7 Desain Kanopi Dapur Belakang Rumah


Helloshabby.com -- Dapur paling sering diletakkan di belakang rumah. Posisinya bisa terpisah dari interior utama, untuk menunjang kenyamanan rumah yang bebas dari asap dan panas dari proses memasak. Dapur juga bisa diposisikan di teras belakang rumah. Dapur belakang ini bisa dilengkapi dengan atap kanopi di atasnya. Ini bertujuan, supaya dapur belakang terhindari dari panas dan hujan. Adanya kanopi juga dapat membantu pencahayaan dapur belakang indoor. 

Bila Anda berniat memasang kanopi di area dapur, Anda bisa menyimak ulasan 7 Desain Kanopi Dapur Belakang Rumah sebagai inspirasi untuk dapur di rumah Anda.


1. Desain Kanopi Atap Spandek Transparan

cr:instagram/utamieka

Kanopi untuk dapur belakang rumah, tak harus dibuat dalam ukuran layaknya kanopi teras atau carport. Sesuaikan dengan dana dan bagaimana kebutuhan cahaya alami untuk menerangi area dapur. Anda dapat memasang kanopi berukuran minimalis seperti di atas. Model atap yang dipilih dapat menggunakan atap spandek bening yang dapat menyalurkan cahaya ke dalam ruangan. 


2. Desain Kanopi Seng dan Galvalum

cr:instagram/rumahelsajo

Dapur belakang yang berada di luar rumah, baiknya memang dilengkapi adanya kanopi. Desain kanopi akan melindungi aktivitas memasak dari terik dan panas matahari. Anda bisa memilih kanopi dengan kombinasi atap seng dan atap galvalum seperti dapur di atas. Atap ini disangga oleh rangka kayu dan baja ringan, yang cukup kuat untuk menahan kontruksi atap kanopi. 


3. Desain Kanopi dengan Atap Polycarbonate

cr:instagram/tytyarini

Dapur modern ini menggunakan kanopi dengan atap polycarbonate solartuff greca. Warna atap dipilih dalam warna abu-abu, sehingga menghasilkan sinar matahari yang lebih lembut dan tidak menyilaukan. Polycarbonate dapat menyaring panas dengan sangat baik, dapur pun tidak terasa terlalu panas, bahkan saat memasak di siang hari. 


4. Desain Kanopi Seng untuk Dapur Ungu 

cr:instagram/lili_oktaria

Dapur ungu yang menggemaskan ini tentu tak lengkap tanpa kanopi di atasnya. Model kanopi bisa menggunakan atap seng dengan rangka kayu. Atap seng memang cenderung lebih berisik, tapi dengan harga yang terjangkau atap seng memiliki desain yang ringan, tahan karat dan mudah dipasang. Bila dipasang cukup tinggi, dapur dengan kanopi seng tidak terasa terlalu panas. 


5. Dapur Modern dengan Kanopi Fiber Transparan

cr: thinkofliving

Kanopi dengan atap fiber transparan yang dipasang maksimal seperti ini, dijamin akan membuat dapur selalu terang dari pagi sampai sore hari. Tinggal tambahkan lampu untuk penerangan di malam hari. Bila ingin dapur dengan kanopi transparan yang penuh, pastikan memilih lembaran atap yang cukup tebal dan sudah pasti aman untuk pemakaian jangka panjang. 


6. Desain Kanopi Con Wood Plank

cr:instagram/cona.hom

Area dapur ini menggunakan model kanopi tipe Wood Plank Ceiling. Kanopi ini juga dikombinasikan dengan atap transparan di atasnya, yang berfungsi untuk menyalurkan cahaya ke dalam ruangan. Kanopi wood plank ini memiliki desain yang sangat estetik dan natural. Membuat dapur belakang jadi terasa nyaman, bahkan digunakan untuk spot makan siang sekalipun. 


7. Desain Kanopi Kaca dengan Rangka Perforated Metal

instagram/inspirasi_dapur_mak

Pemasangan kaca tempered sebagai kanopi dapur sangat cocok untuk desain dapur belakang semi terbuka. Suasana ruang terbuka akan tetap terasa dengan cahaya alami dari kanopi kaca. Kontruksi kanopi kaca juga dilengkapi rangka perforated metal seperti di atas. Rangka jaring-jaring ini selain sebagai ekstra pengaman juga menambah nilai estetika dapur. 



Terimakasih telah menyimak artikel 7 Desain Kanopi Dapur Belakang Rumah sampai akhir. Kami selalu mendoakan semoga Anda diberikan kemudahan dalam membangun rumah impian. Jangan lupa, bagikan artikel ini kepada teman, saudara, suami/istri atau keluarga yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 

Penulis  : Yeni
Editor    : Munawaroh
Sumber : Berbagai Sumber

Categories in English