Tips dan Trik Mendesain Rumah Sederhana dengan Interior Nyaman dan Nggak Nguras Budget!



Helloshabby.com -- Konsep rumah tumbuh menjadi cukup populer belakangan ini. Rumah tumbuh yang dimaksud adalah rumah yang bisa dibangun bertahap sesuai dengan kebutuhan dan biaya pemiliknya. Seperti pada desain rumah di atas. Dari luar, pemilik sengaja mendesain tampilan fasad dengan sederhana tanpa finishing cat dekoratif apapun. Tapi, melihat ke dalam rumah kita akan menjumpai tampilan interior ruang yang terlihat istimewa dan tetap nyaman, meski tanpa banyak dekorasi yang menguras budget. 

Apabila Anda hendak membangun rumah berukuran kecil dengan tampilan sederhana, tak perlu berkecil hati dahulu. Ada beragam cara untuk membuat rumah sederhana jadi terlihat menarik dan tentunya nyaman, seperti pada hunian di bawah ini. Khusus untuk Anda, berikut Tips dan Trik Mendesain Rumah Sederhana dengan Interior Nyaman dan Nggak Nguras Budget!



Fasad rumah beton ekspos tanpa finishing 



Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rumah ini mengusung konsep tumbuh, dimana tampilan fasad dibiarkan tanpa finishing khusus. Cara ini tentu akan lebih menghemat biaya pembangunan rumah, sebab Anda tak perlu membeli cat dekoratif dan dekorasi eksterior lainnya. Dari luar memang tampak sederhana, tapi jika biaya pembangunan lanjutan sudah terkumpul Anda bisa mempercantik tampilan fasad dengan dekorasi eksterior sesuai selera Anda, seperti melakukan pengecatan, membuat teras atau membangun taman depan rumah. 

Dari segi fungsional, fasad ini dilengkapi dengan atap kanopi untuk membuat area depan rumah lebih teduh dan tidak mudah kemasukan air hujan. Anda bisa memilih opsi kanopi baja ringan yang memiliki harga terjangkau dan terbilang awet. 


Kontras interior dan eksterior rumah yang luar biasa



Meski dari luar terlihat sederhana, masuk ke dalam rumah Anda akan menjumpai ruang tamu dengan nuansa biru navy yang terlihat elegan dan menarik. Nuansa warna biru pada dinding dan sofa memberikan kontras yang nyata diantara suasana di dalam dan di luar rumah.

Ruangan ini setidaknya berukuran 2 x 2.5 meter. Anda bisa menata satu set sofa biru dengan penataan seperti di atas. Dengan begitu, akses keluar masuk ke dalam rumah tetap bisa dilewati. Letakkan bunga hias di sudut ruangan untuk mempercantik tampilan ruang tamu. 


Usahakan ruangan sederhana tetap rapi dan anti lembap


Kamar atau ruang yang lembap dan tertutup kurang baik bagi kesehatan. Untuk itu, sebisa mungkin saat mendesain ruangan selalu sediakan jendela kamar. Jendela sebagai sirkulasi udara dan cahaya yang akan membuat kamar tetap kering dan anti lembap. Kita bisa menambahkan tirai jendela untuk meminimalisir panas matahari yang masuk ke dalam kamar. 

Kamar ini sendiri didesain secara simpel. Wallpaper sulur sebagai dekorasi dinding utama yang menyemarakkan suasana di kamar. Tapi, ruangan ini juga dilengkapi dengan kasur lantai tiga lipatan yang digunakan untuk memaksimalkan kenyamanan. 


Pilih dekorasi terjangkau yang disukai anak-anak



Ada saatnya buah hati akan memiliki kamarnya sendiri. Kita juga bisa 'ikut' membantu menyediakan dekorasi kamar anak yang mereka sukai. Misalnya, memilihkan seprai dengan motif TAYO kesukaan anak. Banyak seprai motif yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Percantik juga dinding dengan memajang foto galeri mereka. 



Kitchen set minimalis dan bisa dibuat sendiri


Kita tak perlu kitchen set serba mahal untuk membuat dapur yang fungsional. Kita bisa memaksimalkan furnitur yang ada sebagai bagian dari furnitur dapur. Misalnya, memanfaatkan meja biasa sebagai meja dapur. Tambahkan gorden meja bermotif floral biru dan merah jambu untuk mempermanis tampilan dapur ini. Tak ada salahnya untuk memajang dekorasi seperti bingkai lukis tanaman Monstera di dapur. Dapur jadi makin capek. 


Pastikan kamar mandi selalu bersih



Kebersihan adalah hal yang sangat menentukan kenyamanan di kamar mandi. Untuk itu, meskipun berukuran kecil antara 1 x 2 meter, selalu usahakan kamar mandi bersih dan tetap wangi. Anda bisa memilih model keramik lantai bertektur kasar supaya lantai anti selip. Pilih juga keramik dinding dengan motif bunga-bunga untuk menyemarakkan tampilan kamar mandi.
 

Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah Sederhana dengan Interior Nyaman dan Nggak Nguras Budget! sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : ©nurul farizi31


Categories in English