7 Inspirasi Penataan Rumah Mungil Tanpa Sekat. Tetap Nyaman Meski Terbatasnya Luas Bangunan


Helloshabby.com -- Memasuki rumah yang terkesan sempit dan berantakan bisa jadi membuat kita yang lelah jadi semakin moody. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa mengganti penataan rumah dengan model open plan.

Model hunian open plan biasa disebut sebagai rumah tanpa sekat. Desain hunian ini menghilangkan beberapa sekat pemisah antar ruangan dan membuatnya menjadi sebuah ruangan besar. Konsep ini sangat cocok untuk pentaan rumah berukuran kecil. Dengan begitu, ruangan akan terlihat luas dan lapang. Ruangan  pun jadi tidak terlalu sumpek. Jika Anda masih bingung merealisasikan penataan rumah mungil tanpa sekat, simak 7 Inspirasi Penataan Rumah Mungil Tanpa Sekat. Tetap Nyaman Meski Terbatasnya Luas Bangunan.


Desain Open Plan Ruang TV dengan Ruang Makan+Dapur

cr:instagram/arma_lindarifin

Anda bisa menata ruang-ruang bersama, seperti ruang TV, ruang makan dan dapur menjadi satu ruangan besar tanpa sekat pemisah. Tampilan setiap ruang bisa dibuat dengan tema yang sama, sehingga ruangan dengan 3 fungsi ini tetap terlihat elegan dan harmonis. 

Area ruang TV sedikit tersembunyi dari dapur. Keduanya tampak dipisahkan oleh dinding kamar mandi. Penataan ini membuat ruangan di atas terlihat lebih dinamis dan tidak terlalu kaku. Setiap furnitur dan dekorasi di setiap ruang juga dipilih dengan model minimalis praktis, sehingga membuat fleksibilitas di dalam ruangan tetap terasa nyaman. 

Desain Open Plan untuk Kesan Cerah dan Lega

cr:instagram/rumah_mowwi_1

Desain open plan yang satu ini hampir serupa dengan model penataan sebelumnya. Bedanya, opsi menyatukan ruang tamu berdekatan dengan ruang makan lebih banyak dijadikan opsi dalam membuat rumah mungil tanpa sekat. Model penataan ini juga menawarkan kemudahan penataan ruangan saat mengadakan acara besar, misalnya tinggal memindahkan kursi dan meja makan dan menggelar karpet besar untuk mengadakan arisan bulanan yang dihadiri banyak orang.

Dengan penataan serba putih dan sedikit aksen merah jambu membuat ruangan ini jadi terlihat lebih besar dan cerah. Tentu saja, ruang terbuka yang luas akan lebih mudah dan lebih cepat dibersihkan dibandingkan ruangan yang penuh sekat.


Desain Open Plan Ruang Tamu/Keluarga dan Play Room

cr:instagram/rumah_enzo

Desain ruang tamu bersebelahan dengan ruang keluarga/ruang TV menjadi penataan yang paling sering digunakan. Ini wajar saja, sebab ruang tamu hanya digunakan saat tamu hadir saja. Untuk itu, penggunaan ruang keluarga juga bisa lebih fleksibel.

Ruangan di atas juga menyatukan area playroom. Penyatuan ruangan dapat membuat Anda lebih mudah saat mengawasi buah hati saat bermain di playroom. Area samping pun disulap jadi taman minimalis cantik untuk membuat ruangan jadi terasa lebih segar.  


Desain Open Plan Dua Lantai 

cr:instagram/cutdewi62

Meski rumah dua lantai memungkinkan Anda untuk memiliki ruangan yang lebih banyak, tapi ada baiknya ruangan pada rumah minimalis dua lantai tetap dibuat dengan open plan. Model penataan bisa dibuat seperti gambar di atas, di mana ruang makan dan dapur menjadi satu ruang. Area ruang makan bersebelahan langsung dengan ruang keluarga. Model dapur dibuat lebih tersembunyi dari ruang keluarga, sehingga memberikan saat bersantai tidak terganggu oleh aktivitas memasak yang penuh asap. 


Desain Dapur dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat

cr:instagram/meyrizkiaa

Desain ruangan tanpa sekat yang satu ini masih menyatukan area dapur dan ruang TV keluarga. Model furnitur bisa dipilih dengan desain yang minimalis, sehingga pengaturan dan tata letak furnitur lebih mudah dan luwes. Pada penataan ini meja mini bar dibuat sebagai sekat pemisah antara dapur dan ruang TV keluarga. Sehingga, setiap ruangan tetap terasa sebagai area yang berbeda satu sama lain meski berada pada satu ruangan tanpa sekat. 


Desain Open Plan dengan Rak Partisi 

cr:instagram/bundanyavioli

Mendesain rumah mungil tanpa sekat, tak sama dengan Anda harus benar-benar menghilangkan sekat pemisah antar ruangan. Pada ruangan di atas, ruang tamu dan ruang makan dipisahkan oleh rak partisi dengan kaca buram. Partisi ini berfungsi untuk memberikan privasi pada tamu atau penghuni rumah yang sedang makan di ruang makan. Selain pemisah ruangan, rak ini juga bisa digunakan untuk memajang dekorasi di setiap sisinya. Dengan begitu ruangan akan tampak lebih cantik dan rapi. 

Desain Open Plan dengan Plafon Unik

cr:instagram/farida_subandi

Ruangan tanpa sekat ada baiknya juga dilengkapi dengan desain plafon yang unik dan cantik. Seperti pada ruangan di atas, terdapat plafon drop ceiling dengan finishing biru yang membuat ruangan ini jadi terlihat  lebih elegan.

Perhatikan juga penataan ruangan di atas, desain sofa ruang tamu dibuat membelakangi ruang TV sehingga cukup memberikan privasi di kedua ruangan tersebut. Turut pula dipasang karpet lantai hangat di tengah ruangan, supaya ruangan tidak terlihat kosong. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Penataan Rumah Mungil Tanpa Sekat. Tetap Nyaman Meski Terbatasnya Luas Bangunan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English