7 Contoh Desain Dapur, Letak Dapur di Area Depan


Helloshabby.com -- Dapur biasanya memang ditempatkan di area rumah paling belakang. Ini karena dapur dianggap area yang mudah kotor, sehingga seolah harus tersembunyi dari tamu. Namun, anggapan ini mulai bergeser. Makin banyak orang yang tak ragu lagi mendesain dapur di area depan, bahkan berdekatan dengan ruang tamu. Selain mengefisiensikan tempat, dapur di depan juga akan memberikan berbagai kemudahan lainnya. Apa sajakah itu? Simak ulasannya dalam 7 Contoh Desain Dapur, Letak Dapur di Area Depan.


Desain Dapur Minimalis dI Depan

cr:instagram/arya_artamansa

Untuk menyiasati keterbatasan ruang, tak masalah bila letak dapur di area depan. Dapur bisa didesain dengan gaya minimalis seperti ini. Selain praktis, tampilan dapur minimalis juga terlihat rapi dan bersih. Membuat kita lebih 'tenang' bila dapur terlihat dari area ruang tamu. Meski satu area dengan ruang lainnya, namun pilihan lantai yang berbeda jadi pembeda visual dan nuansa yang apik dan estetik. 


Desain Dapur Casual dekat Ruang Tamu

cr:instagram/lahouseid

Penempatan dapur dekat ruang tamu akan memberikan suasana yang lebih casual dan homey. Apalagi bila interior rumah didesain dengan gaya Scandi yang cerah dan hangat, seperti ini. Agar suasana ruang tamu santai tidak terganggu oleh aroma dan bau-bauan masakan, baiknya dapur di area depan juga dilengkapi dengan cooker hood.


Dapur Kering di Area Depan

cr:instagram/rinalatif22

Adanya dapur depan akan memudahkan Anda saat menjamu tamu. Bila santai, Anda bahkan bisa berbincang sambil menyiapkan minuman. Bila terasa kaku, Anda boleh memilih desain dapur kering di area depan. Dapur kering biasanya tidak digunakan untuk aktivitas memasak yang berat. Sehingga, saat harus mengolah masakan, aroma masakan tidak begitu tercium ke area ruang tamu. 


Desain Dapur di Area Depan (Lebih Tersembunyi)

cr:instagram/rumah_enzo

Anda bisa membuat dapur di area depan tampak lebih tersembunyi. Meski masih satu area, dapur minimalis yang lebih menjorok tidak begitu terlihat dari ruang tamu. Sehingga, bila ada tamu Anda tak perlu sungkan saat hendak menggunakan dapur.


Dapur Mini Cantik di Area Depan

cr:instagram/rumah_stia

Karena dapur mungkin terlihat dari luar, tentu dapur harus dibuat secantik mungkin. Anda bisa memilih model kitchen set kecil dan minimalis seperti di atas. Namun, pilihan warna biru membuat dapur terlihat lebih cerah dan menarik. Dapur di area depan pun harus terjaga kebersihannya, agar tamu makin terkesan dengan dapur Anda. 


Dapur Tanpa Sekat dekat Void

cr:instagram/rumahtcm217

Desain rumah tanpa sekat, tak masalah bila dapur diposisikan di depan dekat ruang TV dan ruang tamu. Meski satu ruang, tapi dapur tetap terlihat privat dengan bentuk kitchen set yang dibuat lebih tinggi sebagai pembatas ruangan. Area dapur juga dekat dengan void, sehingga memasak di dapur depan tidak akan terasa terlalu sumpek dan pengap. 


Dapur Depan dengan Meja Bar Minimalis

cr:instagram/meyrizkiaa

Sama seperti desain sebelumnya, dapur ini dilengkapi dengan sebuah meja yang dibuat lebih tinggi. Meja samping ini berfungsi sebagai penyekat dan menambah privasi, sehingga area dapur tidak sepenuhnya terlihat dari ruang tamu. Dapur dilengkapi fitur yang lengkap, seperti cookerhood, wastafel, kompor dan keset yang menunjang kenyamanan memasak. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Contoh Desain Dapur, Letak Dapur di Area Depan sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English