Desain Rumah Minimalis 8x8 Meter dengan 2 Kamar Tidur, Lengkap dengan RAB


Helloshabby.com -- Punya lahan terbatas? Tenang saja, Anda masih bisa memiliki rumah impian masa kini,  meski dalam ukuran yang tidak besar. Salah satunya, desain rumah berukuran 8x8 Meter ini. Rumah ini dikonsep dengan model minimalis dengan anggaran seminimal mungkin. Meski mungil, hunian tetap terlihat trendi dan kekinian. Desain interior pun dibuat selapang dan senyaman mungkin, supaya penghuni tidak merasa sumpek dan pengap. 

Lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan Desain Rumah Minimalis 8x8 Meter dengan 2 Kamar Tidur, Lengkap dengan RAB.


Desain Fasad Rumah Minimalis Trendi 

DSInterior

Desain rumah ini hendak dibangun dalam ukuran 8x8 M di atas lahan 8 x 12 Meter. Bentuk fasad memainkan bentuk horizontal dan vertikal sederhana untuk membuat tampak depan terlihat kekinian. Permainan bentuk maju-mundur juga diberikan pada bentuk fasad untuk memberi kedinamisan bentuk bangunan rumah. 

Tampak Atas Rumah Minimalis 8x8 M 


Begini kiranya penampakan dari atas. Terdapat space yang cukup untuk mendesain sebuah taman hijau. Pagar pembatas taman sengaja didesain dalam bentuk roster untuk menambah sirkulasi udara segar di area taman. Selain itu, finishing rumah memiliki warna netral agar rumah terlihat lebih cerah. 


Struktur Atap Rumah 

DSInterior

Struktur atap menggunakan model atap datar. Atap ini ditopang oleh rangka hollow. Pemilihan genteng menggunakan galvalum bergelombang untuk menghemat biaya pembangunan atap. 



Desain Foyer Rumah 


Masuk ke dalam rumah Anda akan menjumpai area foyer. Foyer dibuat sederhana dengan meja untuk memajang dekorasi ruangan. Sebagian dinding dipercantik dengan stiker untuk mempercantik tampilan ruangan. Desain hunian ini direncanakan dibangun menggunakan dinding hebel dengan partisi-partisi.
 

Desain Ruang Tamu Minimalis Modern 


Desain ruang tamu dibuat selapang dan senyaman mungkin. Sofa diletakkan dalam susunan leter L supaya ruangan terkesan luas dan lega. Sebagian dinding dikonsep dalam model gawangan untuk memberikan visual ruang yang ekslusif. Background gawangan ini memiliki permukaan bertekstur, membuat ruang lebih berdimensi. 



Desain Ruang Bersama Tanpa Sekat 

DSInterior

Ada beberapa ruang yang dibuat tanpa sekat, yaitu ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Penataan setiap ruang dibuat minimalis dan sederhana, supaya tidak terlihat berantakan. Masih terdapat jarak yang cukup antar satu space dengan space lainnya, sehingga ruang gerak tidak ikut terbatasi. 


Desain Kamar Tidur Anak 


Desain kamar tidur anak dilengkapi dengan ranjang kostum. Ranjang memiliki area bawah yang bisa dimanfaatkan sebagai tambahan kasur atau tempat penyimpanan. Diletakkan pula kabinet dan meja belajar tempel yang terlihat compact dan hemat tempat.  

Desain Dapur Kering yang Cantik 

DSInterior

Dapur kering sangat tepat diletakkan dekat ruang bersama. Dapur kering hanya dilengkapi meja kecil dengan wastafel. Fungsinya sebagai tempat untuk menyeduh kopi atau meletakkan masakan matang. Desain dapur dipercantik dengan rak built-in untuk memajang dekorasi hias. 


Desain Dapur Kotor Konsep Terbuka 


Dapur kotor sebagai tempat untuk memasak masakan berat diposisikan di ruang terbuka. Modelnya dibuat sebaris untuk memaksimalkan space yang ada. Kitchen set dilengkapi backsplash motif untuk memperkaya tampilan dapur. Dapur kotor juga menyatu dengan ruang cuci untuk efisiensi ruangan. 


Desain Tampang Samping Rumah 

DSInterior

Desain rumah ini dibangun di lahan ukuran 8x12 Meter. Bentuk bangunan sendiri berukuran 8x8 M, sehingga masih terdapat lahan untuk taman samping. Tanaman hijau dibatasi dengan pagar putih mungil untuk membuat taman terlihat lebih rapi dan asri. 


Denah Rumah 8x8 Meter 


Denah rumah ini memiliki area carport berukuran 3 x 4.85 M, ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan ruang makan berukuran 5 x 8.35 M, kamar tidur utama berukuran 3 x 2.6 M, kamar tidur anak berukuran 3 x 2.6 M, dan halaman dapur dan laundry room berukuran 8 x 1.5 Meter. 


Perencaan Anggaran Biaya 

DSInterior

Berikut ini merupakan RAB dari desain rumah minimalis 8x8 Meter ini.  Disadari RAB ini tidak sepenuhnya sesuai dengan lapangan, karena dibuat di tahun 2019 dengan patokan biaya dari area Jawa Tengah. Tapi, Anda bisa menjadikannya sebagai gambaran untuk memiliki model rumah seperti ini. 


RAB Luas Bangunan dan Harga Borongan 


Rencana biaya ini merupakan perhitungan biaya pembangunan mandiri tanpa jasa kontraktor. Otomatis biaya pengadaan bahan bangunan dan segala macamnya diusahakan sendiri. Rancangan biaya per-meternya dihitung dari patokan biaya dari area Jawa Tengah di tahun 2019. Sehingga, tiap daerah bisa berbeda satu sama lain RAB-nya. 




Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Minimalis 8x8 Meter dengan 2 Kamar Tidur, Lengkap dengan RAB sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : youtube/DSInterior

Categories in English