7 Ide Dekorasi 0 (Nol) Rupiah yang Mudah Dicoba


Helloshabby.com -- Apakah mendekorasi rumah harus selalu mengeluarkan uang? Bisa iya dan tidak, tergantung dari bagaimana Anda ingin mendekorasinya. Namun, mendapatkan suasana baru di rumah juga bisa dilakukan bahkan dengan 0 rupiah alias tanpa bujet sekalipun. 

Nah, bila Anda ingin mendekorasi rumah tanpa mengeluarkan biaya, Anda bisa coba menerapkan beberapa inspirasi dari 7 Ide Dekorasi 0 (Nol) Rupiah yang Mudah Dicoba di rumah Anda. Tanpa bujet, tapi bisa mendapat nuansa baru, kenapa tidak?


1. Ide Menata Ulang Posisi Furnitur

cr:instagram/rumahazkaa

Tak harus membeli furnitur baru untuk mendekorasi sebuah hunian. Maksimalkan saja furnitur yang ada di rumah. Jika sudah bosan dengan posisi furnitur ruang tamu yang tak berubah sepanjang tahun, coba ubah posisi furnitur dengan layout yang baru. Posisi sofa bisa diubah arahnya, sesuai dengan dimensi ruang tamu. Selain sofa, Anda juga bisa mengubah posisi dari dekorasi yang sudah ada. Posisi yang berubah akan memberikan visual dan suasana baru. 


2. Geser Kasur dari Jendela 

cr:instgram/stylish_dekor

Beberapa orang Indonesia cenderung meletakkan kasur tepat di bawah jendela. Namun, posisi ini juga kurang baik untuk sebuah kamar. Furnitur di bawah jendela bisa menghalangi cahaya alami yang bisa masuk ke kamar secara maksimal. Kasur dekat jendela pun dipandang kurang aman untuk penghuni kamar. 

Cobalah untuk menggeser kasur yang berada dekat jendela lebih ke arah tengah. Seperti pada desain kamar tidur minimalis di atas. Posisi jendela dan kasur tidak terlalu dekat, sehingga cahaya bisa masuk dan menerangi kamar dengan optimal. 


3. Melapisi Sofa dengan Kain atau Selimut

cr:instgram/adeirma.lov

Bila Anda sudah bosan dengan tampilan sofa yang itu-itu saja, cobalah untuk mengganti sarung sofa yang ada. Harga termurah sebuah sarung sofa 2-seater adalah Rp 25.000 (harga marketplace). Selain membeli, Anda juga bisa membuat sarung sofa sendiri. Contohnya, pada ruang tamu di atas. Pemilik memanfaatkan kain atau selimut berpola untuk dilapisi di atas sofa. Sofa pun memiliki tampilan yang baru dan terasa lebih hangat, dengan 0 (nol) rupiah


4. Ide Decluttering yang Nge-hits

cr:instgram/aprilliawardah91

Pernah dengar istilah decluttering? Decluttering adalah kegiatan yang berfokus untuk menyingkirkan barang yang tidak digunakan, sehingga menyisakan yang memang dibutuhkan sehari-hari. Decluttering bisa dikatakan sebagai bentuk dari beres-beres rumah. Namun, Anda harus rela membuang koleksi barang yang menumpuk dan tidak terpakai di rumah. Sehingga, ruangan terlihat rapi, bersih dan lebih lapang. 
 

5. Mengotak-atik Foto Keluarga Di Dinding

cr:instgram/casagiana

Banyak dari keluarga Indonesia mendekorasi ruangan dengan bingkai foto pajangan yang memorable, seperti momen acara wisuda, pernikahan, masa kecil dan sebagainya. Jika Anda memiliki koleksi foto yang lebih banyak, coba ganti foto yang dipajang dengan lembar foto yang tidak pernah dipajang sebelumnya. Anda pun bisa mendapatkan kenangan baru dengan dekorasi 0 rupiah

Cara lainnya, Anda bisa mencoba mengotak-atik posisi bingkai foto yang dipajang dengan pola susunan yang baru tanpa harus mengeluarkan uang. 


6. Dekorasi Tanaman 0 Rupiah

cr:instgram/hariku_bahagia

Jangan buang bekas botol minuman Anda! Botol plastik bisa digunakan sebagai pot tanaman. Anda bisa mencoba menumbuhkan tanaman di air, yang lebih hemat dan mudah. Botol plastik diisi air dengan tanaman sirih gading yang mudah tumbuh di media air. Jika tak punya tanaman sirih gading, coba minta sepotong tangkai daun dari kerabat Anda, dan tanaman ini akan tumbuh menjuntai cantik dengan sendirinya. Posisikan di rak ambalan dapur sebagai dekorasi yang menyegarkan. 


7. Kreasi Ban Bekas yang Unik

cr:instgram/ib_sidharaharja

Untuk Anda yang hobi berkreasi dengan barang bekas, tak ada salahnya mencoba ide ban bekas seperti di atas. Ban bekas dijadikan alas duduk taman yang unik. Susunan 2 sampai 5 ban  bekas membuat, kreasi ban bekas ini seperti kursi pada umumnya. Anda pun bisa bersantai di taman dengan kreasi kursi ban bekas ini. 




Jadi, bagaimana tentang 7 Ide Dekorasi 0 (Nol) Rupiah yang Mudah Dicoba? Ide bisa diterapkan bila Anda mulai bosan dengan suasana di rumah. Tak harus mengeluarkan bujet atau membeli furnitur baru. Maksimalkan saja hal yang ada di rumah dengan penataan yang baru dan apik. 

Dukungan Anda terhadap Helloshabby.com sangat bermakna bagi kami. Kami selalu mendoakan semoga Anda dimudahkan dalam mewujudkan rumah atau suasana rumah yang diidamkan. Jangan lupa, bagikan pada pasangan, saudara atau kolega di sekitar Anda! Siapa tahu ide ini bermanfaat bagi mereka.


Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English