Skandinavia Minimalis; Tren Desain Rumah Terbaik Tahun Ini


Helloshabby.com -- Tauhkah Anda menerapkan suatu konsep hunian tertentu akan membuat rumah terlihat semakin menarik. Salah satu tren desain rumah terbaik, yang tak boleh dilewatkan adalah desain Skandinavia Minimalis. Tren ini menekankan gaya natural pada interior modern. Desain yang menekanan fungsional tanpa menyampingkan estetika hunian. 

Tren Skandinavia minimalis juga sangat cocok diterapkan pada rumah-rumah berukuran kecil. Desainnya akan membuat rumah tampak elegan, lapang dan pastinya nyaman. Sebagai referensi untuk Anda, inilah ulasan Skandinavia Minimalis; Tren Desain Rumah Terbaik Tahun Ini. Semoga menambah inspirasi untuk menata hunian Anda. 


Pilihan Warna Netral yang Terang nan Elegan 

littlehousedevelopment

Ciri khas rumah Skandinavia minimalis dapat dilihat dari pilihan warna dominannya. Anda bisa mencoba untuk memilih finishing eksterior dengan warna netral nan terang, misalnya warna krem muda. Warna ini sangat pas disandingkan dengan elemen kayu natural, pada dek teras dan woodplank  dinding eksterior. Konsep ini membuat rumah jadi terasa cerah dan hangat. 


Interior Ruang Tamu yang Minim Detail 


Selain pilihan warna netral dan terang, interior ala Skandinavia juga cenderung memiliki detail yang sederhana. Anda cukup meletakkan seater, stool dan meja kopi kecil sebagai furnitur utama. Tambahkan karpet sederhana untuk memberikan suasana yang lebih cozy. Meski minim detail, tapi nuansa ruang tamu terlihats sangat elegan. 


Konsep Open Space (Ruang Tanpa Sekat)

littlehousedevelopment

Sama seperti rumah mungil lainnya, desain Skandinavia juga bisa dibuat tanpa sekat (open space). Desain tanpa sekat akan membuat ruangan terasa lebih besar dan lapang. Anda bisa menyatukan ruang tamu dan ruang makan. Konsep setiap area didesain sederhana, sehingga tidak saling bertabrakan. 


Jendela dan Bukaan Maksimal untuk Pencahayaan Alami 


Suasana cerah juga dihasilkan dari adanya bukaan atau jendela yang relatif besar. Ini memungkinkan cahaya alami dan udara segar masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, atmosfir di dalam rumah akan terasa nyaman. Anda pun bisa menghemat biaya energi listrik, terutama di siang hari. 


Perabot Sederhana yang Mengutamakan Fungsi 

littlehousedevelopment

Dari segi desain perabotan, Skandinavia minimalis cenderung menggunakan gaya sederhana tanpa bentuk-bentuk yang rumit. Desain perabot pun terbilang ramping dan cocok digunakan untuk ruangan berukuran kecil. Penekanan nilai guna lebih ditekankan daripada sekadar desain perabot yang rumit namun kurang fungsional. 


Elemen Kain yang Melengkapi Tampilan Rumah 


Desain rumah Skandinavia minimalis memang memberikan ketenangan dan kenyamanan. Nuansa hangat pun makin terasa dengan adanya elemen kain yang melengkapi tampilan rumah. Anda bisa memasang tirai, karpet dan selimut yang fungsional serta mempercantik ruangan. 


Kamar Skandinavia Minimalis untuk Si Kecil 

littlehousedevelopment

Meski cenderung simpel dna fungsional, Anda bisa membuat kamar anak lebih menyenangkan dan  terlihat kaku. Salah satunya dengan memilih desain kamar bunk bed (tempat tidur susun). Area atas digunakan untuk tempat tidur si kecil, sedang ruang bawah sebagai ruang bersantai mereka. Desain ini juga sangat pas untuk memaksimalkan ruang berukuran kecil.


Desain Dapur Terbuka dengan Elemen Kayu 


Memasak adalah aktivitas yang cukup memakan waktu dan tenaga. Desain dapur Skandinavia dibuat minimalis dan terbuka untuk memberikan kenyamaan saat memasak. Dapur langsung menghadap taman samping, agar atmosfir memasak jadi lebih segar. Elemen kayu juga ditampilkan pada penggunaan kitchen set, agar dapur makin terasa natural dan hangat.  


Kamar Mandi yang Sederhana tapi Elegan 

littlehousedevelopment

Beralih ke kamar mandi, Anda akan menjumpai tampilan yang senada yaitu sederhana. Tak banyak dekorasi yang diletakkan, yang ada hanyalah furnitur dan penyimpanan peralatan mandi. Meski begitu, kamar mandi ini tetap terlihat elegan berkat penataan yang pas dan tidak menyesakkan. 


Keberadaan Elemen Alam Pelengkan Scandinavia 


Selain di atas, Anda bisa menambahkan dekorasi berupa tanaman hias alami di dalam rumah. Makin menyegarkan, bila Anda memanfaatkan teras belakang sebagai tempat bersantai. Elemen hijau dan elemen alam lainnya akan membuat rumah jauh dari kata gersang. 



Tidak sulit kok untuk mewujudkan rumah Skandinavia Minimalis. Anda bisa memanfaatkan apa saja yang ada di rumah dan harus rela 'membuang' apa yang tidak begitu fungsional di rumah. 

Terimakasih telah menyimak artikel Skandinavia Minimalis; Tren Desain Rumah Terbaik Tahun Ini sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/littlehousedevelopment

Categories in English