7 Ide Desain Fasad Rumah Minimalis: Sederhana dan Elegan dari Berbagai Type


Helloshabby.com -- Desain fasad rumah adalah hal yang harus dipertimbangkan dengan matang. Dari pilihan bentuk, tipe sampai arah fasad, semuanya adalah hal yang akan mempengaruhi tampilan dan kenyamanan sebuah hunian. 

Bila melihat desain fasad animasi 3-D membuat Anda kurang merealisasikannya dalam dunia nyata, Anda bisa melirik ide fasad rumah dari para home enthusiast di bawah ini. Beragam fasad rumah ini cukup sederhana untuk diwujudkan dan menghadirkan visual yang tak kalah menarik. Simak lebih lengkapnya dalam 7 Ide Desain Fasad Rumah Minimalis: Sederhana dan Elegan dari Berbagai Type.


Desain Fasad Rumah Minimalis Tipe 36

cr:instagram/ani_iyut

Bangunan fasad seperti ini sangat mudah ditemukan pada desain rumah 36. Bangunan simetris dengan carport dan taman kecil di depan rumah. Interior ruang tampak ditinggikan, sehingga menghasilkan tampilan bagian atas yang lebih tinggi. 

Area teras rumah ditopang oleh pilar kembar yang menyangga bagian dak cor dengan kokoh. Agar tak terlihat kosong ditambahkan ornamen berupa dinding GRC ukir pada dinding dak untuk menambah keindahan fasad rumah 36. 


Ornamen Bata Merah Ekspos untuk Fasad Industrial

cr:instagram/ay_yldz_timhacker

Fasad rumah industrial makin diminati. Tampilan material fabrikasi yang kuat akan menampilkan nuansa rumah yang maskulin dan kokoh. Selain material fabrikasi (logam dsb), bata merah ekspos juga sangat sering digunakan. Bata merah ekspos bisa diaplikasikan pada sebagian dinding eksterior. Gunakan kombinasi susunan acak 3 warna seperti di atas untuk menampilkan kedinamisan fasad. 


Lebih Aman dengan Pagar Atas dan Bawah

cr:instagram/f3home

Pagar adalah fitur fasad rumah yang sangat menunjang keamanan hunian. Bila Anda ingin menambahkan keamanan dobel di fasad rumah dua lantai, Anda bisa mencoba inspirasi pagar dobel seperti ini. 

Pagar bagian bawah menggunakan tembok pagar dengan pagar sliding baja ringan. Kemudian, tepat di atasnya turut dipasang pagar atas atau semacam railing yang tinggi dan rapat. Model pagar atas memiliki ujung yang runcing, sehingga dapat mencegah hal yang tidak diinginkan masuk ke rumah melalui pagar fasad. 


Ide Fasad Rumah Landai dengan Taman Depan

cr:instagram/isra_1904

Apakah lahan Anda berada di area yang landai menurun? Model fasad rumah bisa dibuat seperti ini. Permukaan teras tetap dibuat rata, namun akses menujunya dibuat dengan tambahan fitur elevasi, seperti tangga mini dan tangga datar miring. Kemudian, percantik dengan membuat taman mini depan rumah. Taman ini juga berfungsi untuk membuat rumah tidak terkesan miring atau landai. 


Fasad Rumah dengan Sentuhan Gaya Farmhouse

cr:instagram/mama_adeevano

Suka gaya rumah farmhouse chic yang unik dan elegan? Anda bisa mencoba memberikan sentuhan gaya farmhouse pada fasad rumah. Misalnya, dengan membuat lis-lis pada dinding eksterior rumah. Lis-lis ini memberikan kesan klasik, simpel dan menenangkan. Sempurnakan finishing rumah dengan warna yang chic, seperti kombinasi biru dan putih. 


Desain Fasad Rumah Scandi Hadap ke Barat

cr:instagram/niaraparamitha

Fasad rumah mengadaptasi gaya hunian Scandi dengan model atap segitiga yang khas. Dalam realistasnya, rumah ini juga menghadap ke arah Barat, di mana 'sering dipandang' terlalu panas. Hal ini bisa disiasati dengan menambahkan kanopi di fasad rumah. Ada pun bisa memperbanyak tanaman hias yang bisa tumbuh baik dengan sinar matahar dari pagi hingga sore. 


Desain Fasad Rumah Mezanin Tipe 30 

cr:instagram/the_jasminehouse

Rumah mezanin dengan tambahan lantai di antara lantai dasar dan plafon, jadi solusi untuk mengatasi keterbatasan ruang. Konsep ini tentu berpengaruh terhadap tampilan fasad. Misalnya, dari segi bentuk bangunan yang lebih tinggi hampir menyerupai bangunan dua lantai. Ditambahkan juga jendela kaca pada dinding eksterior bagian atas untuk akses pencahayaan pada ruang mezanin. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Ide Desain Fasad Rumah Minimalis: Sederhana dan Elegan dari Berbagai Type sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English