6 Inspirasi Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur. Solusi Rumah Mungilmu Nih!


Helloshabby.com -- Dalam hunian kecil, salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan banyak fungsi ruang adalah menyatukan beberapa ruang dalam satu tempat. Konsep ini sering disebut dengan desain open plan. Misalnya, ruang tamu dan ruang TV keluarga, atau ruang makan yang menyatu dengan dapur. 

Salah satu desain open plan yang cukup solutif dan praktis adalah menyatukan ruang makan dan dapur dalam satu ruang. Mengapa? Pasalnya, saat masakan matang Bunda bisa lebih cepat dan mudah menyajikan makanan ke meja makan. Belum lagi kemudahaan saat hendak membawa piring kotor untuk dicuci. Nah, untuk Bunda yang tertarik menyatukan ruang makan dan dapur, coba tengok ulasan 6 Inspirasi Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur. Solusi Rumah Mungilmu Nih! di bawah ini: 

Ruang Makan plus dapur dengan desain minimalis

cr:instagram/amrista_home18

Untuk hunian yang terbilang mungil, ada baiknya memilih desain meja makan yang minimalis dan praktis. Anda bisa memilih desain ruang makan yang menyatu dengan dapur dengan tampilan ala Scandinavian. Tema ini didominasi oleh warna putih, coklat alami dan warna netral lainnya. Kombinasi desain yang minimalis dengan warna-warni yang natural akan membuat ruangan dapur tetap terasa luas dan lapang. 


Ruang makan sederhana dengan bahan full kayu

cr:instagram/lilis_nyonyasyantik

Dewasa ini, banyak model meja dan kursi makan dari material HPL atau polywood dengan finishing putih atau coklat glossy. Namun, jika Anda lebih menyukai tampilan meja makan kayu yang lebih natural dan klasik, Anda juga bisa memilih meja makan kayu dan meletakkanya di area dapur. Tampilan dapur yang merah jambu dan ruang makan yang serba coklat kayu terbilang kontras dan memberikan nuansa yang berbeda antar satu sama lain, meski berada di area yang sama. 

Ruang Makan dan dapur dekat halaman belakang

cr:instagram/pidafida

Ada beberapa kelebihan dalam mendesain dapur dan ruang makan di satu area. Tentu, kita lebih mudah saat menyajikan masakan ke meja makan. Apalagi ruang makan dan dapur juga berada dekat dengan halaman terbuka, sehingga atmosfir ruangan jadi lebih terasa sejuk dan segar. Jika terasa sumpek, pintu kaca tinggal dibuka sehingga angin segar akan meniup hawa panas dan membuat makan bersama jadi lebih menyenangkan. 


Ruang makan dan dapur di area 3 x 3 M

cr:instagram/pipitesew

Di dapur berukuran 3 x 3 M, nyatanya Anda masih bisa meletakkan satu set kitchen set lengkap, sebuah kulkas sampai meja makan. Dikarenakan space yang terbatas, ada baiknya Anda memilih desain kursi dan meja makan yang ramping dan minimalis. Penataannya pun usahakan tidak terlalu dekat dengan perabot lain, sehingga menyisakan space untuk lalu lalang dan memasak di dapur. Dinding dapur dengan wallpaper merah sudah cukup ramai, maka dari itu tak perlu lagi menambah dekorasi di dapur atau area ruang makan. 


Dapur plus ruang makan dengan kursi ala kue

cr:instagram/rinaselvia07

Memiliki rumah yang minimalis juga harus membuat kita pintar-pintar dalam memilih desain furnitur, termasuk memilih desain kursi dan meja makan. Ada baiknya kita memilih model meja dan kursi makan yang space-saving alias hemat tempat. Misalnya, kursi makan unik yang satu ini. Bila tidak dipakai, kursi ini bisa diletakkan di tepat di bawah meja. Jika saatnya dipakai, satu buah kursi ala potongan kue ini bisa diambil untuk menikmati acara makan bersama-sama. 

Dapur plus dengan meja makan 

cr:instagram/rumayuko

Beberapa desain kitchen set dibuat dengan model bentuk U. Dapur bentuk U pada umumnya, menyediakan satu meja tambahan yang bisa digunakan untuk meja makan. Meja makan ini juga sekaligus menjadi pembatas antara dapur dengan ruangan lainnya. Kita tinggal menyediakan kursi tambahan dengan ketinggian yang sesuai dengan tinggi meja dapur. Untuk desain kursi yang ramping, kita bahkan bisa menambahkan 3 kursi di meja makan minimalis tersebut. 


Terimakasih telah menyimak artikel 6 Inspirasi Ruang Makan yang Menyatu dengan Dapur. Solusi Rumah Mungilmu Nih! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English