7 Contoh Desain Fasad Rumah Scandinavian Terbaru


Helloshabby.com -- Ada banyak alasan untuk menyukai dan memilih desain rumah dengan arsitektur ala Scandinavian. Namun, yang jadi daya tarik utama adalah kesederhaan dan keindahan bentuk fasadnya. Desain rumah Scandinavian memang bukan suatu yang baru. Tetapi, gaya Scandinavian baru mulai populer di Indonesia belakangan ini. Meski tidak baru, rumah dengan fasad Scandinavian akan terlihat lebih unik dan 'baru' disandingkan dengan rumah minimalis mainstream lainnya. 

Bila Anda ingin rumah yang lebih upgrade dari konsep minimalis mainstream, inspirasi desain fasad rumah Scandinavian berikut ini bisa dicontoh. Simak inspirasi dari 7 Contoh Desain Fasad Rumah Scandinavian Terbaru.


Desain Fasad Rumah Scandinavian 2 Lantai

cr:instagram/royalarchitecture

Salah satu ciri khas fasad rumah Scandinavian adalah bentuk arsitektur bagian atas segitiga seperti ini. Bentuknya juga condong ke belakang untuk membuat bagian fasad terlihat menonjol. Aplikasi warna netral dengan tone lembut seperti ini memberikan visual fasad yang terlihat cerah dan menawan. Bagian dinding lantai dua juga di-highlight dengan memasang lampu sorot yang memberikan efek dramatis pada desain fasad rumah ini. 


Desain Fasad Rumah Scandinavian dengan Elemen Kayu

cr:instagram/arsimatra

Gaya Scandinavian juga bisa diterapkan pada hunian satu lantai. Model dinding segitiga bagian atas tetap dapat diaplikasikan untuk menguatkan kesan Scandinavian. Penggunaan kayu sebagai detail ornamen fasad untuk memberi kesan segar dan lebih dekat dengan alam. Elemen kayu sangat pas digunakan pada secondary skin, kusen jendela sampai penyangga atap carport. 


Desain Fasad dengan Bukaan yang Maksimal

cr:instagram/archiputra_desain

Rumah Scandinavian sangat mengoptimalkan pencahayaan dan penghawaan natural. Seperti contoh desain fasad rumah di atas. Penggunan jendela yang ramping dan tinggi dipasang di setiap sisi dinding, termasuk bagian atas dinding. Bukaan yang optimalkan diharapkan membawa energi alam (cahaya dan udara) yang lebih banyak, sehingga meningkatkan kualitas hidup penghuninya. 



Desain Fasad Scandi dengan Aksen Gelap

cr:instagram/abba_studiodesign

Desain fasad rumah Scandinavian tak harus berwarna netral yang terang. Anda bisa menambahkan warna gelap sebagai aksen visual fasad. Pintu abu-abu gelap, kusen jendela hitam dan detail lis kayu gelap menjadi fitur yang membuat fasad terlihat dramatis indah. Anda bisa membuat layout bangunan lebih sederhana dengan area carport terbuka. Sehingga, fasad rumah Scandinavian terlihat lebih terbuka dan lapang. 


Desain Fasad Rumah Scandinavian yang Megah

cr:instagram/arsimatra


Meski identik dengan kesederhanaan, bukan berarti Anda tidak dapat memiliki desain fasad yang megah. Kemegahan bisa diterjemahkan jadi bangunan yang cukup besar juga permainan ornamen. Rumah ini berukuran 6 x 18 M dengan detail fasad Scandinavian yang estetik dengan secondary skin pada lantai satu dan dua. Secondary skin ini dari besi putih dengan bentuk puzzle. Masih terdapat space untuk memajang tanaman, sehingga fasad rumah terasa lebih sejuk dan terhindari dari panas berlebih. 


Desain Fasad Rumah yang Ramah Lingkungan

cr:instagram/abba_studiodesign

Desain fasad rumah Scandinavian sangat erat dengan nuansa alam. Kesan ramah lingkungan bisa diaplikasikan pada detail ornamen fasad. Penerapan elemen kayu pada fasad memberikan visual fasad yang lebih natural dan tampak dinamis. Bagian atas dibangun dengan model maju mundur untuk memberikan efek fasad yang lebih berdimensi. 


Fasad Rumah Scandinavian dengan Visual yang Bersih


cr:instagram/cre.attic

Suka dengan visual fasad rumah Scandinavian yang bersih? Contoh desain fasad ini bisa jadi inspirasi Anda. Fasad rumah ini diproyeksikan untuk hunian satu lantai dengan kesan clean look. Instalasi jendela dipasang dengan ukuran yang beragam, dengan model awning windows. Di area fasad dipercantik dengan taman hijau minimalis yang tampak sejuk dan segar.



Demikianlah, 7 Contoh Desain Fasad Rumah Scandinavian Terbaru. Semoga 7 desain fasad rumah ini bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk mewujudkan hunian ala Scandinavian. Dari 7 desain fasad rumah Scandi di atas, mana yang jadi favorit Anda? Beri tahu kami dalam kolom komentar Facebook Fan page kami. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English