7 Inspirasi Rumah dengan Atap yang Anti Bocor


Helloshabby.com -- Memasuki musim hujan kerap bermunculan masalah baru pada rumah. Salah satunya adalah kebocoran atap rumah. Atap yang bocor membuat suasana di dalam rumah jadi tidak nyaman. Lembab, berjamur dan dingin. Belum lagi, kebocoran atap bisa membuat kontruksi bangunan jadi lebih rapuh.

Atap rumah yang baik adalah atap yang bisa melindungi rumah dari bahaya dan gangguan dari luar. Baik itu, air hujan, musim kemarau sampai potensi gempa. Nah, bila Anda berniat merenovasi atau membangun rumah, perhatikan keamanan dari atap rumah. Anda bisa menyimak 7 Inspirasi Rumah dengan Atap yang Anti Bocor sebagai referensinya.


1. Kerangka atau Kuda-kuda Atap yang Kokoh

cr:instagram/konstruksiwojo

Hal pertama yang wajib dipertimbangkan adalah memilih model dan material kerangka atap. Anda bisa memilih material kerangka atap yang tahan hujan, tahan panas dan tahan angin. Baiknya, Anda memilih material kerangka yang tahan rayap, sehingga atap juga tahan lama. Salah satunya referensinya, memilih material kerangka atap dari baja yang kokoh, kuat dan tampak modern. 


2. Atap Pelana yang Sederhana tapi Aman

cr:instagram/aprilliawardah91

Atap pelana banyak diaplikasikan pada rumah bergaya apapun. Kontruksi desain atap cukup sederhana dan sangat aman. Tidak ada pertemuan arah angin yang berbeda, sehingga air hujan dapat langsung turun ke bawah dan meminimalisir risiko kebocoran atap. Selain itu, biaya dan pemasangan atap pelana cukup mudah dan murah. Karena, kontruksinya yang sederhana, letak kebocoran sangat mudah untuk diidentifikasi. 


3. Rumah dengan Atap Sandar yang Modern 

cr:instagram/hostahauz

Atap sandar cocok sekali untuk desain rumah modern. Kemiringan atap membuat tampilan rumah terlihat futuristik. Kemiringan atap dibuat sekitar 20-40 derajat, agar posisinya kuat. Bentuk atap sandar yang miring ke satu sisi sangat mempermudah aliran air hujan. Air bisa langsung jatuh ke bawah, tanpa menggenang di atap dan merembes ke plafon rumah. 

Kemiringan atap sandar disesuaikan dengan materialnya. Genteng tanah liat dan kermaik baiknya memiliki kemirinagn 30-40 derajat. Atap asbes dan metal dengan kemiringan 20-25 derajat. 


4. Rumah dengan Atap Limasan Anti Bocor

cr:instagram/vany_teguh

Rumah dengan atap limasan memiliki kontruksi atap yang lebih rumit daripada atap pelana. Meski begitu, tampilan atap akan memberikan visual hunian yang apik. Atap limasan memungkinkan semua dinding terlindungi (tanpa tambahan dak cor), dikarenakan bentuk setiap sisi yang miring. Sudut kemiringan yang tepat juga akan membuat arah angin dibelokkan ke atas, sehingga mengurangi risiko kebocoran saat terjadi hujan angin.  


5. Rumah dengan Atap Datar

cr:instagram/mell_alfatih

Sudah pasti, atap datar akan membuat hunian terlihat lebih modern. Meski disebut atap datar, kontruksi atap tak sepenuhnya datar. Atap dibuat dengan sudur kemiringan yang sedikit, supaya air hujan mengalir ke bawah. Atap datar cenderung memiliki biaya yang murah. Anda pun bisa menjadikannya sebagai teras atap yang multifungsi. 


6. Rumah Mepet dengan Atap Anti Bocor

cr:instagram/dekorasi_rumah_idaman

Siapa yang memiliki rumah yang mepet dengan tetangga? Aliran air biasanya masuk melalui celah pertemuan atap dan dinding. Siasati dengan menutup celah pertemuan air tersebut dengan karpet atau talang atau bahan lain penahan air. Pasang dengan overlapping di sisi atap dan dinding. Kemudian tuang adonan semen kedap air sampai menutupi karpet atau talang. 

Anda juga bisa menggunakan lapisan waterproof berbentuk plaster lembaran. Cukup potong dan rekatkan lapisan tersebut dengen plesteer pada celah atap dan dinding. Beri finishing dengan cat waterproof.


7. Finishing Atap yang Rapi, Kokoh dan Anti Bocor

cr:instagram/yuliasalmah

Dalam desain kontruksi atap model apapun, selalu perhatikan pemasangan atap dan genteng rumah. Pastikan genteng tersusun detail dan rapi, sehingga tidak ada risiko kebocoran karenanya. Sempurnakan dengan melapisi genteng rumah dengan cat waterproof guna membuatnya anti bocor dan tahan lama. 



Beberapa kontruksi atap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilh model atap anti bocor yang paling sesuai dengan desain rumah Anda dan anggaran biaya.  Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English