7 Cara Menata Pot Bunga di Depan Rumah Cocok Untuk Teras Kecil dan Sempit

 

Helloshabby.com -- Kehadiran taman di rumah selain mempercantik tampilan fasad rumah juga sekaligus membuat suasana hunian yang lebih dingin. Apalagi jika anda memiliki hobi berkebun, tentu memiliki taman sendiri di rumah termasuk dalam wishlist untuk anda wujudkan. Hobi berkebun tidak selalu berada di lahan yang luas, tapi anda bisa memanfaatkan area teras depan rumah untuk mendesain taman yang cantik. 

Terdapat beberapa cara untuk menyiasati ukuran teras yang mungil, salah satunya dengan menggunakan sarana pot tanaman. Berikut ini adalah 7 cara menata pot bunga di depan rumah cocok untuk teras kecil dan sempit yang bisa langsung anda terapkan dirumah!

1, Menata pot tanaman diantara jalan masuk

Inspirasi taman teras pertama didesain unik dengan menempatkan beberapa pot yang berisi tanaman hias diantara jalan masuk ke dalam hunian. Penataan pot yang terletak dibagian depan pagar ini direkomendasikan bagi anda yang memiliki lahan terbatas.

Nah anda bisa melapisi permukaan paving dengan karpet rumput hijau untuk tampilan yang lebih menyegarkan.

2. Meletakkan pot pada dinding teras

@rumahpink_khia

Mesku berukuran mungil, desain teras ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kolam ikan minimalis yang menyegarkan. Keseluruhan teras ini berukuran 2x2 meter tapi tetap terlihat lega berkat dominasi tampilan warna merah muda terang yang menggemaskan.

Untuk membantu anda dalam memaksimalkan space ruang tersedia, anda bisa meletakkan pot pada dinding dekat kolam ikan. Gunakan juga sarana rak kayu untuk meletakkan beberapa pot. Anda bisa memilih ukuran pot lebih kecil menyesuaikan kapasitas yang tersedia.

3. Meletakkan pot pada sudut-sudut teras

Penataan pot di teras rumah memang termasuk hal yang susah-susah gampang. Dibutuhkan sedikit kreatifitas anda untuk mendesain teras berukuran kecil untuk tampil lebih menarik. Untuk ukuran teras berukuran 2x1,5 meter anda bisa meletakkan koleksi pot-pot tanaman di setiap sudut teras milik anda. Plot-plot tanaman hias di sudut ruangan menjadikan tampilan teras lebih estetil. Atmosfer teras pun akan terasa lebihs sejuk.

4. Taman teras dengan penataan pot yang rapi

@rumah.terang

Taman teras selain memperindah tampilan rumah juga bisa anda manfaatakan untuk tempat bersantai hingga sunbathing yang menyenangkan. Beberapa pot tanaman bisa anda letakkan rapi secara berjajar. 

Dengan begitu taman akan lebih cantik dan terorganisir. Kombinasikan juga dengan beberapa elemen bebatuan yang melapisi permukaan tanah, untuk tampilan taman yang lebih natural.

5. Taman teras dengan penataan pot gantung

@nurulwulandari_13

Ingin memiliki taman tapi memiliki space lahan yang kecil? Anda tidak perlu berkecil hati, kreasi dengan menggunakan pot gantung sering digunakan untuk menyiasati ukuran teras yang minimalis. Anda bisa menggunakan tali macrame sebagai sarana untuk menggantungkan pot pada kanopi teras. Sederhana tapi sangat estetik bukan? Padukan dengan jenis tanaman rambat, sehingga daun akan menjuntai lebih cantik ke arah bawah.

6. Penataan pot tanaman pada rak alumunium fungsional

@ingridhazdav

Standing pot menjadi salah satu sarana terbaik untuk menata taman lebih rapi dan terorganisir. Model rak tanaman dengan model ramping berikut ini bisa muat banyak kapasitas pot tanaman cocok bagi anda yang memiliki taman berukuran mungil. 

Tips agar tampilan taman lebih natural, anda bisa menggunakan pot berbahan gerabah untuk tampilan yang lebih estetik. Kombinasi vertikal garden juga menambah suasana asri taman.

7. Penataan pot tanaman pada rak kayu

@dewidewisecondhome

Jika penataan sebelumnya menggunakan rak tanaman berbahan alumunium, inspirasi taman berikut ini menggunakan rak tanaman kayu untuk tampilan yang lebih menyatu dengan alam. Nah trik terakhir untuk menampilan teras lebih menarik adalah dengan menata tanaman sesuai dengan jenisnya. Hal ini agar taman lebih rapi dan enak dipandang mata.

Anda bisa meletakkan pot berkumpul menjadi satu sehingga area teras yang lain bisa anda gunakan untuk tempat bersantai.

Itulah ketujuh cara menata pot bunga di depan rumah cocok untuk teras kecil dan sempit yang bisa anda praktekkan dirumah. Terimakasih telah menyimak artikel ini sampai akhir, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda.

Penulis      : Hafsah
Editor        : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Categories in English