari-jemari tangan di atas. Sofa tersebut bisa dipandang sebagai focal poin yang menarik mata. Desain sofa juga terlihat nyaman dengan alas duduk yang tebal juga sandaran punggung yang lebar. Sofa ini akan membuat aktivitas menonton TV jadi makin menyenangkan. Sebagai penerangan, tambahkan lampu hias dengan nuansa emas untuk membuat ruangan terlihat lebih ekslusif. 

Desain Ruangan Terbuka


Area ruang tamu dan ruang keluarga tampak dipisahkan oleh sekat yang cukup terbuka. Sekat ini juga sebagai jalur masuk antara ruang terbuka ke interior yang lebih privat seperti ruang keluarga dan selainnya. Punggung single sofa di bagian ruang tamu bisa dihadapkan ke arah pintu masuk, supaya tetap memberi efek ruangan yang lebih tertutup dan menjaga privasi pada tamu atau pemilik rumah. 

Dekorasi Ruangan yang Segar


Berbeda dengan rumah selainnya, hunian ini memiliki desain dapur yang diletakkan di bagian depan area rumah. Antara ruang tamu dan dapur dipisahkan oleh sekat tembok, sehingga privasi tetap terjaga. Agar tidak terlihat kosong, sekat antar ruang tersebut juga didekorasi dengan berbagai hiasan. Dimulai dari lukisan dengan kaligrafi, kabinet ambalan dengan tanaman hias, stiker warna warni dengan pola taman dan tanaman hidup untuk menyegarkan udara. 

Desain Mezanin Serbaguna


Jika Anda memerlukan tambahan ruangan tapi memiliki lahan yang terbatas, desain rumah dengan ruang mezanin bisa dicoba. Mezanin ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang sesuai kebutuhan Anda, misalnya musola, ruang keluarga, bahkan kamar tidur. 

Saat mendesain mezanin, pasang juga railing di sisi-sisi ruangan, sebagai pembatas dan pengaman pada mezanin model terbuka. 

Desain Tangga Minimalis


Pada rumah dengan mezanin desain tangga juga perlu diperhatikan. Tangga akan menentukan keamanan dan kenyamanan saat melangkah menuju ruang mezanin. Anda bisa memilih anak tangga dengan permukaan yang kesat, supaya tidak licin dan mudah terpelesat. 

Pada bagian bawah tangga, daripada dibiarkan menjadi dead spot (ruang mati & tidak terpakai), Anda bisa mendesainnya sebagai kabinet penyimpanan. Dengan begitu, setiap ruang di dalam rumah berfungsi dengan maksimal. 

Desain Ruang Makan Kecil tapi Hangat


Ruang makan juga bisa menjadi tempat berkumpul seluruh anggota keluarga. Di meja makan kehangatan bisa tercipta sambil menikmati hidangan bersama. Untuk itu, desain ruang makan juga harus ditata dengan rapi dan cantik. Selain memilih, desain kursi dan meja makan yang stylish, Anda bisa mendekorasi ruang makan dengan berbagai tanaman sampai hiasan dinding yang cantik. Jika ruang makan terlihat sempit, gantung cermin di ruang makan supaya memberi ilusi ruang yang lebih lapang dan lebar. 


Desain Dapur Minimalis Simpel dan Rapi


Dapur pada hunian ini memiliki desain dan ukuran yang cukup minimalis. Desain kitchen set dipilih dengan model seksional, yang menempati sisi ruangan dengan sangat pas. Ruangan dapur ini cukup tertutup, sehingga perlu dipasang cooker hood sebagai penyaring asap masakan supaya dapur tidak pengap dan sesak. Jika, Anda tidak berniat membeli cooker hood, ada baiknya Anda tetap menghadirkan jendela di dapur, supaya dapur tetap segar dan tidak terlalu sumpek.

Desain Kamar Tidur Simpel dan Cozy


Nah, supaya tampilan kamar tidur terlihat berbeda, kita bisa memberikan sentuhan wallpaper horizontal warna netral agar tidak terlalu ramai. Tambahkan satu atau dua buah lukisan untuk menjadi focal poin pada dinding tersebut. Alih-alih memasang paku di dinding, kita dapat memilih rak tangga untuk menggantung alas solat milik kita. Dengan begitu, dinding kamar terlihat bersih dan tanpa noda. 

Jika Anda kehabisan space untuk meletakkan TV di ruang tidur, cobalah untuk memasang TV di dinding kamar. Pasang rak ambalan di bawah televisi, untuk meletakkan tanaman sekulen atau aromaterapi pengharum kamar tidur. 

Denah Interior Rumah Ukuran 8 x 15 M


Berikut ini merupakan denah dan pembagian ruang pada inspirasi interior rumah dengan ukuran 8 x 15 M. Area paling depan terdapat garasi berukuran 15,4 m², teras berukuran 10,1 m², taman teras berukuran 9 m². Area tengah rumah terdapat ruang tamu, dapur berukuran 7,5 m², kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, kamar tidur dua berukuran 9 m², ruang makan + ruang keluarga berukuran 17,9 m². Area paling belakang terdapat ruang kantor berukuran 8,7 m², gudang bawah berukuran 7,5m², kamar mandi bersama 1,5 m² dan mezanin serba guna. 


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Interior Rumah dengan Ukuran 8 x 15 M Tertata Rapi dan Cozy sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Gambar : instagram/rumahbibib

Categories in English