7 Cara Mengatur Sirkulasi Udara Pada Dapur Minimalis Tipe 36 dan 45

 

Helloshabby.com -- Mendesain dapur minimalis pada rumah tipe 36 dan 45 menjadi saah satu tantangan tersendiri. Selain karena space ruang yang terbatas, anda juga harus memperhatikan desain layout yang tepat untuk dapur anda.

Ketika anda memasak, anda harus mengetahui tentang sirkulasi udara dapur agar berjalan dengan baik. Penataan yang tidak tepat bisa berdampak pada udara panas karena kompor atau bau masakan yang akan membuat anda merasa tidak nyaman berada di dapur. Nah bagaimanakah  cara mengatur sirkulasi udara dapur agar tetap lancar? Simak 7 cara mengatur sirkulasi udara pada dapur minimalis tipe 36 dan 45 yang bisa anda terapkan di rumah.


Dapur sederhana dengan jendela berukuran sedang


by : @youshitanita

Kehadiran jendela pada dapur minimalis berukuran 1x1 meter ini memiliki peranan yang penting. Selain sumber pencahayaan ketika siang hari, adanya jendela pada dapur juga memungkinkan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Jendela didesain berada di atas wastafel dengan tujuan supaya dapur tidak mudah lembab dan ditumbuhi jamur.


Dapur minimalis dengan cooker hood


by : @umah_mini_maitra

Dapur pada rumah tipe 36 juga bisa dibuat dengan ukruan 2 x 1 M saja. Namun, apabila area dapur milik anda didesain tidak dengan jendela, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menyiasatinya dengan mengaplikasikan cooker hood. Alat ini berfungsi untuk menyerap udara panas dan juga bau akibat aktivitas memasak. Anda bisa meletakkannya diatas kompor seperti pada desain diatas. Sehingga suasana memasak anda akan terasa lebih nyaman dan tentunya menyenangkan.

 

Dapur minimalis dengan ventilasi udara


by : @hams.house

Selain beberapa cara diatas, apabila dapur anda tidak didesain dengan jendela. Anda bisa menyiasatinya dengan membuat ventilasi. Ventilasi  di setiap ruangan berfungi sebagai keluar masuknya udara hal ini tidak terkecuali dapur. Kehadiran ventilasi didapur juga membuat cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan sehingga dapur anda terbebas dari kesan yang lembab.

 

 

Dapur minimalis dengan plafon yang tinggi


by : @dreys.decor

Salah satu cara untuk mengurangi panas didapur selain dengan ventilasi atau dengan jendela, anda bisa memasang plafon yang dibuat lebih tinggi dari ruangan lainnya. Menggunakan desain plafon yang tinggi juga memberikan kesan ruang dapur berukuran 1x2 meter anda terasa lebih lega. Apalagi dapur ini terletak bersebelahan dengan taman minimalis yang cantik. Dijamin anda akan merasa betah berlama-lama di area ini.


Dapur minimalis untuk tipe rumah 36 dengan jendela berada di sudut


by : @the_irvandishome

Dapur yang didesain lengkap dengan jendela terbukti mampu memberikan kesan ruangan yang lebih cerah dan menyegarkan. Inspirasi dapur yang berukuran 1x1 meter ini didesain sederhana dengan jendela yang terletak disudut ruangan. Untuk mengatur pencahayaan anda bisa memasang tirai bambu pada jendela. Desain jendela ini berbentuk kotak dan cocok untuk dapur mini atau kecil untuk menciptakan kesan lebih lega.

 

Dapur minimalis jendela kaca yang banyak

 

by : @rumahimani

Dapur yang ideal identik dengan kehadiran jendela. Selain akan terasa lebih nyaman, sirkulasi uadara yang berjalan dengan baik juga menyehatkan jika dilengkapi dengan jendela. Sehingga anda tidak perlu menambahkan cooker hood. Inspirasi dapur ini didesain menyatu dengan ruang makan, sehingga akan membantu menghemat space ruangan. Cocok untuk anda terapkan di rumah minimalis tipe 36 dan juga 45.

 

 

Dapur minimalis dengan dekorasi tanaman yang menyejukkan

by : @aryhome_

Ukuran dapur yang kecil bukan menjadi suatu halangan bagi anda untuk mendesain dapur untuk tampil yang lebih cantik. Anda bisa memulai mendesain dapur berukuran 1x1,5 meter ini dengan menerapkan warna putih untuk menciptakan kesan ruangan yang luas. Kehadiran jendela geser juga menambah suasana dapur terasa lebih segar. Anda bisa meminimalisir dapur yang berukuran mini ini dengan mengaplikasikan kitchen set berbentuk linier. Beberapa dekorasi tanaman sirih gading juga menciptakan suasana asri pada dapur anda.


Nah itulah 7 cara mengatur sirkulasi udara pada dapur minimalis tipe 36 dan 45 yang bisa anda terapkan dirumah. Dari beberapa desain dapur diatas, manakah yang menjadi favorit anda? Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi salah satu referensi untuk mendesain dapur idaman milik anda. Selamat mencoba!

 

Penulis       : Hafsah
Editor         : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber



Categories in English