7 Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka


Helloshabby.com -- Pemasangan kanopi memang cara termudah untuk membuat dapur terbuka, bahkan pada dapur yang berada di dalam ruangan. Kanopi dengan atap khusus bisa memberikan penerangan dapur. Dapur pun jadi terang alami, hemat listrik dan lebih nyaman. Kanopi dapur juga sangat cocok dijadikan tambahan atap untuk dapur semi outdoor

Bila Anda merasa dapur di rumah terlalu gelap dan tertutup, tak ada salahnya memasang kanopi di atasnya. Butuh inspirasinya? Simak ulasan 7 Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka.



Dapur Terbuka dengan Kanopi Atap Transparan 

cr:instagram/yuyu.yulianti

Dapur terbuka minimalis akan makin cerah dengan sinar matahari yang melimpah. Apalagi bila dapur terbuka jadi satu area dengan taman dalam rumah. Pemasangan kanopi menggunakan rangka kawat dan atap transparan, baik atau kaca atau polikarbonat bening. Atap transparan memungkinkan cahaya alami masuk lebih maksimal ke ruang di bawahnya. 


Dapur dengan Kanopi Alderon

cr:instagram/fit_ri1

Dapur terbuka ini menggunakan model meja dapur sebaris yang praktis dan hemat tempat. Desain atap dapur ditutup dengan kanopi atap alderon. Di bawah atap, ventilasi udara dibuat sebagai peredam panas. Atap alderon tetap bisa menyalurkan cahaya yang menerangi dapur. Tingkat kebisingan dan kepanasannya juga masih bisa ditolerir, sehingga membuat masak tetap nyaman.


Dapur dengan Kanopi Atap Galvalum

cr:instagram/flow_kit

Dapur pink di dalam rumah ini akan makin sempurna bila ditunjang pencahayaan yang cukup. Untuk itu, pemiliknya memilih kanopi rangka baja dengan atap galvalum. Sebagian kecil sengaja menggunakan galvalum transparan untuk menyalurkan cahaya ke dalam ruangan. Kanopi dapur ini termasuk ramah kantong dan mempercepat proses pembangunan atap. 


Dapur Tropikal dengan Kanopi Skylight

cr:instagram/kerrylockwood

Tambahan atap di dapur juga biasa disebut skylight. Atap skylight ini memiliki permukaan kaca dengan kusen kayu. Uniknya, atap skylight ini bisa dibuka dan ditutup. Sehingga, udara segar juga bisa masuk menyegarkan dapur bernuansa tropikal ini. Desain atapnya cukup rendah, memungkinkan atap mudah diakses saat hendak dibuka atau tutup. 


Dapur Kanopi Polikarbonat Sebaris

cr:instagram/omah_kfams

Dapur outdoor sangat cocok dengan pemasangan kanopi. Pemasangan kanopi juga menyesuikan dimensi dan kebutuhan dapur. Dapur ini mengkombinasikan atap dak cor dan kanopi polikarbonat. Atap polikarbonat ini dipasang untuk menutup area yang tidak tertutupi atap dak. Meski terlihat buram, atap polkarbonat tetap bisa menyalurkan cahaya dengan sangat baik. 


Dapur Semi Terbuka dengan Kanopi Polikarbonat

cr:instagram/rumahnomnom

Ruang terbuka berukuran 3x3 M bisa dijadikan dapur terbuka yang menarik seperti ini. Dapur ini menggunakan atap polikarbonat bening yang dilapisi paranet di bawahnya. Paranet berfungsi sebagai peredam panas, sehingga dapur terasa lebih adem. Pintu kaca menggunakan aluminium dacon yang juga membuat dapur terlihat lebih lapang. 


Kanopi untuk Dapur Basah Luar Rumah

cr:instagram/rumahpool

Ada dapur basah yang biasanya digunakan untuk memasak dan mencuci piring. Dapur ini menggunakan kanopi dengan atap polikarbonat dengan permukaan bening. Atap polikarbonat ini ditopang kuat oleh rangka besi baja hitam. Meski sederhana, tampilan kanopi polikarbonat ini cukup modern untuk desain dapur basah minimalis. 




Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Kanopi untuk Dapur Terbuka sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English