Desain Rumah Modern 12 x 6 M dengan 3 Kamar Tidur dan Toserba/Warung Depan Rumah


Helloshabby.com -- Berencana membangun rumah tepat di pinggir jalan strategis atau area yang cocok untuk membuka usaha toko? Anda bisa menjadikan desain hunian dua lantai ini sebagai inspirasi dalam pembangunan rumah yang dilengkapi tempat usaha atau toko.

Desain rumah ini bisa diwujudkan dengan lahan bangunan 12 x 6 M, ukuran yang cukup untuk tempat usaha yang tidak terlalu kecil, dan rumah tinggal yang tetap nyaman dan lapang. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada Desain Rumah Modern 12 x 6 M dengan 3 Kamar Tidur dan Toserba/Warung Depan Rumah, di bawah ini.


Desain Fasad Rumah Modern 2 Lantai

desainrumah36

Dari struktur bangunan, fasad rumah tampak megah dengan modelnya yang tinggi dan memanjang. Model teras rumah dibuat menjorok ke dalam dengan adanya tiang teras yang turut menopang area balkon depan rumah. Finishing menggunakan warna netral yaitu krem, cokelat dan abu batu alam untuk menghadirkan visual yang cerah dan alami. 


Detail Fasad Rumah Modern 12 x 6 M


Desain fasad rumah ini dirancang dengan model terbuka tanpa adanya pagar.  Untuk keamanan, pintu toko menggunakan model pintu lipat kayu jati, yang mudah didapat dan memberikan visual yang senada dengan keseluruhan desain fasad rumah. Fasad pun dilengkapi dengan ventilasi tepat di atas setiap pintu dan jendela. Dengan begitu, ruangan akan selalu terasa segar. 


Desain Struktur Atap Rumah

desainrumah36

Karena bentuk bangunan sudah cukup besar dan megah, model atap dibuat lebih sederhana dengan atap limasan. Atap limasan ini menaungi selurug bangunan rumah depan penuh, sehingga tak perlu menambah dak cor di sekeliling atap. Kemiringan atap tidak dibuat terlalu curam, sehingga atap tidak mudah jatuh dan fasad tetap terlihat seimbang. 


Desain Ruang Tamu Open-Plan


Area ruang tamu dikonsep open plan atau terbuka dengan area lain, yaitu dapur. Area ini juga dimanfaatkan sebagai ruang keluarga bawah. Ukurannya cukup lega untuk tempat berkumpul bersama yaitu 4.85 x 3.18 M. Pilihan model sofa seksional leter L dijadikan pilihan yang tepat di sini. Sisi sofa bisa dijadikan batas yang jelas untuk ruangan. 


Desain Dapur Sudut Minimalis

desainrumah36

Sudut ruangan dijadikan dapur minimalis yang praktis. Dapur dibuat tanpa kabinet atas, sehingga dapur sudut tetap terlihat lapang. Kabinet atas digantikan dengan jendela untuk memberikan akses cahaya dan udara alami ke dalam dapur. Model backsplash menggunakan keramik kecil-kecil yang dipasang dari dinding bawah sampai memenuhi setengah dinding dapur. 


Desain Ruangan Toko 


Area toko masih berada di lantai satu. Anda bisa merancangnya dengan sederhana seperti ini, terutama bila toko masih awal merintis. Barang dagangan ditata rapi pada rak terbuka dalam pilihan warna yang apik, sesuai selera Anda. Usahakan jarak rak dan pintu tidak terlalu mepet, sehingga tidak mengganggu saat hendak membuka atau menutup pintu toko. 


Desain Toko Tampak Samping 

desainrumah36

Sediakan juga kursi dan meja kasir untuk melayani pelanggan. Model kursi dan meja bisa dipilih dalam desain minimalis, yang ramping dan hemat tempat. Anda pun bisa memajang lukisan hias sebagai dekorasi toko, agar toko tidak terlihat sepi dan kosong. 


Desain Gudang Toko


Saat membuka tempat usaha atau toserba, ada saatnya Anda memerlukan gudang khusus untuk menampung stok barang jualan. Desain ruang ini sempit memanjang dengan rak-rak yang berjajar rapi. Berbagai rak ini memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak barang, meski di area yang kecil. 


Desain Ruang Keluarga Atas

desainrumah36

Area lantai dua difungsikan sebagai ruang-ruang pribadi, seperti kamar tidur dan ruang keluarga. Ruang keluarga bersama diposisikan dekat dengan balkon depan rumah. Area ini tetap dilengkapi jendela untuk memberikan pencahayaan dan penghawaan terbaik ke dalam ruangan. 


Desain Balkon Samping sebagai Ruang Laundry


Lantai dua yang terbuka dimaksimalkan sebagai ruang cuci jemur. Tempat untuk meletakkan mesin cuci dilengkapi dengan atap dak, sehingga mesin cuci tetap aman walau diletakkan di luar ruangan. Atap dak ini pun digunakan sebagai tempat untuk menaruh tandon air. 


Denah Rumah Lantai 1

desainrumah36

Denah rumah lantai 1 terdapat: taman depan ukuran 3.93 x 0.83 M, teras depan berukuran 3.85 x 1.2 M, toko berukuran 3.77 x 2.95 M, gudang berukuran 3.77 x 1.77 M, ruang tamu berukuran 4.85 x 3.18 M, dapur berukuran 2.62 x 2.45 M, kamar mandi berukuran 1 x 1.85 M, kamar tidur 1 berukuran 2.78 x 2.28 M dan area tangga berukuran 4.85 x 1.77 M. 


Denah Rumah Lantai 2


Denah rumah dua terdapat: balkon laundry dengan ukuran 1.77 x 5 M, kamar tidur 2 berukuran 2.85 x 2.62 M, ruang keluarga berukuran 2.85 x 2.18 M, kamar tidur 3 berukuran 2.6 x 2.62 M, dan kamar mandi atas berukuran 1.85 x 1.1 M. 



Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Modern 12 x 6 M dengan 3 Kamar Tidur dan Toserba/Warung Depan Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : instagram/desainrumah36

Categories in English