7 Contoh Desain Rumah Toko Paling Keren Terbaru


Helloshabby.com -- Usaha menengah mulai berkembang pesat di masyarakat. Dampaknya, rumah tinggal juga bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai tempat usaha. Desain rumah toko jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang berencana memiliki hunian sekaligus tempat usaha. Desain rumah toko bisa dimaksimalkan dengan baik, sehingga tidak mengganggu aktivitas penghuni rumah atau pembeli yang berkunjung ke toko. 

Bila Anda berencana membuat sebuah rumah toko yang nyaman dan menarik, Anda bisa mengambil inspirasi dari 7 Contoh Desain Rumah Toko Paling Keren Terbaru.


Desain Rumah Toko Pinggir Jalan Besar

cr:instagram/rahapahing

Rumah di seberang jalan besar memang potensial untuk dijadikan tempat usaha. Anda bisa mendesain rumah toko seperti di atas. Elevasi bangunan rumah dibuat lebih tinggi dari jalan utama untuk menunjang kenyamanan dan keamanan memasuki rumah. Rumah ditopang oleh tembok batu templek dengan pagar mini di atasnya. 

Area rumah dan toko dibuat model terpisah. Sisi kanan sebagai hunian rumah dengan fasad warna krem dan aksen batu alam andesit. Sisi kiri dijadikan tempat usaha atau toko, misalnya toko kelontong dan atau agen ATM. Di atas toko terdapat balkon yang bisa digunakan untuk tempat bersantai keluarga. 


Desain Rumah Toko dengan Tampilan Modern

cr: PormaHouse

Bila di area rumah tidak terdapat toko kecil untuk menyiadakan kebutuhan keluarga, Anda bisa membuatnya di rumah. Konsep rumah toko seperti ini bisa dicoba. Rumah dibangun arsitektur minimalis berbentuk kotak sederhana. Bagian depan rumah digunakan untuk toko atau warung kecil. Bangku minimalis diletakkan untuk tempat kostumer menunggu, bila warung sedang ramai-ramainya. 

Bentuk bangunan simetris dengan finishing warna abu-abu akan memberikan tampilan rumah toko yang modern jauh dari kata kampungan. 


Desain Rumah & Toko Sembako Model Terpisah

cr:instagram/studio_desain_rumah

Desain rumah toko yang terpisah seperti ini tentuk akan memberikan keamanan dan kenyamanan sendiri. Bangunan toko tampak terpisah dari rumah tinggal. Model toko dilengkapi dengan pintu toko alumunium. Nama toko dipampang jelas di atas dak cor, supaya pembeli mudah mencari dan mengenal toko Anda. 

Sedang area tinggal keluarga dibuat lebih tertutup dengan pagar woodplank. Area teras pun tertutup oleh pagar dan bangunan toko, sehinggga memberi privasi bila Anda ingin duduk-duduk santai di area teras. 


Desain Rumah Toko Modern 2 Lantai

cr: junraycreation

Rumah toko atau ruko biasanya memang dibangun dengan model dua lantai. Anda bisa membuatnya tampil lebih modern, seperti di atas. Sebagian sisi rumah digunakan sebagai toko kecil dan toko komputer. Model seperti ini juga pas bila Anda ingin membuat kantor kecil di rumah.

Rumah dan toko ini dilengkapi bukaan kaca yang akan memberikan pencahayaan yang baik ke dalam toko dan ke dalam ruangan. Finishing dengan aksen oranye menyala memberikan percikan warna yang terang dan lebih modern. 


Desain Rumah Toko Elegan dengan Rooftop Segar

cr:instagram/rafapahing

Selayang pandang, rumah toko ini sudah terlihat menarik dengan finishing warna natural dan aksen warna toska pada beberapa bagian rumah. Area toko menjorok ke area rumah, dengan pintu alumunium berwarna biru navy. Atap toko dibuat datar, sehingga area datarnya bisa dimanfaatkan sebagai taman rooftop yang segar. 

Pagar kayu dan baja ringan dipasang di depan bangunan rumah dan toko. Pemasangan pagar tentu dimaksudkan untuk menunjang keamanan rumah toko ini.  


Ide Renovasi Rumah Toko Minimalis Modern

cr:instagram/rafapahing

Ingin punya rumah toko sederhana? Anda tak harus membangun rumah dari nol. Coba lakukan renovasi pada bagian depan rumah. Ruangan tertentu bisa diubah menjadi toko kecil. Dinding solid diubah dengan pintu alumunium yang khas tampilan toko. Jangan lupa, pasang juga jendela kaca untuk memberikan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik di dalam toko. Tambahkan lampu outdoor pada atap dak untuk menerangi toko dengan efek cahaya yang cantik. 


Desain Rumah Toko Konsep Terbuka

cr:instagram/rafapahing

Desain rumah toko ini dibuat terbuka tanpa adanya pagar depan rumah. Area rumah dan toko memiliki tampilan yang berbeda, namun tetap memberikan kesan harmonis yang apik. Ini karena, balutan warna putih pada finishing bangunan rumah toko. Teras rumah dibuat apik dengan tangga mini sekaligus taman bunga cantik di kedua sisinya. Atap dak cor pada bangunan toko juga dimanfaatkan sebagai taman rooftop santai. 


Terimakasih telah menyimak artikel 7 Contoh Desain Rumah Toko Paling Keren Terbaru sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English