7 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang


Helloshabby.com -- Ruang tamu dengan ukuran sempit dan memanjang, bukanlah menjadi suatu kendala untuk menghadirkan ruang tamu yang nyaman dan menarik dipandang mata. Ada beragam cara untuk menata ruang tamu sempit dan memanjang. Anda pun bisa menghias ruang tamu mungil dengan dekorasi yang menarik. Dengan begitu, keterbatasan ruang tidak menjadi suatu hambatan untuk membuat tamu atau siapapun yang berkunjung menjadi betah dan mengagumi desain ruang tamu sempit memanjang milik Anda. 

Sebagai inspirasi penataan ruang tamu yang mungil dan memanjang, kami hadirkan ulasan 7 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang. Semoga bermanfaat!



1. Penataan furnitur merapat ke dinding 

cr:instagram/griyaaten

Ruang tamu sempit memanjang haruslah diisi dengan furnitur yang tepat, supaya ruangan tidak terasa makin kecil dan pengap. Anda bisa memilih sofa panjang berwarna krem dan satu pasang kursi kayu serta meja kayu etnik. Beragam furnitur tersebut bisa diposisikan merapat ke sisi dinding, sehingga space di area tengah terlihat longgar. Anda bisa memodifikasi lantai dengan memasang keramik atau stiker lantai berpola vintage yang tampak serasi dengan model furnitur yang dipilih. 


2. Tampilan yang cerah untuk ruang tamu sempit memanjang 

cr:instagram/rumah_assyifaa

Ruang tamu sempit memanjang jangan sampai membatasi kreatifitas Anda dalam mendekorasi ruangan. Anda bisa melapisi dinding dengan wallpaper krem dengan sulur berwarna pastel. Pilih juga desain sofa leather berwarna oranye yang mencerahkan visualisasi ruang tamu. Karena ruangan ini cukup panjang, penataan sofa bisa disejajarkan mengikuti dimensi ruangan. Desain coffee table baiknya juga dipilih berbentuk ramping dan stylish seperti di atas, sehingga tidak tampak memenuhi ruangan. 



3. Penataan ruang tamu sempit memanjang dengan pintu samping 

cr:instagram/rumahpiosagi

Bila model pintu utama terletak di samping ruangan, letakkan sofa dan furnitur lainnya tidak sejajar dengan letak pintu utama. Pintu bisa dijadikan pembatas visual sebagai patokan untuk menata furnitur.  Dengan begitu, akses keluar masuk dari pintu menuju ke dalam ruangan tidak terhalangi oleh adanya furnitur.

Apabila tak memungkinkan memasang jendela di samping pintu, alternatif pemasangan jendela bisa diletakkan di atas pintu. Jendela kaca yang cukup besar dapat membuat ruangan jadi lebih cerah dan terasa lebih lapang. 


4. Penataan ruang tamu sempit memanjang dengan pintu tengah 

cr:instagram/hastin_arifse

Model pintu tengah dua daun pintu cukup pas untuk rumah yang sempit memanjang. Dua daun pintu bisa dibuka dengan lebar, bila ingin ruangan terlihat terang dan lebih lapang. Penataan furnitur bisa disesuaikan dengan selera, tak masalah mengahdirkan sofa letter L berwarna hijau dan dekorasi dalam nuansa warna hijau lainnya. Pastikan saja, penataan furnitur ruang tamu masih menyisakan space sebagai akses keluar masuk menuju atau dari pintu utama. 



5. Penggunaan Plafon yang Tinggi 

cr:instagram/rumahkenzie628

Memasang plafon atau langit-langit yang cukup tinggi ternyata juga bisa memberikan efek ruangan yang lebih luas dan lapang. Anda bisa memilih model plafon drop ceiling yang dipasang mengikuti dimensi ruang tamu. Plafon ini juga dilengkapi dengan hidden lamp berwarna neon blue yang menghadirkan atmosfir hangat dan unik ketika di malam hari. 



6. Penataan ruang tamu memanjang tanpa sekat 

cr:instagram/amalyahode

Rumah tanpa sekat umumnya memiliki desain ruang tamu memanjang dan menyatu dengan ruangan lainnya. Ini tak jadi soal, justru ruang tamu tanpa sekat akan nampak lebih luas dan lapang, meskipun sebenarnya space ruang tamu dibuat sempit.

Anda bisa mendesain ruang tamu dengan tampilan sederhana dengan sofa single dan sebuah TV set. Bantalan dengan tema tropikal akan memberikan kenyamaan saat tamu atau Anda duduk di sofa. Tak hanya itu, untuk menambahkan kesegaran dekorasi tanaman hias bisa diletakkan di sepanjang ruangan tanpa sekat. 



7. Ruang tamu memanjang dengan dua buah sofa 

cr:instagram/rumahctm217

Ruang tamu ini berukuran 2.5 x 7 M. Desainnya yang memanjang, membuat pemilik dapat meletakkan dua buah sofa sebagai sofa ruang tamu dan ruang TV. Sebagai pembatas ruangan digunakan rak susun di antara kedua sofa tersebut. Penataan ini cukup efisien bila tamu cukup banyak, sebagian tamu bisa duduk di sofa di depan TV. 

Desain ruangan di atas menggunakan base warna putih pada dinding dan lantai untuk membuat ruangan terlihat bersih dan juga lapang. Warna putih pun membuat pemilik bisa lebih bebas berkresi mendekorasi ruangan di atas. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Baca juga :

7 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang

Helloshabby.com -- Ruang tamu dengan ukuran sempit dan memanjang, bukanlah menjadi suatu kendala untuk menghadirkan ruang tamu yang nyaman dan menarik dipandang mata. Ada beragam cara untuk menata ruang tamu sempit dan memanjang. Anda pun bisa menghias ruang tamu mungil dengan dekorasi yang menarik....



6 Model Ruang Tamu Khusus Untuk Rumah Type 36 yang Menawan dan Tak Mahal

 Helloshabby.com - Hello bunda, selamat datang kembali di Helloshabby.com, seperti biasanya Helloshabby.com akan selalu memberikan inspirasi juga tips dan trik menarik untuk hunian anda, berbicara soal interior rumah memiliki desain yang cantik, simpel namun mampu membuat siapapun yang melihatnya...



Desain Ruang Tamu Mungil Dengan Sentuhan Warna Pink Pastel

  Helloshabby.com -- Bagi anda pecinta warna pink memiliki desain rumah dengan sentuhan warna muda yang akan kita bahas kali ini bisa anda jadikan referensi. Penggunaan warna pink atau merah muda merupakan warna yang dapat memberikan suasana yang menyenangkan dan juga memberikan kesan cerah...


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber


Categories in English