6 Jenis Pohon Berbunga Indah yang Perawatannya Mudah Sekaligus Bisa Percantik Halaman Rumah


Helloshabby.com -- Cara praktis untuk membuat halaman rumah jadi terlihat indah adalah dengan menanam bunga. Apalagi tanaman bunga juga bisa menurunkan tingkat stres dan mengurangi gejala depresi. Dengan melihat mahkota bunga yang bermekaran indah, setidaknya akan membuat kita merasa lebih tenang. Sehingga, tak salah bila Anda mulai menanam dan merawat tanaman  bunga di halaman rumah Anda. 

Nah, berikut akan kami ulas 6 Jenis Pohon Berbunga Indah yang Perawatannya Mudah Sekaligus Bisa Percantik Halaman Rumah. Beberapa tanaman ini bisa dirawat tanpa perawatan khusus, bahkan oleh kita yang masih newbie soal bercocok tanam. Simak ulasannya di bawah ini: 


Si Cantik Blue Petrea

cr:instagram/ati.ratri

Bunga Petrea merupakan salah satu jenis tanaman hias rambat yang juga dikenal dengan istilah amplas rambat. Perpaduan antara hijaunya daun dan warna ungu violet membuat tampilannya jadi terlihat sangat eklusif. Apalagi bunga-bunga ini bisa mekar dengan gugusan-gugusan bunga dengan panjang lebih dari 1 meter. 

Bunga ini tumbuh baik dijika menerima cahaya matahari penuh maupun teduh. Anda cukup menyirami bunga cantik ini satu kali dalam satu hari. Tanaman ini bisa dibiarkan tumbuh merambat dengan menanamnya di sekitar tiang atau tembok di halaman rumah. 


Bunga Lampion yang Mempesona

cr:instagram/daliessiangadi

Bunga lampion atau fushia memiliki bentuk yang sangat unik dan cantik. Saat bermekaran, bunga ini tampak seperti  anting-anting atau lampion yang bergelantungan di ranting pohon. Bunga lampion ini memiliki beragam warna dari putih, oranye, merah, biru sampai ungu tua. 

Bunga lampion ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Bunga ini bisa tumbuh baik di sebagian besar jenis tanah. Anda hanya perlu memastikan tanah tidak mengering dan tidak terlalu tergenang air. Berikan puput secara berkala agar tanaman ini berbunga dengan lebat. 


The Lucky Bougenville 

cr:instagram/dinashabbychic

Siapa yang tak kenal tanaman bunga ini? Yap, hampir semua orang mengetahui bunga kertas atau bougenville. Dalam ilmu fengshui bunga kertas dapat dipandang sebagai bunga yang dapat membawa keberuntungan. Bunga ini juga termasuk tanaman bunga yang sangat populer di Indonesia. Pasalnya, tanaman ini mudah tumbuh dan mudah pula dirawat. 


Bunga Hydrangea yang Unik

cr:instagram/driedblume_bouquet

Hydrange flower (Bunga Hortensiaatau bunga Bokor sering digunakan untuk rangkaian buket bunga. Ini dikarenakan warna-warna bunga yang sangat cantik. Warna bunga hydrange ini dipengaruhi oleh pH tanah tempat mereka tumbuh. Apabila tanah cenderung asam bunga akan berwarna biru, sedang di tanah yang basa bunga akan berwarna pink. 


Bunga Matahari yang Cerah

cr:instagram/gungmaslathifah

Untuk kita yang hidup di negara tropis dengan limpahan sinar matahari, bunga matahari menjadi salah satu jenis bunga yang cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Bunga ini memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan bunga-bunga rumah lainnya. Bentuknya yang cerah dan cantik bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

Meski menyukai sinar matahari, bunga matahari tetap membutuhkan asupan air yang cukup banyak. Setidaknya siram bunga matahari dua kali dalam sehari. Tambahkan pupuk atau suplemen tambahan untuk membuatnya tumbuh dan berbunga lebih cepat. Bunga matahari bisa mulai  mekar sekitar 2-3 bulan setelah proses penanaman. 


Warna-warni Bunga Zinnia

cr:instagram/plantshop_cjr

Bunga zinnia memiliki mahkota yang berwarna-warni. Bunga ini juga sangat mudah tumbuh  di jenis tanah apapun selama kebutuhan airnya terpenuhi. Bunga zinnia dapat tumbuh dan bermekaran pada kondisi tanah yang terpapar matahari penuh. 

Bunga zinnia termasuk bunga yang paling mudah ditemui. Harga bibitnya pun sangat terjangkau. Sayangnya, bunga ini rentan terhadap hama dan gulma. Untuk itu, lakukan penyiangan gulma secara rutin dan siram air dengan kuat di bawah daun supaya hama terhilang dari si bunga. 


Nah, itulah beberapa inspirasi tanaman berbunga yang bisa ditanam di pekarangan Anda. Tanaman berbunga di atas dijamin bisa membuat halaman Anda jadi lebih cantik dan menarik. Terimakasih telah menyimak artikel 6 Jenis Pohon Berbunga Indah yang Perawatannya Mudah Sekaligus Bisa Percantik Halaman Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English