6 Ide Taman Lorong Samping untuk Optimalkan Lahan Kosong


Helloshabby.com -- Beberapa dari kita mungkin, lebih berfokus mempercantik tampilan halaman depan rumah dibandingkan halaman samping. Halaman samping memang cenderung memiliki space yang terbatas dan sulit dikembangkan, sehingga cenderung dibiarkan apa adanya. 

Padahal berapapun ukurannya, Anda bisa mengoptimalkan lahan kosong samping rumah. Anda dapat menjadikannya sebuah taman lorong samping yang indah. Dengan begitu, area samping rumah tak lagi terlihat begitu menyeramkan di malam hari. Butuh inspirasinya, simak ulasan 6 Ide Taman Lorong Samping untuk Optimalkan Lahan Kosong.



1. Pengoptimalan Dinding Pembatas Rumah

cr:instagram/desaintamanrumah

Punya halaman samping berbentuk lorong kecil? Anda bisa menjadikannya jadi sebuah taman cantik seperti ini. Lahan taman sengaja ditutup dengan rumput dan jalan setapak, agar tanah tidak becek. Dinding pembatas rumah juga dioptimalkan dengan baik untuk memasang fitur taman, seperti dinding relief dan lampu hias taman. Taman ini makin asri dengan tanaman cordyline yang ditempatkan khusus pada boks dengan sebaran batu koral putih di dalamnya. 



2. Taman Lorong sebagai Ruang Santai Outdoor

cr:instagram/fiandfifi_real

Anda bisa menutup halaman samping dengan lantai keramik seperti ini. Halaman samping rumah pun akan jadi satu bagian dengan bangunan rumah. Berbagai tanaman bisa ditata pada sekeliling halaman, yang memberi atmosfir bak taman segar pada umumnya. Tempatkan set bangku dan meja kayu jati yang cocok untuk ruang duduk outdoor. Area ini juga dinaungi kanopi polikarbonat untuk melindungi dari hujan dan atau terik matahari berlebih. 


3. Taman Lorong Samping sebagai Taman Pintar

cr:instagram/mamaoayu

Halaman samping yang cukup luas, bisa pula dijadikan taman pintar untuk keluarga. Di area ini, keluarga bisa menghabiskan waktu bersama tanpa harus keluar rumah. Anda bisa menjadikannya sebagai spot camping yang menyenangkan dengan si kecil. Pagar samping degan tanaman rambat dan rerumputan sudah cukup memberi nuansa alam yang cocok untuk berkemah (walau di rumah sendiri). 


4. Taman Lorong Samping dengan Kolam Ikan

cr:instagram/rumah.md

Halaman samping rumah ini setidaknya berukuraan 10x3 M. Area ini dimanfaatkan dengan baik jadi taman terbuka untuk merealisasikan hobi pemilik rumah. Dari hobi merawat tanaman, hobi merawat burung hias dan hobi memelihara ikan hias. Adanya kolam ikan menggandakan kesegaran pada taman lorong ini. Apalagi tanah sengaja ditutup batu koral kecil untuk memberikan visual yang lebih natural.


5. Lorong Samping jadi Akses yang Cantik

cr:instagram/windadwiastari

Halaman samping yang tidak terawat, sangat mudah ditinggali hewan atau serangga. Untuk itu, Anda perlu merawat halaman samping dengan baik. Misalnya, membuat jalan setapak yang dikelilingi batuan koral. Taman lorong ini juga dimanfaatkan sebagai akses menuju halaman belakang. Ditambahkan beberapa tanaman di sepanjang dinding agar lorong tidak terlihat suram atau gersang. 


6. Taman Lorong dengan Teras Samping yang Asri

cr:instagram/thifara_garden

Halaman samping ini juga memiliki teras samping. Penataannya fitur taman begitu rapi, membuat halaman samping ini terlihat sangat menawan. Ditambahkan jalan setapak untuk menuju teras samping, sehingga tidak terlihat kosong. Di area teras sendiri, set kursi teras dengan bantalan empuk sangat pas diletakkan di tengah teras. Membuat teras jadi spot terbaik untuk ngobrol sambil menikmati teh favorit. 



Itulah beberapa ulasan dari 6 Ide Taman Lorong Samping untuk Optimalkan Lahan Kosong. Semoga ulsan ini membantu Anda untuk memaksimalkana lahan kosong di samping rumah menjadi sebuah taman yang nyaman dan menyenangkan. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English