10 Inspirasi Dekorasi Rumah Subsidi Tipe 30 yang Terjangkau tapi Nggak Murahan


Helloshabby.com -- Rumah subsidi adalah salah satu solusi bagi kita yang ingin memiliki rumah, meski dengan penghasilan yang tidak besar. Biasanya rumah subsidi dibuat dalam tipe-tipe minimalis, antara tipe 30, 36 atau 45. Meski terbilang kecil, tapi rumah subsidi cukup pas untuk dijadikan hunian keluarga, terutama pasutri muda atau keluarga kecil. 

Rumah subsidi nyatanya juga bisa disulap jadi sebuah hunian yang nyaman dan cantik. Anda tinggal memilih isian dan dekorasi yang pas untuk rumah subsidi yang dipilih. Tak perlu mahal, dengan penataan sederhana rumah subsidi akan tampil lebih maksimal.  

Khusus bagi Anda yang mencari inspirasi desain dan interior rumah subsidi tipe 30, kami hadirkan ulasan 10 Inspirasi Dekorasi Rumah Subsidi Tipe 30 yang Terjangkau tapi Nggak Murahan.


Dekorasi Fasad Rumah Tipe 30

kotabaru.arjasari


Umumnya, rumah subsidi memiliki desain fasad yang serupa dengan tetangga kanan dan kiri. Ini tak jadi soal, Anda bisa membuatnya tampak berbeda dengan sedikit perubahan. Misalnya, dengan mengganti cat eksterior dengan warna favorit Anda. Anda pun bisa bereksperimen dengan mengganti model taman di depan teras. Taman bisa dipercantik dengan beragam tanaman berbunga yang indah dan menawan. 


Inspirasi Teras Rumah Subsidi Tipe 36

kotabaru.arjasari

Disadari desain rumah subsidi tipe 30/60 ini merupakan rumah contoh, bagi Anda yang berminat memiliki hunian seperti ini. Desain teras pada rumah KPR atau rumah subsidi memang terbilang kecil, tapi Anda masih bisa memanfaatkannya sebagai ruang santai minimalis di luar rumah. Tinggal letakkan saja sepasang kursi dan meja kecil di area teras. 


Desain Ruang Tamu sekaligus Ruang Keluarga 

delavalent

Karena ukuran lahan yang terbatas, tak masalah mendesain ruang tamu juga sebagai ruang keluarga. Anda bisa meletakkan satu sofa dan kursi stool di area ini. Area dinding juga dimanfaatkan untuk memasang televisi sebagai hiburan keluarga di rumah. Masih terdapat space yang cukup antara sofa, meja dan TV untuk ruang berjalan dari pintu utama ke area lainnya. 



Desain Ruang Makan Mungil dengan Dekorasi Kaca 

kotabaru.arjasari

Setelah ruang tamu, ruang makan mungil akan dijumpai di area yang sama. Ruang makan ini cukup sederhana dengan meja dan kursi makan sederhana. Desainnya pun ramping sehingga tidak terkesan berat. Area dinding didekorasi dengan ornamen kaca hias besar. Kaca atau cermin ini berfungsi untuk menambahkan ilusi ruang, supaya tampak lebih luas dan lapang. 


Desain Dapur Mungil Terjangkau dan Tetap Classy

kotabaru.arjasari

Dapur ini memang berukuran sangat kecil. Anda bisa memanfaatkan sisi bidang lainnya untuk memasang kompor. Model kabinet sendiri dibuat model permanen. Bidang kosong di bawah meja dapur bisa ditutup dengan tirai cantik, agar tampak lebih rapi. Gunakan juga model tirai jendela yang serupa agar dapur tampak lebih tematik. 


Dekorasi Kamar Tidur dekat Jendela

kotabaru.arjasari

Pada rumah tipe 30, ukuran kamar tidur utama memang tidak bisa dikatakan besar. Tapi, Anda tetap bisa mendekorasinya jadi nyaman dan lapang. Opsi lantai vinil bisa dipilih bila dinding dibiarkan putih. Lantai ini akan memberikan atmosfir yang lebih segar dan hangat. Berikan cermin tinggi untuk menambah efek ruang yang lega. Pilih juga model tirai yang hampir serupa dengan seprai untuk memberi kesatuan visual. 


Dekorasi Kamar Tidur Anak 

delavalent

Ajarkan juga pada si anak seni mendekorasi kamar mereka. Anda bisa membuat dekorasi kamar yang tampak senada. Misalnya, pemilihan motif seprai dan wall decor yang sama-sama mengusung gambar kartun animal. Pilihan base kamar anak juga dibuat sama dengan master bedroom, yaitu dengan tampilan putih dan coklat untuk kesan kamar yang lebih cozy.


Akses Cahaya Alami yang Memadai 

delavalent

Meski terbilang minimalis dan sederhana, baiknya sebuah kamar selalu dilengkapi dengan jendela. Jendela akan sangat membantu penerangan dan sirkulasi udara di dalam kamar. Dengan pencahayaan yang memadai, dekorasi dengan harga terjangkau pun akan makin terlihat menarik tapi tidak terlihat murahan. 


Desain Halaman Belakang 

delavalent

Rumah ini memang termasuk dalam rumah contoh. Desain halaman belakang juga masih dibuat terbuka. Namun, desainnya sudah cukup apik dengan batuan koral yang menutupi tanah. Anda tinggal meletakkan sepasang kursi dan meja untuk menjadikannya tempat mengobrol outdoor. Tambahkan pagar bila dirasa perlu untuk menambah privasi. 



Itulah 10 Inspirasi Dekorasi Rumah Subsidi Tipe 30 yang Terjangkau tapi Nggak Murahan. Desain rumah memang mungil dan sederhana, tapi sudah cukup pas untuk hunian keluarga kecil. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/delavalent dan instagram/kotabaru.arjasari

Categories in English