Inspirasi Rumah Sederhana dengan Semen Ekspos: Natural Terbuka dan Hemat Budget!


Helloshabby.com -- Selayang pandang rumah di atas memang tampak seperti hunian yang 'belum jadi'. Tetapi, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Kini banyak model rumah yang dibuat dengan model 'setengah jadi' atau bahasa kerennya unfinished style. Gaya ini terutama diaplikasikan pada mereka yang tertarik dengan rumah berkonsep industrial. 

Rumah bergaya industrial juga bisa diwujudkan dengan cara-cara sederhana, misalnya membiarkan dinding semen ekspos yang memberi kesan unfinished style. Desain ruangan juga cenderung simpel dan tidak ribet, bahkan bisa dibuat dengan model terbuka atau tanpa sekat. Biaya pembangunan dan dekorasi interior juga cukup terjangkau karena jauh dari kesan mewah. Perabot daur ulang dan ornamen low budget bisa diaplikasikan sehingga akan menghemat pengeluaran. 

Khusus untuk Anda yang mencari inspirasi rumah industrial sederhana, coba cek ulasan Inspirasi Rumah Sederhana dengan Semen Ekspos: Natural Terbuka dan Hemat Budget!, di bawah ini: 

Desain Ruangan Tanpa Sekat yang Adem


Ruangan di atas dibuat dengan konsep open plan yang menyatukan ruang tamu dan dapur dalam satu area. Desain penataan tamu dan dapur juga terbilang sederhana dan minim dekorasi, sehingga memberikan kesan ruangan yang adem.

Dalam ruangan ini, dinding dipoles dengan warna putih untuk memberikan efek ruangan yang luas dan lapang. Sedangkan, lantai dibiarkan dengan model semen ekspos supaya terasa adem. Anda dapat memanfaatkan bahan alami seperti ampas kelapa dan serbuk gergaji untuk membuat   permukaan lantai semen terlihat mengkilap. Di luar itu, Anda juga bisa menggunakan bahan pengkilap khusus seperti cairan lilin dan epoxy. 

Desain Ruangan dengan Bukaan Lebar


Rumah industrial juga diidentikkan dengan bukaan yang cukup lebar di sisi-sisi rumah. Bukaan ini bertujuan untuk membuat sirkulasi udara lebih maksimal. Dengan begitu, ruangan di dalam rumah tidak akan lembab dan meminimalisir risiko kerusakan pada struktur bangunan. 

Desain Ruangan Hemat Budget dan Ramah Lingkungan


Lantai dan dinding di area ini menampilkan semen ekspos. Semen ekpos tersebut tidak mengalami pengecatan khusus sehingga cukup menghemat biaya pengeluaran. Struktur dan bahan atap menggunakan material yang mudah di daur ulang, seperti kayu dan genteng tanah liat. Kombinasi dari semen ekspos dan  rangka atap kayu/bambu + genteng tanah liat menampilkan desain ruangan yang ramah lingkungan dan tetap nyaman.

Desain Wastafel Natural Modern


Anda juga bisa memasang skylight atau atap transparan yang cukup besar di dalam rumah. Atap ini nantinya akan menyalurkan cahaya masuk ke dalam rumah dan membuat rumah lebih terasa sehat. 

Model wastafel dibuat permanen dengan semen cor dan dilengkapi dengan kabinet penyimpanan. Furnitur dengan gaya antik seperti rangka kaca dan pintu kabinet memberikan efek ruangan yang terlihat unik dan estetik. 

Taman Samping Rumah yang Segar


Mendengar kata rumah industrial bukan berarti segala sesuatunya harus dipenuhi material industri, seperti logam/metal, semen ekspos atau bata ekspos. Anda juga masih bisa menambahkan dekorasi berbau alam seperti membuat meletakkan tanaman hijau di halaman samping hunian Anda. Berbagai tanaman ini akan menciptakan kesan hunian yang lebih segar dan natural. 

Itulah inspirasi rumah industrial sederhana yang bisa jadi inspirasi rumah idaman kelak. Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah Sederhana dengan Semen Ekspos: Natural Terbuka dan Hemat Budget! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Gambar : via Fb/Desainrumahpedia 

Categories in English