Desain Rumah Ukuran 6 x 9 M dengan 2 Kamar Tidur | Bisa Dibuat 2 Lantai bila Dana Terkumpul


Helloshabby.com -- Rumah yang nyaman bisa dibangun pada luas lahan yang terbatas sekalipun. Misalnya, desain rumah ukuran 9 x 6 meter berikut ini. Rumah ini dibangun dengan model rumah tumbuh atau rumah berkembang. Rumah tumbuh 1 lantai memungkinkan Anda untuk melanjutkan pembangunan menjadi 2 lantai, bila dana sudah terkumpul. 

Dari segi interior, desain rumah 6x9 meter ini cukup nyaman dan tidak sumpek untuk ditinggali keluarga kecil. Bila Anda berniat membangun rumah ukuran 6 x 9 M atau rumah tumbuh, simak detail lengkap Desain Rumah Ukuran 6 x 9 M dengan 2 Kamar Tidur | Bisa Dibuat 2 Lantai bila Dana Terkumpul.


Desain Fasad Rumah Bentuk Simetris

archiputra_desain

Bangunan rumah berbentuk simetris kotak untuk memudahkan pembangunan lanjutan pada desain fasad di lantai dua. Namun, bila Anda tidak ingin membuat jadi 2 lantai, fasad ini sudah tampak OK dan menarik. Jendela kaca di permukaan dinding akan memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah. Ventilasi dipilih dalam desain ukiran untuk membuat muka rumah jadi lebih cantik. 


Desain Rumah Tampak Samping 


Selain pola ukiran yang cantik, di bagian atas juga terdapat elemen garis untuk membuat bangunan jadi lebih berdimensi. Elevasi lantai teras dinaikkan dari area carport agar meminimalisir risiko banjir atau debu masuk ke dalam rumah. Lantai carport juga dibuat miring untuk memudahkan saat parkir kendaraan. Di depan teras, terdapat space kecil untuk sebuah taman minimalis.


Desain Rumah Tampak Samping Kanan 

archiputra_desain

Dari tampak samping, terlihat area teras menggunakan dak agar teras kecil tidak terlalu panas dan terlihat dari tampias. Model fasad rumah juga tampak terbuka, tapi opsi penggunaan pagar tetap disarankan, bila daerah Anda kurang aman atau ingin menambah privasi di depan rumah. 

Butuh inspirasi pagar? Anda bisa klik: Inspirasi Pagar yang Pas untuk Rumah Minimalis


Struktur Atap Rumah dengan Dak Cor


Rumah ini diproyeksikan untuk rumah dua lantai, bila dana pembangunan sudah terkumpul. Pilihan atap datar cor lebih tepat agar tidak mengubah struktur bangunan secara keseluruhan. Anda bisa memasang talang pipa air hujan yang ditanam di tiap sisi bangunan. Dengan begitu, air hujan akan turun ke saluran air dan tidak menggenang di atap cor beton ini. 


Denah Rumah Lantai 1 

archiputra_desain



Denah rumah ukuran 6 x 9 meter ini, semula dibangun satu lantai dahulu. Area teras memiliki ukuran  3 x 0.8 m, carport berukuran 3 x 4.13 M, taman teras berukuran 3 x 1.5 M, ruang tamu, ruang makan dan dapur berukuran 3 x 5.33 M, kamar tidur 1 berukuran 3 x 2.75 M, kamar tidur 2 berukuran 3 x 2.75 M, kamar mandi berukuran 1.45 x 2.3 M, dan taman belakang berukuran 1.55 x 1.5 M. 


Desain Interior Rumah 

archiputra_desain

Meski terbatas, setiap ruang dilengkapi jendela yang memadai. Jendela ini akan membuat ruangan jadi selalu terang dan sirkulasi udara tetap terasa segar. Warna lantai dan dinding bisa dicat dengan warna putih, agar mudah dipadu-padankan dengan warna lainnya. 


Pembagian Tata Letak Ruangan Di Dalam Rumah 


Setiap ruangan pada umumnya berbentuk persegi atau persegi panjang. Karena ukurannya lahan terbatas, baiknya setiap ruang ditata dengan penataan minimalis yang sederhana. Dengan begitu, masih terdapat ruang gerak yang cukup. Rumah pun tidak terasa sesak dan sumpek. Di area paling belakang rumah, terdapat taman mini yang bisa digunakan untuk akses udara segar ke dalam rumah. 



Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Ukuran 6 x 9 M dengan 2 Kamar Tidur | Bisa Dibuat 2 Lantai bila Dana Terkumpul sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/archiputra_desain



Categories in English