Desain dan Denah Rumah Minimalis 5x11.2 M: Gak Perlu Luas yang Penting Pas!

    
Helloshabby.com -- Kelebihan dari rumah berkonsep minimalis adalah mudah dan praktisnya membangun hunian impian. Ini karena rumah minimalis bisa dibangun dalam lahan yang kecil sekalipun. Tipe rumah pun bisa didesain dengan tipe-tipe mungil, seperti 36, 40 atau 56. Dengan begitu, Anda bisa membangun rumah impian dengan biaya yang lebih hemat. 

Nah khusus untuk Anda, kami hadirkan ulasan Inspirasi Rumah Minimalis 5x11.2 M: Pas dan Nggak Nguras Kantong! Kepoin Denahnya! Rumah minimalis ini terlihat sangat cozy dengan penataan minimalis yang hemat kantong. Psst . . . Kepoin juga denahnya di halaman paling akhir!



Fasad  Rumah: Lebih Elegan dengan Batu Alam 

instagram/irma_styana

Meski berukuran minimalis, jangan biarkan tampak muka rumah terlihat biasa-biasa saja. Anda bisa memberikan sentuhan batu alam di area fasad. Batu alam memiliki permukaan dengan corak yang sangat menarik. Warnanya pun dipilih dalam warna terang yang akan membuat rumah jadi lebih cerah. Bila dirasa batu alam terlalu mahal, Anda bisa memilih model keramik atau material lainnya yang memiliki permukaan layaknya batu alam seperti di atas. 


Fasad Rumah: Lebih Eksotis dengan Lampu Sorot 


Pencahayaan rumah di malam hari juga harus dipertimbangkan. Batu alam yang terpasang indah di fasad rumah bisa di-highlight menggunakan lampu eksterior. Anda bisa memilih model lampu sorot atas dan bawah yang dipasang di dinding batu alam. Lampu sorot ini memberikan efek tampilan yang eksotis dan lebih dramatis. 



Ruang Tamu Minimalis: Rapi dan Terang 

instagram/irma_styana

Rapi dan terang. Penataan ruang tamu dibuat sederhana dengan sebuah sofa, meja dan kursi stool minimalis. Ruang ini juga dimanfaatkan sebagai ruang TV keluarga dengan memasang kabinet TV yang rapi. Meski minimalis, pemilik memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah. Untuk itu, selain jendela, turut dipasang juga jendela kaca mati tepat di atas pintu utama. Kaca ini berfungsi menyalurkan panas dan cahaya matahari. Sehingga, interior rumah selalu cerah dan kering. 



Lebih Lapang dengan Pintu Kaca Geser


Rumah ini memiliki tipe 40/56. Masih terdapat space yang cukup untuk taman atau ruang cuci jemur di rumah. Area tersebut dibuat lebih terbuka. Antara ruang terbuka dan ruangan dipisahkan oleh pintu kaca geser. Model geser selain praktis saat dibuka juga lebih hemat tempat. Pintu kaca juga membantu jarak pandang, sehingga ruangan terasa lebih lapang. 


Desain Ruang Cuci Jemur Di Dalam Rumah 

instagram/irma_styana

Tempat cuci jemur dibuat lebih segar dengan penataan ala taman. Di area ini dipasang rumput sintetis dengan hamparan batu koral di sampingnya. Dinding yang kosong dimanfaatkan untuk memasang rak heksagonal tanaman dan rak ambalan tempat mencuci. Dengan penataan yang segar, mencuci pun jadi kegiatan yang lebih menyenangkan. 


Desain Ruang Makan Minimalis nan Estetik 


Lahan yang terbatas tidak dijadikan halangan untuk memiliki ruang makan. Anda bisa membuat ruang makan mungil seperti di atas. Model kursi dan meja makan yang sederhana dibuat merapat ke dinding untuk penghematan tempat. Daripada bingung menaruh magic com, letakkan saja di rak susun minimalis di samping meja makan. Semarakkan dengan memasang wall decor cantik yang meningkatkan nafsu makan. 



Desain Kamar Tidur Minimalis 

instagram/irma_styana

Kamar dengan ukuran terbatas terlihat sangat pas desain tampilan ala Scandinavian seperti di atas. Pilihan warna dinding dan lantai menggunakan warna netral yang cenderung terang. Pilihan bedsheet menggunakan warna putih dan coklat yang khas ala Scandinavian. Bila memerlukan tempat rias, buat saja meja melayang dengan cermin besar di sebelah matras tidur. Pilih kursi stool kecil untuk tempat berdandan Anda. 


Desain Dapur Sederhana tapi Cantik 


Memasak nyaman nggak harus dilakukan di dapur besar. Bahkan dapur kecil pun bisa jadi tempat memasak yang cozy. Anda bisa memilih model meja dapur cor dilapisi keramik cokelat terang seperti di atas. Bentuknya dalam leter L yang dilengkapi kabinet kecil di bawah meja. Kabinet atas dan bawah bisa dibuat untuk menyimpan perabotan dapur. Pilih desain wastafel bundar untuk membuat dapur jadi lebih kekinian. 


Kamar Mandi Praktis dan Nyaman 

instagram/irma_styana

Warna cokelat alami dan keramik putih akan membuat nuansa kamar mandi jadi lebih bersih dan natural. Ukuran yang terbatas disiasati dengan mengganti bak air permanen dengan shower. Anda tinggal memasang rak susun tempel untuk penyimpanan peralatan mandi. Boleh juga meletakkan tanaman hias untuk mempercantik tampilan. 


Denah Rumah Minimalis Tipe 40/56


Rumah ini memiliki tipe 40/56 dengan ukuran 5 x 11.2 Meter. Area rumah terbagi menjadi carport berukuran 2.5 x 4.45 M, teras berukuran 2.5 x 2.2 M, ruang tamu berukuran 2.5 x 4 M, kamar tidur 1 berukuran 2.5 x 3.25 M, kamar mandi berukuran 1.2 x 1.2 M, kamar tidur dua 2.5 x 2.5 M, dapur berukuran 2.5 x 2.8 M, dan taman belakang berukuran 5 x 1 M. 


Terimakasih telah menyimak artikel Inspirasi Rumah Minimalis 5x11.2 M: Pas dan Nggak Nguras Kantong! Kepoin Denahnya!  sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni

Editor    : Munawaroh

Sumber : instagram/irma_styana

Categories in English