7 Contoh Fasad Rumah Minimalis Modern yang Sering Ditiru


Helloshabby.com -- Fasad rumah juga bisa disebut 'wajahnya rumah'. Sebagai wajah, fasad mempengaruhi kesan dan tampilan sebuah rumah. Tampilan fasad juga sedikit menggambarkan selera dari pemilik rumah. Selera modern, shabby chic, minimalis hingga mewah sedikit bisa tercermin dari visual fasadnya. 

Rumah minimalis berukuran kecil juga akan terlihat menarik, apabila ditunjang oleh bentuk dan visual fasad yang apik. Bila Anda tinggal di perumahan dengan tampilan fasad yang cenderung seragam, rumah minimalis Anda tetap bisa memiliki visual yang berbeda. Sebagai inspirasinya, Anda bisa melirik 7 Contoh Fasad Rumah Minimalis Modern yang Sering Ditiru. Berbagai contoh fasad rumah ini cukup minimalis, sederhana dan mudah ditiru.



Fasad Rumah Minimalis dengan Sentuhan Farmhouse-style

cr:instagram/ayhaharlequin

Gaya farmhouse terlihat dari permainan lis-lis dinding yang nyata terlihat. Selain itu, kombinasi warna biru dan pink yang dipakai memberikan visual yang cerah dan manis. Bangunan muka dilengkapi dengan kotak-kotak jalusi untuk memberikan penghawaan interior yang lebih baik. Model jendela rumah juga dibuat pendek dan melebar dengan balkon kecil yang tampil unik dan cantik. 


Bentuk Fasad Simetris yang Lagi Hits

cr:instagram/casacinza_

Rumah minimalis cenderung memiliki bentuk simetris. Bentuk simetris persegi sedang banyak diaplikasikan pada rumah minimalis di Indonesia. Sisi-sisi yang tegak dan minim detail memberikan kesan sederhana dan mengutakan fungsi. Model fasad ini selain mudah ditiru juga bisa diproyeksikan sebagai rumah tumbuh, di mana atap dak cor memungkinkan pembangunan lanjutan lantai dua. 


Fasad Rumah Minimalis Scandinavian

cr:instagram/gondanghouse_

Fasad rumah ini memadukan gaya minimalis dan sentuhan gaya arsitektur Scandinavian. Gaya Scandi terutama terlihat dari bentuk salah satu bangunan yang meninggu dengan atap segitiga khas rumah Norway.  Rumah ini memiliki finishing mengadaptasi gaya industrial, seperti semen ekspos, pintu garasi besi dan bata merah dinding. Fasad rumah ini terlihat begitu penuh gaya.


Fasad Rumah Minimalis Minim Ornamen

cr:instagram/inirumahday

Ciri khas rumah minimalis adalah minimnya ornamen bentuk di area fasad. Namun, Anda bisa memberikan elemen dekoratif lain. Misalnya, melapisi dinding teras dengan woodplank yang diberi lapisan wood stain. Pemakaian woodplank tetap cocok untuk pemakaian outdoor, karena tahan terhadap perubahan cuaca. Harganya pun lebih terjangkau daripada kayu alami. 


Fasad Rumah Minimalis Memanjang

cr:instagram/rumahduaputri

Fasad rumah ini memiliki bentuk memanjang, selebar 14 M. Model garasi terbuka dinaungi oleh atap dak cor dengan pilar kokoh yang menopangnya. Lebar carport cukup luas untuk menampung dua mobil sekaligus. Area teras pun memiliki tiang untuk menopang bagian atas teras, yang memiliki kisi-kisi di bagian atasnya. Permainan lis pada dinding rumah juga membuat rumah lebih dinamis.  


Fasad Rumah Minimalis Tipe 54

cr:instagram/rumah_rafaaira

Model fasad rumah seperti di atas, terbilang sebagai tipikal fasad rumah pada perumahan di Indonesia. Bentuk bangunan memang mainstream, tapi Anda bisa memberikan elemen dekoratif sesuai selera. Misalnya, kombinasi cat warna pink dan putih yang akan membuat rumah terlihat begitu menawan. Pemilihan jendela juga bisa dikombinasikan. Tak harus jendela memanjang, model jendela awning 3 sisi akan memberikan tampilan fasad yang lebih berbeda. 


Fasad Rumah Minimalis Tanpa Pagar

cr:instagram/devvyherawati

Rumah minimalis tak harus dibangun dengan pagar. Anda bisa meniadakan pagar untuk memberi kesan terbuka dan lebih luas. Teras rumah terletak di area samping. Teras ini bisa difungsikan sebagai ruang santai outdoor. Apalagi, bagian depan rumah juga dinaungi kanopi untuk melindungi dari hujan dan panas matahari. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Contoh Fasad Rumah Minimalis Modern yang Sering Ditiru sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English