7 Inspirasi Taman Kecil Depan Rumah di Lahan yang Terbatas

 

Helloshabby.com -- Memiliki rumah dengan ukuran yang terbatas mengharuskan anda untuk lebih kreatif lagi dalam menentukan setiap desain interior maupun eksterior yang tepat. Jika anda beranggapan bahwa memiliki lahan ukuran yang kecil merupakan sebuah halangan dalam mendesain taman yang cantik. Hal ini tentu tidak sepenuhnya benar, justru dengan ukuran space lahan yang terbatas, anda dapat memaksimalkan potensi yang ada.

Taman berukuran kecil juga memiliki beberapa kelebihan seperti biaya perawatan yang lebih ekonomis karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Nah apabila anda masih kebingungan menentukan desain taman kecil yang sesuai. Yuk simak terlebih dahulu 7 inspirasi taman kecil depan rumah di lahan yang terbatas yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk membuat taman di rumah!

1. Inspirasi taman kecil dengan batuan koral

Instagram/tamanhalaman.id

Terdapat banyak material yang bisa anda gunakan untuk mendesain taman kecil di rumah. Salah satu yang cukup populer adalah batuan koral. Menggunakan material-material yang ramah lingkungan, menjadikan tampilan taman dan teras lebih sejuk dan natural.

Meski berukuran kecil, taman depan ini dibuat menarik dengan model akses jalan setapak dibagian tengah. Sedangkan batuan koral bisa anda taburkan menutupi seluruh permukaan taman minimalis. Untuk tampilan yang lebih ceria, anda bisa memadukan lebih dari satu jenis warna batuan untuk tampilan taman yang lebih stand out.

 2. Inspirasi taman kering minimalis depan rumah


Instagram/rani_revan.new

Jika anda memiliki rumah dengan lahan depan berukuran terbatas, solusi yang bisa anda terapkan adalah dengan mendesain taman kering. Ciri khas dari taman kering adalah meminimalisir penggunaan tanah dan menggantinya dengan material lainnya seperti unsur batuan alam dan masih banyak yang lainnya.

Inspirasi taman kecil depan rumah ini dibuat menarik dengan hamparan rumput hijau sebagai alas permukaan. Meski sintetis, warna hijaunya tetap memiliki vibes yang dapat menyegarkan pandangan mata. Sedangkan untuk suasana lebih asri dan sejuk, letakkan berbagai tanaman hias di dalam pot disekeliling tepi teras. Sangat mudah bukan?

3. Inspirasi taman kecil dengan rak tanaman 

Instagram/nichaoktaviasembiring

Ingin memiliki desain taman kecil yang tampil rapi dan terorganisir? Inspirasi desain taman kecil dengan menggunakan sarana rak tanaman berikut ini menjadi ide yang bisa anda coba praktekkan di rumah. Berbagai varian model bentuk rak tanaman yang tersedia di online shop kesayangan anda bisa anda pilih bentuknya sesuai selera hingga kebutuhan rumah.

Selain tersedia dalam berbagai bentuk, material rak tanaman pun beragam. Inspirasi taman kecil diatas menggunakan model rak dengan model bundar yang cukup muat banyak tanaman. Sehingga tentu akan membantu anda dalam memaksimalkan kapasitas lahan yang tersedia.

4. Desain taman kecil dengan tanaman gantung

Instagram/dekorasiterasrumah

Hadirkan desain taman kecil yang begitu indah dengan beberapa variasi penggunaan tanaman gantung. Menggunakan tanaman gantung bisa menjadi salah satu solusi untuk menyiasati ukuran lahan yang terbatas.  

Tidak perlu lahan yang luas, anda bisa menggantung pot pada dinding hingga kanopi hunian. Pilih jenis tanaman merambat, dengan begitu daunnya akan menjuntai kebawah dengan baik.

5. Inspirasi taman kecil di sebagian area teras

Instagram/asi.siswandari

Apabila anda memiliki lahan yang tersisa di bagian area teras, anda bisa memanfaatkannya untuk mendesain taman minimalis yang sejuk. Inspirasi taman diatas dapat anda tiru dengan mudah di rumah. Anda bisa melapisi permukaan tanah dengan menanam rumput hijau yang menyegarkan. Kemudian kombinasikan dengan beberapa tanamah hijau disekelilingnya untuk suasana rumah yang lebih asri.

 

6. Desain taman kecil dekat dengan pagar

@ampratama

Cara lain untuk menyiasati ukuran taman yang kecil adalah dengan mendesain taman kecil dekat pagar rumah. Inspirasi depan rumah ini dibuat dengan desain yang sederhana, letakkan beberapa tanaman di dalam pot secara berjajar rapi seperti pada gambar. 

Tampilannya yang simple tapu elegan daat menjadikan kesan hunian yang lebih indah dan cantik.

7. Desain taman kecil depan rumah dengan sentuhan kayu

Instagram/ikawatyabdul

Inspirasi taman kecil depan rumah yang akan terakhir kita bahas kali ini mengusung konsep tropical yang menyejukkan. Taman ini memanfaatkan sudut teras dengan ukuran 1x1 meter. Meski memiliki ukuran yang mungil, desain taman ini memiliki tampilan yang cantik. 

Tips untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih indah, anda bisa memilih tanaman hias yang sedang tren seperti Monstera, Alocasia, hingga Chinesse evergreen. Letakkan secara berkelompok sesuai dengan jenisnya untuk tampilan taman yang lebih rapi dan terorganisir.

Itulah ketujuh inspirasi taman kecil depan rumah di Lahan yang terbatas yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Terimakasih telah menyimak informasi sampai akhir. Dapatkan artikel menarik tentang rumah lainnya hanya di Helloshabby.com.

Penulis   : Hafsah
Editor     : Munawaroh
Sumber   : Berbagai sumber



Categories in English