7 Model Tiang Rumah Minimalis yang Cocok dengan Model Sekarang


Helloshabby.com -- Keberadaan tiang dalam kontruksi rumah memiliki peranan yang penting. Ia berfungsi sebagai penahan beban dari bangunan terutama bagian atap. Untuk itu, desain dan bentuk tiang haruslah diperhatikan dengan detail agar kuat dan mampu menopang beban dengan maksimal dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. 

Model tiang pun ada baiknya dipilih dalam desain yang serasi dengan konsep hunian. Untuk rumah minimalis, ada juga beberapa model tiang yang sangat pas untuk diterapkan. Bila Anda memerlukan inspirasi model tiang atau ide supaya tiang di rumah tampak lebih estetik, yuk simak 7 Model Tiang Rumah Minimalis yang Cocok dengan Model Sekarang.



Lebih Eksotis dengan Tiang Batu Alam 

cr:instagram/bilik.queena

Batu alam identik dengan kesan natural dan kokoh. Tiang batu alam dapat diaplikasikan pada bagian teras untuk  menambah kesan fasad yang lebih adem. Anda bisa memilih model batu alam candi yang memiliki permukaan hitam seperti di atas. Warna hitam maskulin akan menghasilkan tampilan muka bangunan yang terlihat eksotis. 



Rumah Minimalis Klasik dengan Tiang Marmer 

cr:instagram/dhivadewi

Rumah klasik memang identik dengan penggunaan tiang rumah yang besar seperti ini. Ini dimaksudkan supaya rumah terlihat megah dan kokoh. Tiang rumah klasik biasanya menggunakan marmer atau material dengan permukaan seperti marmer. Tiang diberi finishing hijau pekat dan hijau terang agar menjadi aksen warna di dalam rumah. Tiang marmer ini memiliki bentuk yang lebih sederhana, sehingga tetap cocok untuk rumah modern klasik yang lebih kekinian. 


Tiang Kembar Di Teras Rumah Minimalis 

cr:instagram/fahrina83

Bentuk teras yang menjorok ke depan biasanya memang memerlukan tiang sebagai penopang kontruksi atap. Modelnya pun dibuat ganda atau kembar agar menopang atap dengan sempurna. Alih-alih berbentuk kotak biasa, pemilik memilih desain tiang dengan bentuk hollow (berongga) seperti di atas. Dengan begitu, rumah makin terlihat elegan. 


Tiang Minimalis untuk Rumah Minimalis 

cr:instagram/bety_lestari15

Satu lagi bentuk hunian dengan teras menjorok yang dilengkapi tiang. Model tiang memiliki bentuk sederhana dan ramping, cocok untuk hunian tipe 36,45 dan sebagainya. Tiang ramping ini menopang bagian atap teras yang dilengkapi plafon PVC kayu. Bagian bawahnya dibuat berundak supaya memberikan tampilan teras penyambutan yang lebih menarik. 


Model Tiang Semen Cor pada Ruang Tamu Minimalis 

cr:instagram/ianria_home

Tiang tidak hanya dibangun pada area teras saja. Ada beberapa tiang yang memang berada di dalam rumah. Tiang bisa dibuat dari material semen dan bata yang kuat. Anda bisa memberikan finishing menarik pada tiang di dalam rumah. Misalnya, melapisi permukaanya dengan keramik atau warna cat biru yang sama dengan warna dinding. Boleh juga menambahkan dekorasi bunga cantik pada tiang tersebut.


Tiang Kayu untuk Rumah Tradisional-Modern

cr:instagram/mybrick.house

Memiliki rumah berkonsep tradisional di tengah kota bisa menjadi kesenangan tersendiri. Rumah tradisional biasanya identik dengan penggunaan tiang kayu di area teras dan interior rumah. Jenis kayu yang digunakan tentu berkualitas seperti kayu jati yang mampu menopang bagian atap dengan kuat. Tiang kayu ini tentu melengkapi bangunan rumah yang didomninasi material kayu. 



Model Finishing Tiang Rumah Minimalis 

cr: rumahnyadpram

Model tiang rumah yang tampak serasi dengan konsep hunian pasti akan terlihat lebih menarik. Untuk itu, perhatikan detail finishing pada tiang rumah Anda. Anda bisa mengecat tiang dengan warna yang senada pada beberapa bagian fasad. Kombinasi warna cokelat dengan dinding eksterior putih membuat rumah jadi lebih estetik dan harmonis. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Model Tiang Rumah Minimalis yang Cocok dengan Model Sekarang sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English