Inspirasi Ruang Keluarga Open Space untuk Rumah Mungilmu, Kumpul Keluarga Jadi Lebih Seru!


Helloshabby.com -- Konsep rumah tanpa sekat agaknya mulai digemari oleh beberapa orang. Bukan hanya menawarkan kepraktisan, rumah tanpa sekat atau biasa disebut open space/open floor juga menjadi solusi bagi kita-kita yang memiliki lahan ruangan yang terbatas. Ruangan di dalam rumah akan terlihat lebih luas dan lapang tanpa adanya tembok pemisah.

Desain ruangan open space paling sering diterapkan pada desain ruang keluarga. Ruang keluarga open space sangat cocok untuk kita yang menginginkan suasana rileks, yang mampu meningkatkan interaksi di antara penghuni rumah.  Jika Anda mencari inspirasi ruang keluarga open space yang nyaman, simak inspirasi ruang keluarga open space untuk rumah mungilmu, kumpul keluarga jadi lebih seru!


Ruang keluarga menyatu dengan ruang tamu

cr:instagram/aldianty1717

Desain ruangan terbuka yang menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga menjadi pilihan konsep open space yang paling sering digunakan. Pilihan ini tentu tidak salah, tapi ada kalanya kita harus mengorbankan privasi bagi anggota keluarga yang ingin bersantai di ruang keluarga namun terhalang tamu yang berada di area ruang tamu. 

Namun di sisi lain, penataan ini sangat bermanfaat kala akan mengadakan acara kumpul keluarga. Sofa ruang tamu bisa dipindahkan sesaat, kemudian hamparkan  duduk lesehan bersama sambil mengobrol dengan keluarga akan jadi lebih menyenangkan untuk dilakukan. Dengan ukuran 2 x 4.5 M, kita bisa mendapatkan desain ruang keluarga dan ruang tamu yang terlihat apik dan nyaman. 


Ruang keluarga open space minimalis nan cozy 

cr:instagram/dekorasiruangkeluarga

Ruang keluarga yang satu ini didesain dengan model sederhana, hanya menghadirkan satu buah sofa, backdrop TV dan dekorasi yang minim. Meski begitu tampilannya terlihat apik, dengan menambahkan kontras warna coklat kekuningan pada backdrop TV dan pintu samping, sehingga ruang keluarga tampak lebih berwarna. 

Ruang keluarga ini jadi satu ruang dengan ruang makan, dimana memungkinkan adanya interaksi saat anggota keluarga. Misalnya, makan sambil menonton televisi atau mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. Desain ruangan pun dilengkapi dengan plafon yang cantik, tiap ruangan memiliki pencahayaan yang berbeda sehingga memberikan efek yang berbeda di setiap space-nya. 


Ruang keluarga open space konsep lesehan

cr:instagram/ana_priyanti

Desain ruang keluarga open space juga bisa dibuat dengan konsep lesehan. Konsep lesehan akan tetap membuat ruangan terlihat luang dan lapang. Kita bisa memilih dekorasi dengan nuansa abu-abu, seperti pada gambar di atas. Area dinding dimaksimalkan untuk space meletakkan rak TV kayu dan sebuah TV flat. Area dinding juga dipercantik dengan meletakkan dekorasi grafis dan jam dinding tempel dengan nuansa hitam dan putih. 

Area ini juga tampak bersebelahan langsung dengan dapur. Desain ruangan di atas bisa memudahkan Bunda saat memasak sambil mengawasi buah hati yang berada di ruang keluarga. 


Ruang keluarga open space berundak

cr:instagram/delty_roemahtosca

Ruangan di atas memiliki ukuran berkisar antara  3.5 x 4 M, sehingga cukup pas untuk mendesain ruang keluarga open space. Desain ruang keluarga diletakkan bersebelahan langsung dengan ruang tamu. Namun, elevasi lantai di area ruang keluarga dibuat lebih tinggi 10cm agar tampilannya terlihat lebih dinamis. Penataan di atas membagi ruang tamu dan ruang keluarga secara jelas. Bahkan, kita bisa menambahkan partisi untuk memisahkan dua ruangan di atas. 


Ruang keluarga open space untuk kesan cerah dan lapang

cr:instagram/rheeananda

Setidaknya kita memerlukan space antara 2 x 1 M untuk membuat sebuah ruang keluarga. Tentu saja, ukuran yang kecil akan terasa penuh dan sesak bila dibuat tertutup penuh dengan sekat. Untuk itu, desain ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu bisa menjadi solusi untuk membuat ruangan terasa nyaman. Tambahkan furnitur dan dekorasi ruangan dengan nuansa putih dan biru terang untuk membuatnya tampak apik, cerah dan terlihat lapang. 


Ruang keluarga open space ramah anak 

cr:instagram/rumah_mowwi

Jika memiliki buah hati yang masih kecil, tentu desain ruang keluarga harus dibuat ramah anak. Tidak sulit untuk mewujudkannya. Pada desain ruang tanpa sekat, kita tinggal mendesain area bermain yang menjadi satu ruang dengan ruang keluarga. Dengan begitu, kita bisa bersantai melihat acara TV sambil menemani buah hati bermain. 


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Ruang Keluarga Open Space untuk Rumah Mungilmu. Kumpul Keluarga Jadi Lebih Seru! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English