Desain Rumah Modern Di Lahan 13 x 15 M dengan 3 Kamar Tidur, Lengkap dengan Denah


Helloshabby.com -- Pemilihan desain rumah adalah hal yang wajib dipertimbangkan dengan matang. Desain rumah akan menentukan segala aspek dari sebuah hunian. Ia akan menentukan kekokohan pondasi rumah, sampai kenyamanan tata ruang/interior rumah. 

Menentukan desain rumah memang banyak yang harus dipertimbangkan. Namun, sebagai inspirasi Anda bisa melihat ulasan dari Desain Rumah Modern Di Lahan 13 x 15 M dengan 3 Kamar Tidur, Lengkap dengan Denah. Ulasan ini sangat pas bila Anda memiliki lahan kosong dalam bentuk trapesium. Simak detail lengkapnya, di bawah ini!
 


Desain Tampak Depan Rumah

cr:instagram/archiputra_desain

Dari tampak depan rumah, finishing bangunan rumah didominasi dalam pilihan warna alam yang lebih maskulin. Misalnya, pilihan warna abu-abu dan krem yang terinspirasi dari warna dan pola batu alam. Bangunan tampak depan juga memiliki tiang penyangga teras depan dan sisi kanan rumah. Dua tiang tersebut terbuat dari material batu alam yang terkesan natural dan dinamis. 


Akses Sirkulasi Udara yang Maksimal


Bangunan rumah juga memiliki banyak akses pencahayaan dan penghawaan. Ini terlihat dari banyaknya jendela kaca dan ventilasi uudara yang terpasang tepat di atas jendela. Kondisi ini akan meningkatkan kualitas hidup penghuni rumah, karena banyaknya udara dan cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. 


Detail Ornamen Fasad Rumah

cr:instagram/archiputra_desain

Dari segi arsitektur bangunan, desain rumah ini mengusung gaya minimalis, yang cenderun minim detail. Meski begitu, fasad rumah tetap dilengkapi dengan ornamen pelengkap yang membuat rumah lebih dinamis. Misalnya, aksen garis tali-tali air yang diterapkan pada dinding di beberapa titik bangunan depan rumah. Ornamen tambahan seperti lampu lentera taman juga turut menambahkan nilai estetika pada desain fasad rumah ini. 


Lebih Privat dengan Pagar depan Rumah


Bila ingin menambah privasi dan keamanan di rumah, Anda bisa membuat sebuah pagar depan rumah. Dari tampak gambar, pagar dibuat dengan kombinasi tembok solid dan pagar woodplank sliding. Bagian tengah rumah menggunakan tembok pagar dengan finishing tali-tali air, batu alam dan roster. Sedang, dua carport di depan rumah menggunakan pagar woodplank geser yang terkesan modern. 


Struktur Atap Rumah 

cr:instagram/archiputra_desain

Kontruksi atap rumah menggunakan model kombinasi dari atap limasan (perisai). Atap ini menaungi seluruh bangunan rumah dengan sempurna. Namun, bagian atap teras menggunakan dak cor agar air hujan tidak jatuh ke lantai teras. Salah satu carport dinaungi kanopi transparan, sedang area lain tanpa penutup agar berfungsi sebagai halaman depan yang luas. 


Tata Ruang Dalam Rumah


Interior rumah ditata sedemikan rupa. Area ruang tamu dan ruang keluarga tidak dipisahkan oleh dinding solid, melainkan partisi yang juga digunakan sebagai rak atau backdrop TV. Posisi kamar tidur dibuat tersebar atau tidak berjajar berdekatan, sehingga tetap memberikan privasi pada setiap penghuni kamar tidur. 


Dimensi Bangunan Rumah 

cr:instagram/archiputra_desain

Bila dimiringkan, beginilah tampilan dari desain dan denah rumah hunian ini. Bagian interior rumah terlihat padat, namun eksterior rumah cukup luas dengan dua carport, dua teras, dan dua taman yang mengeliling hunian. Sisi-sisi bangunan samping rumah juga bisa dipercantik dengan tanaman hias merambat, agar rumah makin terasa sejuk dan segar. 


Denah Rumah Di Lahan 13 x 15 M


Adapun pembagian denah pada rumah ini adalah sebagai berikut:
  • carport berukuran 3 x 4.5 M, teras berukuran 3 x 3 M, taman L dalam dimensi 4 x 3 M, lahan samping berukuran 5 x 8.5 M (dalam bentuk segitiga),
  • ruang tamu berukuran 3 x 3 M, ruang keluarga berukuran 5 x 3 M, teras samping berukuran 3 x 2.3 M, kamar tidur 1 berukuran 3 x 3 M, kamar tidur utama berukuran 3 x 4 M dengan kamar mandi dalam berukuran 1.5 x 2 M, kamar tidur 2 berukuran 3 x 3 M dan kamar mandi 2 x 1.5 M, dapur dan mini bar berukuran 3 x 2.5 M,
  • musola berukuran 2 x 2.5 M,  tempat wudhu berukuran 1 x 1.5 M, kamar mandi luar berukuran 1.5 x 2 M, ruang cuci berukuran 1.5 x 1 M, teras belakang berukuran 1.5 x 1 M, dan taman belakang berukuran 6 x 2.5 M. 



Terima kasih telah menyimak ulasan Desain Rumah Modern Di Lahan 13 x 15 M dengan 3 Kamar Tidur, Lengkap dengan Denah. Semoga inspirasi desain rumah ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda. Kami pun senantiasa berharap, pembaca sekalian dimudahkan dalam mewujudkan rumah impian keluarga. Jangan lupa, bagikan pada saudara atau kerabat yang membutuhkan desain ini!

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : cr:instagram/archiputra_desain

Categories in English