7 Pilihan Desain Atap Dapur Terbuka Beragam Ukuran Aman, Nyaman dan Murah!



Helloshabby.com -- Konsep dapur terbuka kini semakin digemari. Ini tak mengherankan, pasalnya dapur terbuka menawarkan pengalaman memasak yang lebih menyenangkan. Memasak di ruangan yang lebih terang, luas dan lapang pasti lebih nyaman, dibanding di dapur yang tertutup. Apalagi jika dapur bersebelahan langsung dengan taman hijau yang asri. Berlama-lama di dapur tak jadi soal. 

Dapur terbuka atau dapur outdoor biasanya dilengkapi dengan atap yang memadai. Atap ini berfungsi untuk menyalurkan cahaya dan membuat ruangan jadi lebih lapang. Ada beragam pilihan atap dapur terbuka yang bisa dipilih. Nah, sebagai inspirasi coba tengok ulasan 7 Pilihan Desain Atap Dapur Terbuka Beragam Ukuran Aman, Nyaman dan Murah! 



Atap Polikarbonat Transparan bikin Dapur Jadi Terang


cr:instagram/tytyarini

Dapur terbuka yang satu ini menggunakan model atap polikarbonat transparan. Sifatnya yang transparan akan menyalurkan 90 % cahaya matahari dan membuat dapur jadi hangat dan terang benderang. Atap ini biasanya berbentuk lembaran, sehingga kita bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan ukuran dapur. Tampilannya pun terkesan modern dan cocok dengan tampilan kitchen set abu-abu di atas. 



Atap Alderon Anti-UV bikin Dapur Lebih Sehat


cr:instagram/melyemilias

Dapur nuansa monokrom ini terkesan lebih tegas dengan atap alderon. Atap ini terbuat dari material UPVC yang kuat dan tahan lama. Atap alderon termasuk hemat energi dan dilengkapi perlindungan sinar UV, yang membuat ruangan jadi tidak panas. Atap alderon juga tidak terlalu bising saat hujan membasahi atap, sehingga tidak mengganggu. 

Atap alderon dibanderol dari harga Rp 55.000 - 479.000, tergantung kualitas dan ketebalan atap. 


Dapur dengan Kombinasi Atap Asbes dan Polikarbonat 


cr:instagram/srirustiani

Jika ingin biaya renovasi atap dapur tidak membengkak, Anda boleh mendesain atap kombinasi seperti di atas. Atap di area ruang makan bisa dipilh dari atap asbes yang cukup terjangkau harganya. Di area memasak sendiri dipasangi lembaran atap polikarbonat yang ukurannya sekitar 1 x 1.5 meter. Atap polikarbonat ini dapat memancarkan cahaya alami saat di siang hari, jadi Anda tak perlu menghidupkan lampu. Cukup praktis dan hemat, bukan?


Atap Polikarbonat Bening untuk Dapur Pink yang Manis


cr:instagram/diana_elvira10

Atap polikarbonat memang banyak dijadikan pilihan atap dapur terbuka. Dari segi harga atap transparan ini cukup terjangkau. Modelnya pun sangat beragam. Selain permukaan bergelombang, atap polikarbonat hadir dengan permukaan datar dan bening seperti pada gambar di atas. Teksturnya halus dan dengan intensitas cahaya maksimal yang menerangi dapur. Dapur pink jadi terang, tapi tidak terasa panas berlebih. 


Atap Fiber Transparan Cocok untuk Dapur Outdoor


cr:instagram/indanarfab

Atap fiber terbuat dari serat plastik (fiber) yang sangat kuat. Atap ini sangat cocok untuk desain dapur outdoor yang menyatu dengan ruang bersantai lainnya. Meski terbuat dari serat plastik, atap transparan ini tahan tergadap perubahan cuaca, meredam sinar UV dan awet. Harganya juga cukup terjangkau, dimulai dari harga Rp 55.000 -  Rp 500.00 per lembarnya*.

*tergantung beda model fibernya. 



Atap Kaca Tempered Bikin Dapur Tambah Menarik

cr:instagram/hauz.of.momo

Dapur dengan kesan industrial ini sangat pas dipasangi atap kaca tempered. Atap kaca tempered juga banyak dijadikan pilihan skylight yang menerangi dapur. Atap kaca tempered memiliki ketebalan 8 mm dengan rangka besi hollow 50 mm x 100 mm. Meski berbahan kaca, atap tempered glass ini sudah teruji keamanannya. Karena 3-5 kali lebih kuat dari kaca biasa dan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. 



Atap Twinlite Polikarbonat untuk Dapur Terbuka


cr:instagram/mamadiahdee

Dapur jadi terang benderang berkat atap twinlite polikarbonat warna opal/putih susu. Atap ini sudah dilapisi anti-UV sehingga aman untuk kesehatan. Atap ini juga tidak begitu panas, jika cuaca sedang terik-teriknya udara di bawahnya akan menjadi hangat. Berkat atap twilite ini dapur selalu terlihat terang dan lega. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Pilihan Desain Atap Dapur Terbuka Beragam Ukuran Aman, Nyaman dan Murah! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English