7 Cara Menata Rumah Kecil Supaya Terlihat Luas

 

Helloshabby.com --  Memiliki rumah dengan ukuran yang kecil tidak selalu identik dengan kesan sempit dan tidak nyaman. Tips untuk mendesain rumah kecil agar terlihat luas kuncinya adalah pemilihan furnitur yang simple dengan penataan yang rapi. Hal ini sesuai dengan prinsip rumah bergaya minimalis yang lebih mengutamakan fungsi dan mengusung konsep less is more.

Menggunakan furnitur yang multifungsi juga menjadi salah satu solusi yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan kapasitas ruangan yang ada. Untuk membantu anda, berikut ini adalah 7 cara menata rumah kecil suaya terlihat luas yang bisa langsung anda terapkan di rumah anda!

1. Ruang tamu luas dengan partisi multifungsi

 
Ruangan pertama adalah ruang tamu yang mengusung konsep open plan yang menjadikan keseluruhan terasa lebih lega. Terdapat berbagai cara untuk menyiasati ukuran lahan yang sempit, salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas partisi ruangan. Partisi ruangan memiliki fungsi utama untuk memisahkan kedua ruangan agar memiliki fungsi yang jelas. 
Nah untuk memaksimalkan potensi ruangan, anda bisa memilih model partisi multifungsi, sehingga selain memisahkan anda pun dapat memaksimalkan kapasitas penyimpanan yang tersedia.

2. Ruang keluarga konsep lesehan


 
Penataan furniture menjadi kunci utama untuk menghadirkan kesan rumah kecil supaya terlihat luas. Inspirasi ruang keluarga yang terletak disebelah ruang tamu berikut ini mengusung konsep lesehan, sehingga keseluruhan ruangan pun tampil lebih lega.  
Konsep lesehan atau tanpa menggunakan sofa saat ini mulai populer dan sering digunakan pada hunian minimalis. Karena dinilai fungsional dan tentunya penuh dengan kenyamanan. Caranya mudah anda bisa menggunakan karpet bulu lengkap dengan cushion untuk suasana ruangan yang lebih cozy.
 

 3. Kamar tidur minimalis dengan jendela


 
Kamar tidur merupakan salah ruangan yang memiliki privasi dan menjadi ruangan yang paling sering untuk anda tempati. Oleh karena itu, anda harus mendesain kamar tidur sebaik dan senyaman mungkin untuk mdendapatkan kenyamann yang maksimal. 
Untuk menciptakan refleksi visual ruangan yang lebih luas, pemilik mendesain interior dinding dengan nuansa warna yang berbeda. Selain lebih lega juga tampilan ruangan terlihat lebih stylish.


 4. Ruangan dengan konsep open plan



Mengusung konsep open plan, dengan menggabungkan lebih dari satu ruangan selain membantu anda dalam memaksimalkan kapasitas ruangan juga menghemat ruangan yang tersedia. Dapur konsep semi outdoor ini dibuat cantik dengan taman minimalis yang berada didekatnya. Sehingga tentunya akan menghadirkan pengalaman proses memasak yang lebih menyenangkan. Ruangan yang terletak di bagian belakang rumah ini juga terlihat terang sepanjang hari karena penggunaan atap transparan.
 

5. Ruang cuci jemur yang rapi


Karena sudah memasuki musim hujan, inspirasi ruang jemur yang berkonsep indoor saat ini sedang menjadi tren. Selain lebih aman, anda pun tidak perlu khawatir saat hujan turun. Ruang cuci jemur ini dibuat berada di sudut ruangan sehingga tetap terlihat lega meski berukuran mnimalis. Untuk membantu menghemat space ruang, anda bisa memiliki model jemuran lipat yang menempel pada dinding. 

Jemuran ini berukuran cukup besar, sehingga cukup muat banyak pakaian. Kunci utama untuk mendesain ruang cuci adalah, anda harus memastikan ruangan mendapatkan pencahayaan secara maksima. 

6. Kamar mandi monokrom


Perpaduan warna hitam dan putih tidak pernah gagal menjadikan keseluruhan tampilan interior menjadi lebih elegan dan modern. Dominasi kamar mandi dengan interior putih juga memberikan kesan tampilan kamar mandi yang lebih bersih dan luas. Furnitur di kamar mandi ini juga tidak banyak hanya ember  yang diletakkan di sudut ruangan, sehingga ruangan pun terlihat lebih lapang. 
 

7. Dapur semi terbuka

 
Konsep dapur terbuka menjadi tren yang banyak di terapkan di rumah bergaya minimalis. Apalagi rumah dengan ukuran minimalis, konsep semi terbuka membantu menjadikan kesan ruangan yang lebih luas. Dapur ini didesain sederhana dengan model meja dapur letter L dengan bentuk memanjang sesuai dengan ketersediaan lahan. Meja dapur letter L memang sering digunakan untuk menyiasati ruangan kecil agar lebih fungsional. Sedangkan untuk memaksimalkan kapasitas penyimpanan anda bisa memanfaatkan kolong meja dapur, jangan lupa untuk menambahkan tirai dapur untuk tampilan yang lebih rapi.

Itulah ketujuh cara menata rumah kecil supaya terlihat luas yang bisa anda terapkan di rumah. Meski berukuran kecil, dengan penataan dan pemiihan furnitur yang sesuai anda akan tetap mendapatkan rumah yang kecil terasa lebih lapang. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.
 
Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber



Categories in English