7 Desain Dapur Bersih yang Cantik dan Menginspirasi

 

Helloshabby.com -- Pernahkah anda mendengar sebuah istilah dapur bersih dan dapur kotor? Mayoritas rumah di Indonesia hanya memiliki satu dapur yang mencangkup dapur kotor dan dapur bersih. Sehingga mulai dari kegiatan memasak hingga menyajikan hidangan dilakukan di satu ruangan yang sama. Nah konsep dapur bersih biasanya digunakan untuk kegiatan dapur yang ringan, sedangkan dapur kotor diaplikasikan untuk aktivitas memasak dalam skala besar seperti food preparation hingga proses memasak selesai.

Apabila anda sedang mencari referensi desain dapur yang sesuai untuk hunian anda. Berikut ini kita akan membagikan beberapa contoh 7 desain dapur bersih yang cantik dan menginspirasi anda!

1. Dapur bersih serba putih yang cantik

@yuyu.yulianti 

Seiring perkembangan desain interior, dapur bersih biasanya didesain berdampingan dengan ruangan lainnya tanpa sebuah penyekat atau partisi ruangan. Seperti dapur yang pertama memiliki letak berdampingan dengan taman indoor. Sehingga aktivitas memasak ringan hingga sarana temat berkumpul bersama keluarga pun akan terasa menyenangkan. 

Karena ukurannya yang minimalis yakni 2x2 meter, keseluruhan interior dapur sengaja didesain dengan nuansa serba putih sehingga menjadikan area dapur yang lebih luas.

2. Desain dapur bersih di bawah tangga yang inspiratif

@omah_rani

Apabila anda seringkali membiarkan ruang bawah tangga kosong tidak terpakai, kini anda bisa mendesainnya sebagai dapur bersih yang penuh dengan kenyamanan. Misalnya model kitchen set satu garis atau linier dengan aksen biru berikut ini tampak cantik, bahkan bisa menjadi spot foto ala instagrammer kekinian. Desain dapur bersih lebih berfokus pada kenyamanan penghuni ketika melakukan aktivitas di dapur.

3. Desain dapur bersih bergaya minimalis

@eon.house

Tampilan visual dari dapur bersih biasanya cenderung lebih menarik daripada dapur kotor karena area ini sering digunakan sebagai sarana bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya. Dapur yang ketiga didesain cantik dengan perpaduan warna-warna netral seperti putih, coklat kayu, dan putih yang membuat atmosfer dapur lebih menenangkan. Meski berukuran kecil, dapur ini tetap terlihat lega, dengan keberadaan jendela yang mengarah langsung ke arah luar rumah.

4. Desain dapur bersih dengan layout L

@concretize_interiores

Desain dapur bersih yang cantik tidak harus didesain dengan nuansa putih. Anda bisa memilih desain dapur ukuran 2x1 meter dengan interior bernuansa kuning yang ceria. Kombinasikan juga dengan dinding backsplash dengan keramik motif unik untuk melindugi dinding dapur dari cipratan saat proses memasak. Jangan lupa hadirkan juga dekorasi tanaman hijau untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih sejuk.

5. Desain dapur bersih dengan fasilitas mini bar

@sigitandriano85

Karena fungsi dapur bersih cenderung lebih ringan, beberapa peralatan memasak pun tidak banyak untuk menghindari kesan penuh ruangan. Dapur bersih berikut ini dibuat memanjang mengikuti bentuk ruangan yang tersedia. 

Meja dapur didesain berbentuk U, dengan sisi meja di bagian kanan dimanfatakan sebagai mini bar yang menawan. Kombinasikan dengan hanging lamp diatasnya untuk memperoleh suasana dapur yang lebih dramatis.

6. Dapur bersih cantik dengan nuansa merah muda

@fabiannhannan1610

Bagi anda pencinta warna merah muda, desain dapur bersih diatas bisa anda jadikan sebagai referensi. Memiliki keseluruhan ukuran dapur yakni 1x1 meter, meski tidak luas tetapi dengan sentuhan warna merah muda yang menggemaskan mampu membuat atmosfer dapur yang lebih homey.

 Untuk memaksimalkan storage anda bisa menggunakan rak terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Dengan begitu dapur pun akan terlihat lebih rapi dan terorganisir.

6. Dapur bersih dengan penataan yang apik

@ji_wiwi

Desain dapur ukuran 2x2 meter berikut ini terlihat menawan dengan penggunaan kitchen set putih abu-abu dengan top table hitam yang elegan. Menggunakan model layout dapur berbentuk L, sehingga anda pun lebih leluasa bergerak saat berada di area ini. 

Dapur bersih juga didesain menyatu dengan ruang makan sehingga membuat kedua aktivitas berjalan lebih efektif dan efisien. 

Itulah ketujuh desain dapur bersih yang vantik dan menginspirasi anda. Terimakasih telah menyimak artikel ini sampai akhir. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda yang akan atau sedang membangun sebuah rumah impian.

Penulis     : Hafsah
Editor      : Munawaroh
Sumber      : Berbagai sumber

Categories in English