7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Rumah Impian

;

Helloshabby.com -- Kolam ikan memang bisa jadi media hiburan tersendiri. Apalagi bila Anda hobi mengoleksi dan merawat ikan hias. Meski terdengar ribet, nyatanya, kolam ikan juga bisa dibuat secara minimalis dan mungil, pada lahan terbatas sekalipun. Dengan begitu, elemen taman dan sebuah rumah pun akan makin terasa sempurna dengan mahluk Tuhan yang hidup di air ini. 

Sebagai referensi, Anda bisa melirik 7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Rumah Impian


Kolam Ikan Minimalis di Bawah Tangga

 cr:instagram/alim_then

Selain kabinet, Anda bisa membuat sebuah kolam ikan di bawah tangga. Ukurannya tak harus besar, yang penting kolam ikan dilengkapi fitur yang lengkap agar si ikan bisa hidup sehat. Di sisi kolam juga ditambahkan lampu neon kecil untuk memberikan penerangan dengan efek eksotis. Penataan kolam ikan di dalam rumah, membuat Anda bisa melihat pemandangan segar tanpa harus ke luar rumah. 



Kolam Ikan Sebaris dengan Taman Vertikal 

via:instagram/dekorasiterasrumah

Manfaatkan halaman samping sebagai taman teras menakjubkan seperti ini. Lantai motif kayu di area teras memberikan nuansa yang serasi dengan elemen alam di sekitarnya. Kolam ikan sendiri dibuat minimalis sebaris mengikuti bentuk dimensi halaman samping rumah. Area dinding disempurnakan dengan membuat taman vertikal dengan beragam tanaman hias yang segar. 


Kolam Ikan dekat Teras Rumah 

via:instagram/dekorasiterasrumah

Baiknya, kolam ikan diposisikan dekat dengan teras atau pelataran.  Teras ini sebagai alas duduk. Anda pun bisa menikmati kesejukkan dan keindahan dari ikan hias yang telah Anda rawat sepenuhnya. Model sekeliling kolam ikan dibuat dengan gaya tebing buatan untuk memberikan suasana yang adem. Permukaan kolam pun meski tampak hitam, tapi kejernihan air masih jelas dan menampakkan sirip ikan hias yang berwarna-warni cantik. 


Kolam Ikan Hias dengan Desain Landai

cr:instagram/mya_danar

Desain kolam ikan minimalis ini dibuat landai di bawah permukaan lantai rumah. Tujuannya, supaya kolam dapat mudah terlihat saat Anda duduk santai di dek kayu di samping kolam. Sekeliling kolam ikan tidak ditata berlebihan. Cukup tanaman pot yang ditata berjajar untuk membuat area samping tidak terlihat kosong. Anda bisa menambahkan lampu lentera agar suasana kolam terasa syahdu di malam hari. 


Kolam Ikan Hias Mini Di Depan Rumah

cr:instagram/nana_kayana

Rumah kecil, sederhana tetap bisa memiliki kolam ikan yang cantik. Tentu, desain kolam ikan pun berukuran mini agar tidak terlalu banyak memakan tempat. Meskipun terbatas, usahakan kedalaman kolam sesuai dengan ikan yang dipelihara. Misalnya, ikan koi baiknya hidup di kolam dengan kedalaman 1 meter. Untuk menambahkan pasokan oksigen, Anda bisa menata beragam tanaman di sekitar kolam ikan. 
 

Kolam Ikan di Taman Belakang 

cr:instagram/yerry_ane

Sebuah taman tak lengkap tanpa adanya elemen air. Anda bisa mendesain sebuah kolam ikan di tengah taman belakang. Kolam ikan ini sebagai focal point yang menyejukkan suasana di taman. Apalagi bila kolam dilengkapi fitur air mancur yang memberikan suara percikan air yang menenangkan. Tinggal letakkan satu set kursi taman untuk menikmati pemandangan taman dengan kolam ikan kesayangan. 


Taman Teras dengan Kolam Ikan Bak Sungai

cr:instagram/endahhudoro

Tampak atas, desain kolam ikan yang dipenuhi tanaman ini memberikan kesejukkan yang nyata. Apalagi desain kolam ikan dibuat dengan model bebatuan dalam bentuk yang memanjang layaknya sungai. Pemandangan ini memberikan nuansa segar ala pinggir sungai. Bila kolam ikan selalu jernih, tentu tampilannya 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis untuk Rumah Impian sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English