Denah Rumah Sederhana 3 Kamar Tidur 6 x 12 M, Kecil Tapi Terasa Luas


Helloshabby.com -- Desain rumah sederhana ukuran 6 x 12 M menjadi hunian yang paling banyak dicari. Ukuran 6 x 12 M termasuk ukuran yang kecil, sehingga cukup tepat bila desain eksterior dan interior rumah dibuat dengan sederhana dan minimalis. Desain rumah sederhana dan minimalis juga terbilang dapat menghemat biaya pembangunan rumah, dibandingkan model rumah lainnya. 

Di sisi lain, denah rumah kali ini juga dilengkapi dengan 3 kamar tidur. Hunian dengan 3 kamar tidur termasuk desain yang paling banyak dicari tapi juga susah didapatkan. Ini dikarenakan, banyak rumah berukuran 6 x 12 M lebih banyak dibuat dengan model dua kamar tidur saja. Khusus untuk Anda kami hadirkan ulasan Denah Rumah Sederhana 3 Kamar Tidur 6 x 12 M, Kecil Tapi Terasa Luas, simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Desain Tampak Depan 


Hunian ini mengusung gaya modern tropis. Kesan tropis tampak dari adanya taman depan pagar dan taman teras yang akan menyejukkan suasana di depan rumah. Suasana tropis natural juga dihadirkan lewat pemilihan material batu alam yang dipasang pada sebagian pagar tembok dan dinding eksterior, rumah pun jadi terasa lebih adem dan natural. Sedangkan, kesan modern dihadirkan dari pemilihan bentuk muka bangunan juga material penyusun yang didominasi dari material hunian modern, seperti semen, beton dsb. 


Desain Tampak Samping


Hunian ini memiliki struktur atap berbentuk pelana. Selain atap pelana, rumah ini juga dilengkapi dak cor juga atap kanopi kaca tempered. Kanopi kaca digunakan untuk membuat area carport terlihat lebih terang dan melindungi kendaraan dari terpaan panas dan hujan. 

Bagian depan rumah juga terdapat dinding tembok di depan pintu. Dinding ini berwarna krem yang bisa menjadi focal poin dan kontras di antara warna eksterior yang serba putih. Dinding ini juga berfungsi untuk menambah privasi saat anggota rumah keluar masuk dari pintu utama. 

Desain Ruang Tamu


Masuk ke dalam rumah, Anda akan disambut oleh tampilan ruang tamu yang sangat menawan. Dinding utama dicat dengan pola-pola geometris tak beraturan dengan warna-warna netral. Dinding ini membuat ruangan terlihat begitu unik. Tak hanya itu, area ruang tamu dan ruang makan dipisahkan oleh sekat partisi dengan motif belah ketupat. Pada sekat ini bisa pula dibuat sebagai taman vertikal untuk menyegarkan atmosfir di ruang tamu. 

Satu Ruang Dua Fungsi


Pada rumah berukuran kecil dan minimalis, Anda bisa membuat ruang tamu sekaligus sebagai ruang keluarga. Untuk itu, desain ruang tamu bisa dibuat senyaman dan tidak terlalu kaku. Misalnya, memilih model sofa seksional dan bed sofa untuk diletakkan di ruangan ini. Letakkan media hiburan seperti TV dan audio set untuk menikmati hiburan bersama-sama anggota keluarga lain. 

Desain Dapur dan Ruang Makan


Desain dapur dan ruang makan dijadikan dalam satu ruang. Penataan ini cukup memudahkan Bunda saat hendak menyajikan masakan. Namun, pastikan saja meja makan diletakkan di area yang tepat, supaya tidak mengganggu aktivitas memasak dan akses lalu lalang dari ruang tamu menuju ruang-ruang selainnya. 

Kamar Tidur Utama


Desain kamar tidur utama dibuat dengan sentuhan warna-warna yang cenderung netral, seperti abu-abu, biru dan putih. Kombinasi warna-warni tersebut membuat ruangan tampak clean look. Bagian lemari dan meja rias/meja kerja dipilih dengan bentuk custom sehingga tampilan kamar terlihat lebih rapi. Pilih rak tempel dinding dengan bentuk unik untuk memperkaya visualisasi di kamar tidur utama. 

Desain Kamar Tidur Anak 1


Kamar tidur anak bisa dibuat dengan model penataan minimalis. Kamar yang satu ini dilengkapi meja kecil di sisi ruangan. Meja kecil ini bisa digunakan untuk tempat buku dan hiasan dekorasi yang cukup unik. Tambahkan standing lamp di sudut ruangan untuk menerangi kamar dengan baik di kala malam hari. 


Desain Kamar Tidur Anak 2 


Desain kamar tidur anak selanjutnya bisa dibuat serupa dengan desain sebelumnya. Di ruang berukuran 2.5 x 3 M, Anda masih bisa meletakkan single bed, lemari + meja belajar juga sebuah sofa untuk bersantai. Area dinding bisa didekorasi dengan bingkai lukisan atau bingkai foto untuk membuat kamar terlihat lebih semarak dan tidak kosong. 

Denah rumah 6 x 12 M


Denah rumah sederhana 3 kamar tidur 6 x 12 M ini terdapat: taman berukuran 1.5 x 1.5 M, teras berukuran 1.5 x 1.5 M, carport berukuran 3 x 4.5 M, ruang tamu berukuran 3 x 3 M, dapur + ruang makan berukuran 3 x 2.5 M, kamar mandi bersama berukuran 2 x 1.5 M, kamar tidur utama berukuran 3 x 3 M, kamar tidur 2 berukuran 2.5 x 3 M, kamar tidur 3 berukuran 2.5 x 3 M, ruang cuci jemur berukuran 1 x 1.5 M, dan halaman belakang berukuran 2.5 x 1.5 M. 


Terimakasih telah menyimak artikel Denah Rumah Sederhana 3 Kamar Tidur 6 x 12 M, Kecil Tapi Terasa Luas sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : FRteam Studio via Youtube

Categories in English