Desain Rumah Tradisional Modern Ukuran 6 x 13 M yang Adem dan Cozy


Helloshabby.com -- Meski rumah bergaya minimalis modern makin diminati, tapi rumah dengan nuansa tradisional juga tak akan ditinggalkan. Ini karena rumah bergaya tradisional memiliki daya tarik tersendiri. Nuansa penggunaan material kayu, bata merah dan genteng tanah liat akan menghadirkan suasana rumah yang adem ala rumah pedesaan. Nuansa ini lah yang banyak dicari oleh mereka yang tinggal di area padat penduduk. 

Kali ini akan kami hadirkan ulasan Desain Rumah Tradisional Modern Ukuran 6 x 13 M yang Adem dan Cozy. Rumah ini cukup pas diterapkan baik di area pedesaan atau perkotaan. Rumah ala tradisional akan memberikan nuansa hunian yang ngengenin. 



Desain Fasad Rumah Tradisional Modern

cr:instagram/abba_studiodesign

Dari segi bentuk bangunan, rumah ini mengusung gaya arsitektur minimalis modern dengan bentuknya yang kotak simetris. Elemen tradisional diaplikasikan dalam penggunaan bata merah ekspos, genteng tanah liat, kayu penyangga kanopi teras dan model kanopi teras. Kombinasi yang apik membuat hunian ini tidak terlihat kuno dan memiliki keunikan tersendiri.  


Detail Ornamen Fasad ala Tradisional


Elemen tradisional tidak hanya diterapkan pada material pembangun rumah, tapi juga detail-detail kecil di area fasad. Misalnya, desain kisi-kisi rumah dengan roster bata merah. Focal point dari hunian ini adalah ornamen rumbai kayu yang dipasang tepat di bawah kontruksi atap dan kanopi teras.  


Konstruksi Atap Rumah Limasan 

cr:instagram/abba_studiodesign

Supaya cocok dengan gaya tradisional modern, rumah menggunakan kontruksi atap limasan. Kontruksi atap memiliki 4 bidang sisi miring yang menaungi seluruh bangunan rumah dengan penuh. Kemiringan yang pas untuk atap limasan sekitar 30-40 derajat, sehingga menghasilkan arah angin yang tidak merusak struktur atap rumah. Meski cenderung berbiaya lebih tinggi, tapi tampilan atap limasan akan menyempurnakan desain rumah ini. 


Interior Ruang dengan 2 Kamar Tidur


Dari segi interior rumah, rumah ini hampir senada dengan hunian tipe 36. Rumah memiliki dua buah kamar tidur, dengan ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar mandi bersama. Setiap ruang memiliki jarak yang pas satu sama lain, sehingga tidak terlihat terlalu menumpuk dan pengap. Setiap ruang juga dilengkapi dengan jendela untuk sirkulasi udara dan pencahayaan. 


Model Dapur Terbuka

cr:instagram/abba_studiodesign

Ruangan di dalam rumah ditata seefektif mungkin. Dapur kotor atau dapur basah dibuat di luar ruangan, agar aktivitas memasak jadi lebih nyaman. Asap dan panas masakan pun tidak terpusat di dalam rumah dan membaui furnitur kain di dalam ruangan. 


Denah Rumah Tradisional Modern


Rumah ini akan dibangun pada luas tanah berukuran 10 x 13 M dengan luas bangunan 6 x 13 M saja. Denah rumah ini terdapat: taman depan berukuran 3 x 2 M, carport berukuran 3 x 4 M, teras berukuran 3 x 2 M, ruang tamu 3 x 3 M, ruang makan dan dapur kering berukuran 3 x 4.5 M, kamar tidur 1 berukuran 3 x 3 M, kamar mandi bersama berukuran 1.5 x 1.5 M, kamar tidur 2 berukuran 3 x 3 M, dapur kotor dan tempat cuci jemur berukuran 4.5 x 1.5 M. 


Skema Ruang Tamu Tradisional Modern

cr:instagram/modelrumahrumah

Desain ruang tamu bisa mengadaptasi ruang tamu di atas. Gaya tradisional hadir dari penggunaan lantai kayu atau lantai vinil. Furnitur kayu juga akan melengkapi tampilan ruang tamu tradisional modern. Tambahkan elemen rustik/pedesaan dengan meletakkan karpet anyam bundar di tengah ruangan. 


Desain Kamar Tidur Minimalis 

via:instagram/ruangtidurimpian

Kamar tidur berukuran 3x3 M bukan kamar tidur yang terbilang luas. Penataanya harus diatur sedemikian rupa, agar kamar tidak terkesan sumpek. Desain kamar tidur ini cukup pas untuk ukuran 3x3 M. Kamar tidur didominasi dengan warna putih agar tampak luas dan lapang. Kombinasi dengan lantai bernuansa kayu juga akan membuat rumah tampil apik. 




Terimakasih telah menyimak artikel Desain Rumah Tradisional Modern Ukuran 6 x 13 M yang Adem dan Cozy sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : abba_studiodesign

Categories in English