Desain Rumah Ukuran 6 x 11 M 1 Lantai Model Minimalis, Cukup Buat Keluarga Besar


Helloshabby.com -- Ada beberapa request desain rumah dengan ukuran 6 x 11 M. Ukuran ini tidak bisa dikatakan besar, oleh karenanya sangat pas dengan desain minimalis. Tenang saja, meski desain rumah 6 x 11 M dengan model minimalis tapi dijamin tetap bisa menghadirkan ruang-ruang yang nyaman untuk keluarga besar. Di mulai dari desain ruang tamu sampai dapur tetap bisa dibuat semenarik mungkin supaya penghuni jadi makin betah beraktivitas di rumah. 

Sebagai inspirasi, kami hadirkan ulasan lengkap desain rumah real ukuran 6 x 11 M. Desain ini dicuplik dari akun Angelina Kusuma yang merenovasi dan mendekorasi rumah bersubsidi tipe 36 ukuran 6 x 11 M. Simak ulasan lengkap Desain Rumah Ukuran 6 x 11 M 1 Lantai Model Minimalis, Cukup Buat Keluarga Besar, di bawah ini:


Desain Fasad Rumah 

Desain fasad rumah menggunakan finishing warna oranye bata yang cukup pekat, tetapi juga memberikan efek rumah yang terlihat lebih adem. Finishing warna oranye pekat ini diaplikasikan pada tembok pagar dan desain dinding eksterior rumah. 

Rumah ini juga memiliki pagar besi kombinasi woodplank dengan model geser untuk memudahkan aktivitas keluar masuk kendaraan. Di atas tembok pagar pun ditanami tanaman rambat yang rimbun untuk membuat rumah terasa lebih sejuk. 


Desain Tampak Depan 

Masih di area depan rumah. Pada hunian ini terdapat carport dengan atap kanopi untuk melindungi teras dan carport dari panas dan hujan. Anda bisa memilih model atap polycarbonate atau galvalum sebagai atap kanopi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi terbilang awet dalam pemakaian jangka panjang. 

Desain Taman Rumah


Taman depan rumah sesuai aslinya didesain seperti pada gambar di atas. Area tanah dapat dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayur yang bisa dimasak langsung oleh ibunda. Beberapa tanaman juga dibiarkan tumbuh lebat supaya dapat menghalau sinar matahari berlebih yang masuk ke area teras dan taman. 

Desain Ruang Tamu Minimalis


Desain ruang tamu dibuat minimalis dengan hanya meletakkan satu pasang kursi kayu dan sebuah meja kopi. Ini wajar saja mengingat ukuran ruang tamu juga tidak terlalu besar. Sebagai alternatif jika keluarga besar berkunjung, Anda lebih baik menghamparkan karpet lantai dan memindahkan kursi ruang tamu ke area lain. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa hadir di ruang tamu mungil ini. 

Desain Ruang Keluarga


Desain ruang keluarga dibuat menyatu dengan ruang tamu. Kedua ruangan ini juga dibuat tanpa sekat sehingga space yang ada terasa lebih luas dan lapang. Sebagai pembatas dua area, diletakkan rak terbuka untuk memajang dekorasi ruangan dan sebagai pemisah kedua space tersebut. 


Desain Kamar Tidur Utama 

cr:instagram/rumahbundas

Desain kamar tidur utama bisa dibuat seperti kamar di atas. Ukurannya tidak terlalu luas, namun masih bisa meletakkan ranjang kasir dan sebuah lemari pakaian. Permainan cat dinding hijau tua dan putih sudah cukup untuk menyemarakkan suasana di kamar tidur ini. Minimnya dekorasi juga membuat kamar di atas terlihat tetap luas dan lapang. 


Desain Kamar Anak dengan Double Bed

cr:instgram/nila_lanungga

Jika Anda memiliki dua buah hati dalam usia yang berdekatan, desain kamar tidur bisa dibuat dengan model double bed. Double bed ini juga dilengkapi dengan kabinet bawah yang bisa menjadi tambahan ruang penyimpanan. Kasur susun ini berukuran 120 x 200 cm. Kamar anak ini juga dipermanis dengan backdrop pada dinding yang terbuat dari multiplex lapis HPL. 


Desain Dapur Minimalis 

cr:instagram/ayanghaidar2

Desain dapur di rumah ini berbentuk lorong memanjang. Untuk itu, desain dapur bisa dibuat seperti gambar di atas. Bagian dinding dicat dengan warna biru terang, sedang bagian lantai dilapisi dengan keramik sehingga membuat memasak jadi lebih menyenangkan. Pilih kitchen set dengan warna pink untuk membuat tampilannya jadi terkesan shabby chic. 

Desain Tangga dan Toilet Bawah Tangga


Area bawah tangga dimanfaatkan sebagai kamar mandi atau pun toilet. Sedang model tangga minimalis ini dipilih untuk menyambungkan area balkon dan ruang cuci jemur saja. Meski minimalis, tangga ini dilengkapi dengan railing kokoh supaya tetap menjaga keamanan saat menaiki dan menuruni tangga. 

Denah rumah ukuran 6 x 11 M


Berikut ini desain rumah ukuran 6 x 11 M 1 lantai model minimalis, terdapat: carport berukuran 3 x 3.5 M, taman + teras berukuran 3 x 3.5 M, ruang tamu dan ruang keluarga berukuran 3 x 4.75 M, dapur berukuran 1.5 x 1.5 M, kamar tidur utama berukuran 3 x 2.75 M, kamar tidur anak berukuran 3 x 2.75 M, dan area tangga menuju tandon air 1.5 x 1 M.


Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Ukuran 6 x 11 M 1 Lantai Model Minimalis, Cukup Buat Keluarga Besar sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Rumah Utama ©Angelina Kusuma via Youtube

Categories in English