Ide Jitu Memanfaatkan Halaman Rumah: Bisa Berjemur, Bersantai sampai Bermain


Helloshabby.com -- Halaman rumah yang dimanfaatkan sebagai taman hijau mungkin terdengar biasa saja. Tapi pernahkah Anda mendengar halaman rumah multifungsi? Halaman ini bukan hanya berfungsi sebagai taman hijau saja, tapi juga bisa digunakan untuk akitivitas lain. Anda bisa menjadikannya sebagai ruang bersantai sekaligus ruang berjemur atau menjemur pakaian, sampai ruang bermain anak. 

Jangan khawatir dulu halaman atau taman multifungsi ini bisa kok dibuat di lahan yang mungil atau terbatas. Anda tinggal memperhatikan tata letak furnitur dengan baik. Jika bingung boleh juga mencontoh ulasan Ide Jitu Memanfaatkan Halaman Rumah: Bisa Berjemur, Bersantai sampai Bermain.



Halaman sebagai Dapur, Teras Santai dan Tempat Berjemur 

cr:instagram/aliayasmin_26

Ruang semi outdoor memang asyik untuk beragam aktivitas. Bila memiliki lahan yang memadai , Anda bisa mendesainnya seperti pada halaman rumah di atas. Di halaman ini terdapat dapur terbuka minimalis, taman teras untuk bersantai dan merawat tanaman kesayangan. Masih terdapat terbuka yang bisa digunakan untuk tempat menjemur pakaian. Area ini langsung disinari matahari jadi sangat pas untuk mengeringkan pakaian secara alami. 


Ide Halaman Belakang sebagai Kolam Renang Minimalis 

cr:instagram/omahgedeh

Kolam renang wajib dihadirkan bagi keluarga yang hobi berenang. Halaman di belakang rumah yang lega bisa disulap jadi kolam renang minimalis nan segar. Kolam renang didekorasi dengan kaktus-kaktus yang tumbuh tinggi menjulang di sudut halaman. Selain itu, masih terdapat teras yang bisa digunakan sebagai ruang bersantai sehabis berenang. Panasnya musim kemarau akan sedikit teratasi dengan adanya kolam renang di halaman rumah. 


Taman Belakang sekaligus sebagai Ruang Makan Outdoor

cr:instagram/rinamomahbelajar75

Bosan dengan ruang makan di dalam ruangan? Coba hadirkan pengalaman berbeda dengan membuat ruang makan outdoor dekat taman belakang. Anda bisa menggotong kursi dan meja makan yang mudah dipindah ke area taman. Desain ini sangat pas untuk Anda yang ingin berpiknik tanpa keluar rumah. Makan sambil ditemani hijaunya dedaunan dan udara yang segar pastinya lebih terasa menyenangkan. 



Ruang Laundry, Ruang Gym, dan Ruang Santai 

cr:instagram/adeirma.lov

Halaman samping yang kecil bisa dijadikan 3 fungsi dalam area yang sama. Bagian teras bisa dimanfaatkan untuk meletakkan mesin cuci dan treadmill untuk berolahraga di rumah. Space terbuka bisa dilapisi dengan karpet rumpuk halus untuk memberikan nuansa segar. Di atasnya bisa diletakkan bangku kayu dan beberapa dekorasi untuk digunakan sebagai ruang bersantai. Bagian atap baiknya menggunakan atap transparan supaya menyalurkan cahaya matahari yang terang dan menyehatkan. 



Halaman sebagai Ruang Makan dan Tempat Bermain Musik 

cr:instagram/widhyie

Bagi keluarga yang hobi bermusik, desain halaman multifungsi ini bisa diterapkan di rumah Anda. Halaman terbuka bisa dimanfaatkan sebagai ruang makan dan ruang bermain musik. Anda hanya tinggal meletakkan satu set alat musik yang dimiliki. Penataan ini sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Sambil menikmati makanan, keluarga lain bisa menyalurkan hobi bermusik dan bernyanyi-nya. Cukup asik layaknya di kafe modern. 


Taman Terbuka juga sebagai Ruang Bermain Anak 

cr:instagram/windhadj

Jangan lupa, hadirkan juga ruang terbuka yang ramah anak. Anda bisa mendesain halaman sebagai taman hijau yang ramah anak. Area lantai bisa dilapisi karpet atau rumput artifisial yang lembut. Lantai hijau ini bisa juga digunakan untuk tempat bermain anak, misalnya bermain mobil-mobilan. Di sisi-sisi taman bisa diletakkan tanaman yang mudah ditemui, seperti aglonema, palem hias dan sansviera. 


Terimakasih telah menyimak artikel Ide Jitu Memanfaatkan Halaman Rumah: Bisa Berjemur, Bersantai sampai Bermain sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English